Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Teknisi Adalah : Simak Penjelasan Lengkap Tentang Teknisi

1 min read

teknisi adalah

Teknisi adalah, Mungkin sebagian dari kalian sudah ada yang pernah dengar dari istilah ini, biasanya hal ini akan muncul ketika timbul suatu problem dalam hal tertentu. Contohnya adalah ketika ada instalasi listrik yang rusak, maka kalian akan dengan spontan mengucapkan “Tolong panggilin teknisi listrik dong”. Biasanya seperti itu ya.

Tapi pernah gak si kepikiran tentang pengertian dari teknisi? tugas dan tanggung jawabnya, serta perannya yang sering kita temukan sehari  hari dalam kehidupan.

Pas banget nih, mari kita ulas hal – hal tentang teknisi. Langsung aja kebawah ya

Baca Juga : Finance Advisor Adalah : Simak Penjelasan Lengkapnya

Apa Itu Teknisi?

Teknisi adalah seseorang yang menguasai dan ahli dalam bidang teknologi tertentu. Jenis teknisi yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari adalah Teknisi Komputer, Teknisi Elektro, Teknisi HP, Teknisi AC, Teknisi Arsitektur, Teknisi Sipil, Teknisi Alat Berat, dan masih banyak lagi jenis teknisi lainnya yang dapat kita temukan.

Bagaimana si caranya untuk bisa menjadi seorang teknisi.? Untuk bisa menjadi seorang Teknisi handal, maka dibutuhkan ketelitian, kesabaran, keahlian dan jam terbang yang tinggi. Pekerjaan seorang Teknisi bisa dibilang cukup rumit, namun tidak semua seperti itu, ada beberapa bidang yang sangat menyenangkan untuk dijalankan karena didalamnya terdapat banyak sekali tantangan dan pengalaman yang akan didapatkan.

Semakin banyak pengalaman yang dimiliki, maka akan meningkatkan nilai dari seorang teknisi tersebut.

Untuk seseorang yang menyukai tantangan dan senang mengexplore sesuatu, mempunyai mental yang kuat dan tidak mudah menyerah, sangat cocok kalau berkecimpung dalam bidang teknisi. Teknisi bagaikan seorang seniman, seorang teknisi mempunyai rasa idealis yang cukup kuat. Banyak orang mengatakan kalau teknisi merupakan suatu bakat yang melekat pada jiwa seseorang.

Apakah Anda mengetahui tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Teknisi? Untuk lebih jelasnya tentang hal tersebut. Berikut ini ulasannya.

Tugas seorang Teknisi Kontrol

  1. Membuat rencana atau jadwal pemeliharaan, rencana biaya, dan jumlah material yang diperlukan untuk memelihara mesin dan kelengkapannya
  2. Melaksanakan pemeliharaan dibidangnya
  3. Mengatasi gangguan pada peralatan kontrol dan kelengkapannya
  4. Melakukan monitoring parameter yang ada untuk mencegah gangguan yang timbul dan kerusakan yang lebih fatal
  5. Meningkatkan pengetahuan dan wawasan dalam bidangnya
  6. Membuat laporan pekerjaannya kepada supervisor pemeliharaan

Baca Juga : Checker Adalah : Pengertian, Tugas & Tanggung Jawab

Berapa Kisaran Gaji Teknisi

Kemampuannya dalam menguasai sistem tertentu, membuat profesi teknisi banyak dibutuhkan di banyak sektor industri teknologi atau manufaktur. Dengan kata lain peluang pekerjaan dalam bidang teknisi ini sangat terbuka lebar.

Bahkan, beberapa perusahaan besar menjanjikan gaji yang besar untuk pekerjaan ini. Bagi fresh graduate yang memiliki kemampuan sistem tertentu akan mendapat pelatihan atau on the job training (OJT).

Nah, selama mengikuti training ini, seorang teknisi akan mendapat gaji sekitar Rp4 juta – Rp6 juta. Lama OJT tiap perusahaan berbeda-beda, umumnya perusahaan memberlakukan tiga bulan masa probation atau OJT ini. Di Indonesia, rata-rata gaji teknisi berkisar Rp3.389.414 per bulan.

Tapi, perlu diingat setiap perusahaan memiliki kebijakan dan standar sendiri dalam menggaji posisi technician.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas