Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Checker Adalah : Pengertian, Tugas & Tanggung Jawab

2 min read

checker adalah

Checker adalah – Hallo hallo, yok balik lagi kita bahas tentang dunia pekerjaan, dari kalian semua apakah kalian sudah tau tentang checker? mungkin ada sebagian yang sudah mengetahuinya. Namun beberapa masih ada yang bingung. Nah pas banget karena kita akan bahas tentang checker. Apa itu Checker? Pengertian dari Checker? Kita bahas satu – satu ya!.

Dalam pekerjaan kita dituntut untuk melakukan sebuah pekerjaan dengan cepat dan tepat.

Kadang kita merasa pekerjaan yang kita kerjakan tersebut sudah benar menurut diri kita sendiri, tetapi ketika ditelusuri ternyata masih banyak pekerjaan kita yang salah tanpa kita sadari. Fatalnya kesalahan tersebut dapat menyebabkan kerugian bagi diri kita sendiri, orang lain maupun perusahaan tempat kita bekerja.

Oleh karena itu pentingnya seseorang untuk memeriksa pekerjaan kita sebelum memasuki tahap selanjutnya. Disinilah peran dan tugas seorang Checker dibutuhkan. Mungkin masih banyak yang bertanya Apa itu Checker ? Apa Tugasnya ? Apa Tanggung Jawabnya ? Mari kita ulas ya dibawah ini.

Baca Juga : Tugas Financial Consultant : Simak Seperti Apa Pekerjaannya!

Pengertian Checker

Checker adalah seorang yang bertugas melakukan pengecekan secara detail dan menyeluruh terhadap barang keluar-masuk, hasil kerja bawahannya, barang produksi dan lain-lain. Hal ini tergantung dari bidang pekerjaan yang digeluti.

Seorang checker sudahlah harus memiliki tingkat ketelitian yang tinggi, baik itu mengenai hitungan angka, huruf, kode, simbol, warna, ukuran, jenis barang dan lainnya untuk mengikuti standar yang berlaku dalam sebuah perusahaan.

Baca Juga : Finance Advisor Adalah : Simak Penjelasan Lengkapnya

Peran Checker dalam Beberapa Bidang

Setelah kita memahami tentang apa itu checker, selanjutnya adalah kita masuk ke peran checker dalam beberapa bidang.

Yang pertama ada …

  • Checker Produksi

Dalam bidang manufaktur yang memproduksi ribuan bahkan bisa jutaaan barang dalam sehari, walaupun kebanyakan dikerjakan oleh mesin, tetapi dibutuhkan pengecekan terhadap proses produksi tersebut.

Mulai dari pemilihan bahan baku, proses produksi dam hasil produksi. Semua itu harus melewati tahap pengecekan yang ketat agar hasil produksi tersebut layak untuk digunakan atau dikonsumsi. Disinilah tugas seorang checker produksi bekerja.

Checker produksi juga turut serta membuat laporan kerja untuk mencatat produk gagal dan dinformasikan kepada atasan. Data tersebut penting untuk dijadikan bahan evaluasi untuk meningkatkan mutu dan kualitas kedepannya.

  • Checker Gudang

Checker warehouse (gudang) hampir ada disetiap bidang usaha baik itu elektronik, otomotif, garmen, retail, manufaktur, fabrikasi dan lainnya.

Secara umum ada 3 poin tugas utama sebagai checker gudang yaitu :

a. Pengecekan Gudang

Checker gudang bertugas untuk melakukan pengecekan secara utuh dan mendetail terhadap barang-barang yang keluar masuk gudang.

b. Menjaga Kualitas

Checker gudang juga bertugas menjaga kualitas barang tetap dalam kondisi bagus, baik itu dari sisi packaging atau isinya. Mereka juga harus menggolongkan barang-barang sesuai dengan jenis dan kebutuhannya, seperti pecah-belah, makanan, benda tajam, barang produksi dan lainnya.

c. Membuat Laporan

Semua barang harus diperiksa dan didata. Hal ini mempermudah untuk melakukan tracking darimana barang itu datang dan fungsi barang tersebut. Saat stok barang produksi juga sudah mulai habis, checker gudang juga menginformasikan kepada atasan untuk memesan barang tersebut agar produksi terus berjalan. Checker gudang harus memastikan semua data akurat dan tanpa ada kesalahan.

  • Checker QC (Quality Control)

Setiap perusahaan yang mengutamakan mutu dalam produk mereka biasanya menempatkan posisi checker QC di hasil akhir produk mereka.

Checker QC biasanya mengambil sampel beberapa dari ribuan hasil produksi untuk diperiksa kualitasnya.

Tanggung Jawab Checker

Tanggung jawab checker adalah sebagai filter untuk menjaga kualitas dan kuantitas barang atau hasil produksi. Checker juga bertanggung jawab memastikan permintaan dapat siap diberikan sesuai dengan jadwal dan banyaknya permintaan.

Mungkin ada yang bertanya, Apakah checker adalah pekerjaan yang berat ? Jawabannya bisa iya dan tidak. Hal ini tergantung pasion dari orang tersebut. Jika suka bekerja dalam sebuah ruangan dan disibukkan dengan pekerjaan mengecek dan mencatat sesuatu yang mendetail, mungkin Anda cocok bekerja sebagai checker. Anda berminat ?

Baca Juga : Foreman Adalah : Pengertian, Tugas dan Tanggung Jawabnya

Gaji Seorang Checker

checker adalah

Kisaran gaji untuk seorang checker, bisa mencapai 3,8 juta. Bahkan bisa lebih untuk beberapa perusahaan di Indonesia.

Kesimpulan

Sampai ke tahap kesimpulan gaes, pada intinya sebuah pekerjaan yang sudah kita kerjakan perlu yang namanya pengecekan, dan tugas pengecekan biasanya dilakukan oleh seorang checker.

So thank you. Semoga artikel ini bermanfaat.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas