Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Finance Advisor Adalah : Simak Penjelasan Lengkapnya

1 min read

finance advisor adalah

Finance advisor adalah – Mungkin sebagian dari kalian sudah tahu tentang apa itu finance advisor.

Finance advisor atau penasehat keuangan merupakan seorang staf karyawan di sebuah perusahaan yang bertugas untuk memberikan layanan dan informasi serta tata cara terkait dengen pengelolaan  keuangan, termasuk dalam skema investasi dan asuransi.

Lalu, apa sih bedanya finance advisor dan bancassurance finance advisor (BFA)? Yuk ketahui selengkapnya mengenai tugas masing-masing FA dan BFA tersebut pada penjelasan berikut ini.

Baca Juga : Service Crew Adalah : Pengertian, Tugas & Tanggung Jawab

Tugas Finance Advisor Adalah

Seorang finance advisor menjadi profesi yang sangat penting di sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa layanan keuangan. Tugas utama mereka adalah meninjau kebutuhan keuangan klien serta membantunya untuk mengatasi masalah keuangan dan juga merencanakan keuangan baik tujuan jangka pendek maupun jangka panjang.

Dalam tugasnya, finance advisor akan memberikan beberapa rekomendasi berupa berbagai instrumen investasi yang disesuaikan dengan tujuan dan keinginan klien. Misalnya, si klien ingin memiliki dana investasi untuk biaya pendidikan anak dan dana pensiun. Maka seorang finance advisor akan mengidentifikasi kebutuhan kliennya tersebut dan selanjutnya memberikan nasihat atau saran yang tepat untuk melakukan investasi agar sesuai dengan tujuan.

Berikut ini tugas pokok yang harus dijalankan oleh finance advisor, yaitu:

  1. Menemui atau menerima klien di kantor untuk membantu masalah keuangan mereka.
  2. Menjelaskan jenis produk atau layanan keuangan yang ditawarkan oleh perusahaan.
  3. Mengedukasi klien dan memberikan saran terkait berbagai instrumen investasi dan risikonya.
  4. Memberikan rekomendasi investasi yang cocok bagi klien.
  5. Membantu klien membuat perencanaan tujuan keuangan baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Selain menawarkan instrumen investasi, seorang finance advisor juga bertugas untuk meningkatkan penjualan produk asuransi, khususnya finance advisor yang bekerja di perusahaan perbankan dan asuransi. Jobdesc ini sebenarnya sudah ditugaskan bagi marketing atau agen asuransi, tapi terkadang mereka hanya memahami produk, akan tetapi tidak terlalu memahami kondisi keuangan klien. Untuk itu dibutuhkan seorang finance advisor yang bertugas untuk memberikan solusi dan juga meyakinkan kliennya terkait proses dan cara serta keuntungan apabila mengambil produk atau layanan asuransi.

Di samping bertugas menawarkan produk atau layanan asuranasi, finance advisor yang bekerja di perusahaan perbankan dan asuransi juga harus melayani komplain yang datang dari pemegang polis terkait produk asuransi yang telah diambilnya. Pada kondisi tersebut seorang finance advisor harus mampu memberikan solusi dan juga penjelasan sedetail mungkin terkait masalah yang dialami oleh kliennya.

Tanggung Jawab Finance Advisor

Dalam melaksanakan jobdesc-nya seorang finance advisor memiliki tanggung jawab seperti di bawah ini:

  1. Meningkatkan penjualan produk atau layanan keuangan.
  2. Memastikan bahwa klien atau pelanggan memahami betul terkait informasi produk (product knowledge) yang ditawarkan kepadanya.
  3. Memastikan klien yang menyampaikan komplain atau klaimnya mendapatkan pelayanan yang bagus dan solusi yang tepat.

Kesimpulan

Oke , kiranya itu yang bisa disampaikan tentang finance advisor ya, jika ada pertanyaan lebih lanjut, langsung aja hubungi kami disini

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas