Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Primary Key Adalah : Fungsi, Syarat, dan Tips Menentukannya

1 min read

primary key adalah

Primary Key Adalah – Dalam sebuah database jika kita perhatikan pasti ada salah satu data unik yang tidak mungkin sama, yap biasanya kita sering mengenalnya dengan sebutan ID. Dalam penggunaanya sebuah database memerlukan primary key untuk membuat relasional database.

Karena itu, sangatlah penting untuk memahami apa itu Primary Key, apa saja fungsinya dan contoh penggunaannya pada sebuah database.

Baca Juga : Grid Adalah : Pengertian dan Penjelasan Lengkapnya!

Pengertian

Primary key adalah suatu nilai dalam basis data yang digunakan untuk mengidentifikasi suatu baris dalam tabel. Nilai dari primary key adalah unik.”

sedangkan secara sederhananya, primary key dapat diartikan sebagai kolom yang berisi nilai unik, berfungsi sebagai identitas untuk membedakan setiap record yang ada pada tabel. Artinya adalah nilai dari kolom ini tidaklah boleh sama dengan baris lain. Itulah yang dimaksud “unik” dalam hal ini.

Fungsi Primary Key

seperti yang sudah kita jelaskan sebelumnya primary key berfungsi sebagai identitas untuk membedakan antar record pada tabel.

contohnya adalah, ,misalnya dalam sebuah database perusahaan terdapat 3 orang pegawai berbeda namun sama-sama bernama “Abdullah”. bagaimana cara membedakan antar ketiga data tersebut? tentu menggunakan “kunci utama” yaitu primary key.

selain itu dalam relasional database, primary key juga dapat digunakan untuk menghubungkan antara sebuah tabel dengan tabel lainnya. nantinya, primary key akan “mewakili” masing-masing record yang ada pada tabel. Dalam hal ini disebut dengan nama foreign key.

meski penggunaan primary key pada setiap table tidak diwajibkan, akan tetapi dengan adanya primary key akan sangat berpengaruh ketika kalian melakukan query pada database. Seperti saat pencarian (searching) atau pengurutan (sorting) data yang dapat menjadi lebih cepat jika dilakukan berdasarkan primary key.

Menentukan Primary Key

nah pertanyaannya sekarang adalah, bagaimana cara kita menentukan kolom mana yang merupakan primary key dari sebuah tabel?

untuk bisa menentukan primary key pada sebuah tabel, harus memperhatikan beberapa syarat agar sebuah kolom dapat ditentukan sebagai primary key, yaitu :

  1. Data yang ada pada kolom tersebut harus nilai unik, sehingga tidak terdapat data yang sama.
  2. Primary key pada kolom tidak boleh kosong
  3. Dalam satu tabel hanya ada satu primary key

jika sebuah kolom memenuhi syarat di atas, maka kolom tersebut dapat kita tentukan sebagai primary key.

Baca Juga : Design Principles : Penerapan dan Prinsipnya Dari Suatu Product

Contoh Primary Key

Supaya bisa lebih paham dan mantab lagi pemahamannya, coba ni kalian lihat contoh database dibawah ini.

primary key data
primary key data

Nah misal ada tabel seperti diatas, yang akan menjadi sebuah primary key adalah yang NIM, karena NIM akan bersifat unik alias tidak ada yang sama, seperti NIK lah ya contoh lainnya.

Nama, Mata Kuliah, Jadwal Kuliah, Jenis Kelamin, Nama Dosen, tidak mungkin menjadi primary key karena bisa aja datanya sama, jenis kelamin kan bisa aja ada yang perempuan dan laki – laki.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas