Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

CMYK Adalah : Pelajari dan Pahami Tentang Hal Ini

1 min read

cmyk adalah

CMYK adalah – Bagi sebagian orang dalam dunia desain grafis mungkin sudah paham dengan istilah CMYK ini tetapi mungkin saja ada beberapa orang yang sudah mempraktekkannya, namun malah belum mengerti sama sekali tentang istilah – istilahnya.

Buat kamu yang sudah mempraktekkan tapi masih belum tau tentang pengertiannya, kalem sob szeto consultants akan coba untuk memberikan penjelasannya kepada kalian semua.

Apa itu CMYK

Ibarat kata sebelum menyelam lebih dalam, maka harus menjajaki dasarnya dulu kan ya. Hehe ^^.

Menurut PCMag, CMYK color adalah sebuah akronim atau kode yang mengacu pada empat pallete tinta dalam pencetakan warna, yakni cyan, magentayellow, dan key.

CMYK adalah model warna subtraktif yang bekerja dengan menutupi sebagian atau seluruh warna pada latar belakang terang berwarna putih.

Empat pallete tinta ini nantinya akan mengurangi cahaya yang seharusnya dipantulkan oleh latar belakang tersebut

Untuk urutan warna dalam model ini juga biasanya akan dikombinasikan supaya bisa membentuk rona warna baru.

Nah, sebenarnya, warna hitam bisa saja muncul melalui kombinasi warna CMY. Oleh karena itu, warna cyanmagenta, dan yellow saja sudah cukup.

Sayangnya, warna hitam di sini tidaklah sempurna. Ia malah terlihat seperti lumpur gelap yang kecokelatan, alih-alih hitam pekat.

Oleh karena itu, hitam alias black ditambahkan. Pilihan warna ini pun menjadi lebih baik.

Instant Print menambahkan, penyebutan key muncul pada tahun 1843. Saat itu, kamu harus menggunakan kunci sekrup (screw key) untuk mengecek jumlah tinta pada mesin pencetak.

Apa pun kepanjangannya, ia merupakan sebuah skema kombinasi warna. Dari hal kedua tersebut juga merujuk pada hal yang sama.

Baca Juga : Design Principles : Penerapan dan Prinsipnya Dari Suatu Product

Penggunaan CMYK

Penggunaan warna CMYK bisa dikombinasikan dengan beragam formula, seperti 30,30,40 atau 50, 50 formula dari CMYK ini tergantung bagaimana seorang desainer bisa mengkombinasikannya dengan begitu baik.

Perlu diketahui ya gaes, bahwa CMYK berbeda dengan RGB. Untuk penjelasan tentang RGB bisa dilihat dibawah ini ya.

Baca Juga : Product Thinking Itu Apa Sih? Dan Kenapa Penting?

CMYK dan RGB

Dilansir dari 99Design RGB adalah singkatan dari (R)ed, (G)reen, dan (B)lue. Ia juga merupakan sebuah skema warna.

Antara CMYK dan RGB ada perbedaan di antara RGB dan CMYK. Kata G2 Learning Hub, perbedaan terbesarnya adalah penggunaan mereka.

RGB biasanya digunakan untuk layar digital. Komputer, televisi, hingga HP yang sedang anda gunakan untuk membaca artikel ini termasuk di dalamnya. Nah karena itulah, desain website dan aplikasi menggunakan warna RGB.

Hal Ini berbeda dengan cyanmagentayellow, dan black. Skema warna ini digunakan untuk percetakan. Poster dan kartu nama merupakan jenis desain percetakan. Pembuatan banner juga merupakan bagian darinya.

Mungkin ini sedikit penjelasan tentang CMYK, semoga bisa membantu ya.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
×

Belajar Accurate Cuma 25 Ribu

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate hanya 25 Ribu Rupiah.

Ambil Kelas