Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Grid Adalah : Pengertian dan Penjelasan Lengkapnya!

1 min read

grid adalah

Grid adalah – Dalam sebuah desain ada yang namanya grid, tapi tau gak sih kalian dengan apa itu grid system. Nah karena itu kita akan coba bahas semuanya disini ya, grid system membantu khususnya designer untuk menciptakan desain yang konsisten.

Untuk lebih lengkap dan mantabnya lagi kalian bisa menyimak penjelasan dari artikel ini sampai tuntas ya,

Baca Juga : UI UX Digital Marketing : Keterkaitan & Keterikatan Satu Sama Lain

Grid Adalah

Grid dalam sebuah sistem digambarkan dalam wujud kotak bantu, kotak horizontal atau vertikal, tujuannya adalah membantu seorang designer untuk membuat desain sesuai dengan kaidah yang ada.

Kaidah yang dimaksudkan adalah misal kita membuat desain dengan sistem tertentu misal website, maka ada kaidahnya yaitu sebuah tabel dengan column 12.

Manfaat Grid dalam Sebuah Desain Website

Grid pada sebuah desain website membantu desainer untuk menciptakan desain yang konsisten, dan memudahkan untuk developer pada saat terjadi desain handoff.

Manfaat Grid lainnya bisa kalian lihat dibawah ini gaes :

  • Menjadi Lebih Mudah Dipahami

Orang yang akan melihat website kita akan menjadi lebih mudah ketika kita tidak menggunakan model grid system. Maksudnya dalam hal ini adalah akan sangat memudahkan ketika orang membedakan antar komponen satu dengan lainnya.

  • Memudahkan Kerja Sama Antara Desainer dan Developer

Kerja sama antara desainer dan developer dinamakan design handoff, nah dengan menggunakan grid system akan memudahkan kita memberikan penjelasan ke developer tentang pembagian tata letak. Hal ini akan membuat sebuah project bisa berjalan dengan lancar karena jelasnya komunikasi.

  • Konten tertata lebih rapi

Dengan menggunakan grid system kita membuat sesuatu yang konsisten lihatlah struktur desain dibawah ini, pembagian antara horizontal dan vertical sangatlah mudah dibaca. Antara Headline dan konten bisa sangat mudah untuk dibedakan.

grid adalah

 

  • Memudahkan pagination

Dengan menggunakan grid system akan memudahkan yang namanya pagination, komponen antar halaman dapat sangat dengan mudah untuk atur jika kita menggunakan pagination.

 

  • Meningkatkan convension rate

Desain yang bagus akan meningkatkan UX dari sebuah pengguna terhadap website yang kita miliki, nah hal ini akan meningkatkan conversion rate dari website kita. Pengguna akan dengan mudah menelusuri website kita nah dalam hal ini akan menjadi keuntungan sendiri bagi kita sebagai pemilik dari website.

Baca Juga : Cara Kita dalam Membuat UX Portofolio Yang Benar

Yuk Buat Websitemu Menjadi Lebih Bagus dan Menghasilkan

Kalem gan, untuk membuat website yang bagus dan menghasilkan itu mudah kok. Coba hubungi kita disini.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas