Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Yuk Pelajari Lebih Dalam Tentang Tugas Sorter

1 min read

tugas sorter adalah

Tugas sorter adalah – Dalam kegiatan bisnis, khususnya di bidang produksi atau industri, sudah pasti kita akan sering untuk menemui istilah gudang. Gudang adalah suatu hal yang tidak bisa terlepaskan dalam dunia bisnis perdagangan barang, khususnya pada barang -barang industri dan di bagian produksi. Gudang memang merupakan hal yang sangat penting.

Dalam dunia industri atau produksi ini sebenarnya berbeda dengan gudang individu atau yang ada di rumah -rumah. Walaupun secara sederhana bisa dipahami dalam arti yang sama, akan tetapi
ada hal yang membedakan antara jenis gudang ini.

Sebelum kita lanjut pada pembahasan tentang sorter, ada baiknya kita bahas tentang pengertian dari gudang itu sendiri

Baca Juga : Loss Prevention Adalah : Simak Penjelasan Lengkapnya

Pengertian Gudang

Pengertian gudang dapat kita diartikan sebagai suatu tempat yang dibebani dengan tugas untuk menyimpan barang -barang yang hendak dipergunakan untuk produksi, hingga barang tersebut diminta
sesuai dengan jadwal produksinya.

Fungsi dari keberadaan gudang ini difungsikan sebagai buffer atau penyeimbang serta untuk menentukan langkah suatu perusahaan selanjutnya. Maksudnya adalah, apakah perusahaan menggunakan gudang tersebut untuk tujuan komersial atau lebih baik hanya digunakan sendiri.

Di dalam sebuah perdagangan, gudang umumnya dipergunakan sebagai tempat untuk melayani beberapa konsumen yang berbeda-beda. Secara sederhana, gudang juga akan mempunyai tenaga kerja yang cukup yang disertai dengan perlengkapan.

Baca Juga : Yuk Ketahui Lebih Dalam Tentang Sales Consultant

Tugas dan Tanggung Jawab Sorter

Mengingat sortir barang adalah proses yang memerlukan ketelitian, pelaksanaannya harus dilakukan secara sistematik. Ada beberapa tahapan dalam proses sortir di gudang tujuannya untuk mencegah adanya kesalahan pengiriman pada proses distribusi.

Karena itu diperlukan seorang pekerja, pekerjaan ini bernama sorter.

Adapun tugas dan tanggung jawab seorang sorter adalah sebagai berikut:

1. Memisahkan Barang Sesuai Tujuan

Langkah pertama dalam tugas seorang sorter adalah  memilih barang berdasarkan alamat kirimnya. Dalam dunia logistik, sortir barang memiliki arti memisahkan barang agar tidak ada kesalahan dalam proses pengiriman. Karena itu, penting bagi petugas gudang untuk mendata resi pengiriman dari tiap barang supaya barang-barang tersebut sampai di daerah yang dituju.

2. Menggunakan Three Letter Code

Selain dengan menggunakan resi, Proses sortasi barang akan ditandai dengan Three Letter Code atau Tiga Huruf Kode Kota. Penggunaan Tiga Huruf Kode Kota berguna untuk melacak tujuan pengiriman barang dengan mudah. Berikut adalah contoh dari kode tersebut:

  • JKT: Jakarta
  • PDG: Padang
  • BTH: Batam
  • SOC: Solo
  • BDO: Bandung
  • BPN: Balikpapan

3. Menempatkan Barang di Gudang

Berikutnya, tahap ketiga sortir barang adalah menempatkan barang di gudang. Barang dengan resi dan kode tujuan diletakkan di tempat penyimpanan atau warehouse untuk disortir kembali berdasarkan alamat tujuan. Proses ini dilakukan agar tidak ada barang dengan kode lain yang tercampur.

4. Mempersiapkan Barang untuk Pengiriman

Tahap selanjutnya adalah packing atau mempersiapkan barang untuk dikirim. Petugas akan melakukan pengecekan dokumen pengiriman barang. Setelah selesai dicek, barang akan masuk dalam proses pengemasan atau packing. Dalam proses pengemasan, barang diberi pelindung berupa bubble wrap, kardus, ataupun kayu.

5. Melaksanakan proses finishing

Langkah terakhir tugas seorang sorter adalah finishing. Barang yang sudah di sortir akan dicek kembali dokumen serta resinya. Kemudian, pihak gudang akan melakukan cek pada surat pengiriman dan surat jalan petugas distribusi. Setelahnya, paket akan diserahkan ke kurir untuk dikirim ke alamat penerima.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas