Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Yuk Ketahui Lebih Dalam Tentang Sales Consultant

1 min read

sales consultant adalah

Sales consultant adalah salah satu pekerjaan yang banyak dicari oleh perusahaan akhir – akhir ini, sales consultant adalah suatu jabatan yang bertugas untuk memberikan sebuah penawaran, menawarkan, dan melakukan penjualan terhadap barang atau jasa. Makanya banyak yang mengira seorang sales pun terkadang dinilai negatif karena membohongi publik dengan melebih-lebihkan produk yang ditawarkan hanya untuk mencapai target.

Karena komunikasi lah modal utama seorang sales, ini bukanlah pekerjaan yang tidak baik, justru inilah tantangannya menjadi seorang sales bagaimana komunikasi yang digunakannya bisa berdampak pada sebuah penjualan produknya atau layanan jasanya.

Kita akan coba bahas sedikit tentang sales consultant, simak penjelasannya ya.

Baca Juga : Apa Itu Gladi : Simak Pengertian dan Maknanya!

Pengertian Sales Consultant

Seseorang yang memiliki profesi sebagai sales consultant memiliki peran untuk membantu peningkatan penjualan produk atau jasa yang dibuat sebuah perusahaan.
Dalam memasarkan produk atau jasanya, seorang sales consultant didaulat menjadi penasihat dan bertanggung jawab terhadap pemasaran produk atau jasa kepada konsumen.
Mengacu pada August Irawan dalam bukunya yang berjudul 101 Amazing Sales Ideas, sales adalah sebuah posisi pekerjaan yang menuntut untuk terus belajar segala hal baru. Posisi sales sendiri biasanya bergerak di bidang pemasaran pada suatu usaha di perusahaan.
Untuk menjadi seorang sales diperlukan keahlian dan tanggung jawab yang tinggi. Menjadi seorang sales dituntut untuk memiliki sikap tidak putus asa, karena tau sendiri kan, seorang sales mungkin bisa saja mengalami banyak penolakan.

Tugas dan Tanggung Jawab Sales Consultant

Seorang sales consultant mempunyai tugas meningkatkan penjualan dan pemasaran. Dalam menjalankan tugasnya, seorang sales harus berlatih sales representative menggunakan sales software, meningkatkan product knowledge, dan membantu perusahaan memahami pasar dan kompetisi. Berikut penjabaran tugas seorang sales consultant dalam suatu perusahaan.

1. Menjual produk

Tugas utama sales consultant yang pertama biasanya melakukan penjualan produk baik barang maupun jasa kepada konsumen. Nah ini menjadi tanggung jawab Anda terkait dengan banyaknya jumlah penjualan.

2. Memberikan informasi atau penjelasan produk

Profesi ini juga perlu product knowledge yang baik, karena itu Anda dituntut untuk bisa menjelaskan produk dengan baik agar customer tertarik.

3. Mencari pelanggan

Selain itu, seorang sales juga biasanya ditugaskan untuk mendapatkan pelanggan atau konsumen baru yang potensial untuk meningkatkan penjualan. Mereka akan melakukan pertemuan dengan klien di kantor perusahaan sendiri atau mengunjungi lokasi di mana klien berada.
Cara mencari pelanggan sendiri terserah bagaimana strategi dari sales tersebut, entah menggunakan iklan, canvassing atau seperti apa.

4. Mencapai target perusahaan

Kiat kiat yang dilakukan untuk peningkatan penjualan dengan mencari pelanggan tentunya bertujuan untuk memastikan target perusahaan dapat tercapai sesuai dengan target penjualan yang sudah ditentukan.
Hal ini biasanya ada disetiap perusahaan, yaitu menetapkan target untuk seorang salesnya. Nah target ini diusahakan haruslah achieve ya.

5. Menganalisis sesuai kebutuhan pasar

Sales consultant juga melakukan analisis dan mengidentifikasi kebutuhan konsumen, pasar, atau pelanggan agar sesuai dengan solusi yang ditawarkan dalam suatu produk atau layanan dan tren apakah yang penjualannya sedang meningkat.

6. Mempromosikan produk

Menjadi sales juga membantu mempromosikan suatu produk tertentu yang ditawarkan. Entah itu melakukan promosi digital atau secara langsung.
Saat melakukan promosi produk agar konsumen dapat tertarik dengan produk yang ditawarkan, biasanya menjelaskan keuntungan dan promo yang menarik.
Promosi perlu dilakukan bagi seorang sales untuk meningkatkan penjualan. Ide dari promosi itu sendiri tergantung bagaimana seorang sales mengemasnya. Nah dari situlah Anda dituntut untuk berfikir kreatif dan cerdas.
Mungkin ini sedikit penjelasan tentang sales consultant. Ternyata seorang sales mempunyai peranan tugas dan tanggung jawab yang sangat penting untuk meningkatkan penjualan. Semoga bermanfaat ya.
Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas