Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Petty Cash Adalah : Pengertian, Metode dan Tujuannya

1 min read

petty cash adalah

Bisnis adalah salah satu cara untuk meraih keuntungan melalui usaha yang dilakukannya dalam menjalankan bisnis. Baik menyediakan produk untuk konsumen atau membuat sebuah layanan jasa yang bisa dinikmati banyak orang.

Manajemen menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan baik perusahaan berskala besar maupun kecil. Salah satu contoh krusial penentu keberhasilan adalah manajemen keuangan.

Petty cash atau kas kecil salah satu dari banyak cara yang bisa digunakan untuk melakukan manajemen keuangan. Manajemen keuangan bisa berarti penting manakala perkembangan sebuah perusahaan berdasarkan pemasukan dan pengeluaran yang ada. Pengelolaan keuangan wajib dilakukan oleh seorang yang kompeten dibidangnya karena keuangan merupakan krusial dalam perusahaan.

Apa Itu Petty Cash ?

Pengeluaran sebuah perusahaan tidak hanya mengenai pengeluaran dengan jumlah besar saja dari sebuah transaksi. Namun pengeluaran dengan jumlah kecil juga perlu diperhatikan.

Proses data pada sebuah keuangan harus dihandle dengan baik agar bisa dengan mudah dibaca dan diperhatikan manakala suatu saat nanti dibutuhkan untuk sebuah laporan.

Petty cash adalah sejumlah kecil uang yang memang sudah disiapkan oleh perusahaan untuk digunakan saat ada pengeluaran kecil. Sifat dari petty cash ini bukanlah sebuah materil melainkan sebuah uang kas kecil. Dibutuhkan apabila ada transaksi mendadak atau rutin yang diperlukan perusahaan.

Ciri dari petty cash adalah jumlah nominalnya yang sudah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen perusahaan dalam jumlah tertentu atau terbatas.

Tujuan Pembukuan Petty Cash

Adapaun tujuan dari pembukuan petty cash adalah sebagai berikut :

  • Dana Darurat Perusahaan
  • Membantu Akuntan
  • Mencegah terjadinya alokasi pembayaran
  • Mempercepat aktivitas atasan yang menggunakan dana secara mendadak dan juga tidak terencana sebelumnya
  • Meringankan beban staff karyawan dalam memberikan pelayanan secara maksimal kepada pelanggan juga termasuk kepada relasi bisnis pimpinan

Metode Pembukan Petty Cash

  1. Sistem Tetap

Metode petty cash dengan mode tetap adalah metode pembukuan petty cash dimana rekening petty cash jumlahnya selalu tetap.

Setiap pengeluaran yang terjadi pemegang petty cash tidak langsung mencatatnya kedalam laporan tetapi hanya mengumpulkan bukti pembayarannya saja.

Nah, baru jika apabila dana petty cash akan habis baru dilakukan pencatatan pembukuan berdasarkan pada bukti transaksi pengeluaran yang sudah dikumpulkan sebelumnya.

Lalu pemegang petty cash melakukan pengajuan pembentukan kembali dana petty cash kepada bendahara perusahaan sebesar nominal yang sudah dikeluarkan.

  1. Sistem Berubah

Biasa disebut juga dengan nama sistem fluktuasi atau dana mengambang.

Sistem ini menghendaki bahwa jumlah nominal petty cash tidak ditetapkan seperti sistem tetap akan tetapi sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Contoh pada saat pembentukan kebijakan awal, perusahaan menetapkan petty cash sejumlah 5 juta, kemudian digunakan sesuai dengan kebutuhan dan kemudian petty cash di isi kembali.

Pada saat waktu pengisian saldo, jika perusahaan menggunakan sistem dana tetap, maka jumlah petty cash harus sama jumlahnya dengan saldo awal kas kecil.

Namun pada metode sistem dana berubah, jumlah pengisian kembali petty cash tidak harus sama dengan jumlah nominal saldo awalnya, jadi bisa kurang atau lebih.

 

Jasa Pembukuan Petty Cash

Jika kamu merupakan seorang yang sibuk dan sulit mencari orang untuk menghandle perusahaan dalam hal pembukuan, maka kamu sedang membaca sesuatu yang tepat.

Ya, Szeto Consultants merupakan perusahaan dengan layanan konsultan perusahaan yang siap membantu perusahaan kamu dalam hal laporan keuangan, laporan pajak, dan beralih ke digital.

Jika kamu tertarik dan ingin tahu lebih dalam lagi tentang Szeto Consultants kamu bisa membuka websitenya disini

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas