Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Admin Finance Adalah : Tujuan, Fungsi, dan Manfaat Untuk Perusahaan

3 min read

admin finance adalah

Mengenal tugas dan peran dari seorang admin finance. Admin finance merupakan sesorang yang mempunyai tugas untuk membuat pembukuan, laporan, arsip data, entry data, dan melakukan transaksi keuangan (finance).

 

Mengenal Admin Finance

Admin finance bisa dibilang menjadi unsur penting juga dalam perusahaan jika kita melihat bedasarkan dengan job desk dan tugas yang diberikan. Kalau dilihat dari segi perusahaan admin finance ini juga berkaitan langsung dengan sumber daya manusia, perusahaan maupun organisasi yang terlibat.

Di zaman sekarang ini sudah semestinya setiap perusahaan yang sudah berbadan resmi maupun UMKM ada baiknya memiliki admin finance.

Karena bukannya apa, jika kita memiliki seorang admin finance maka laporan mengenai keuangan akan lebih dapat terhandle dengan begitu baik. Bahkan biasanya akan terdapat lebih dari 1 orang untuk bagian admin finance. Sekali lagi ini merupakan penting karena berkaitan dengan keuangan perusahaan.

Sayang sekali masih banyak sekali perusahaan yang abai dengan hal ini. Mereka cenderung malas merekrut seorang finance lantaran sudah merasa bisa untuk meng-handle setiap transaksi yang terjadi. Sungguh ironi … namun biasanya hal ini juga terjadi karena keadaan dalam perusahaan itu sendiri.

 

Pengertian Admin Finance

Admin finance atau yang biasa dikenal masyarakat sebagai administrasi keuangan merupakan suatu kegiatan atau usaha yang dilakukan untuk mengatur dan membantu pihak yang terkait dalam hal finance atau keuangan agar dapat mencapai tujuan sebuah organisasi.

Jika pelaksanaan yang dilakukan oleh admin finance dilakukan secara cepat dan tepat maka akan semakin mendekati tujuan yang diinginkan perusahaan.

Cepat atau tidaknya tergantung bagaimana dengan perusahaan yang berkaitan untuk menghandle bagian ini pada orang yang tepat atau tidak.

Di era modern dan serba digital ini peran seorang admin finance bisa dibilang sangat penting. Karena jika melihat model bisnis saat ini kebanyakan dari perusahaan membuat model bisnisnya secara online. Maka dari itu perlu seseorang yang meng-handle segala transaksi yang terjadi secara online.

 

Tujuan Admin Finance

Tujuan dari adanya seorang admin finance dalam sebuah perusahaan adalah membuat laporan keuangan perusahaan, laporan transaksi dari perusahaan menjadi lebih baik secara keseluruhan.

Sehingga dengan hal seperti itu akan ada seseorang yang bertanggung jawab dalam hal keuangan, maupun pelaporan finance.

 

Tugas Admin Finance

Seseorang yang menjadi admin finance memiliki tugas dan tanggung jawab yang diberikan oleh perusahaannya. Namun biasanya seorang admin finance bertugas sebagai berikut :

  • Membuat Rencana Keuangan

Hal ini meliputi berbagai aspek dengan mengacu pada periode sebelum – sebelumnya. Hal yang biasanya dilakukan adalah perencanaan dari segi pengeluaran, pendapatan, atau pinjaman.

Kamu bertugas untuk membuat rencana pengeluaran, pendapatan, atau pinjaman. Tidak hanya itu kamu juga bertanggung jawab atas alasan apa yang mendasari kamu untuk membuat rencana seperti itu.

  • Membuat Laporan Keuangan

Selanjutnya dari tugas seorang admin finance adalah membuat laporan keuangan perusahaan dalam jangka waktu tertentu. Baik dalam jangka waktu bulanan, tahunan, maupun periode tertentu.

Laporan keuangan ini mengacu pada nilai aktivitas atau aliran arus kas yang masuk, keluar, hutang dan lain – lain.

  • Mengelola Uang

Admin finance adalah seorang yang bertugas untuk mengelola uang cash. Sudah menjadi kewajiban bagi seorang admin finance untuk mengatur uang yang masuk, uang yang akan ditarik, atau pinjaman.

Tidak hanya itu tugas lainnya juga mengatur jika ada reimburse dari seorang karyawan perusahaan.

Hal – hal yang seperti itu perlu dicatat dan menjadi bahan laporan dalam periode tertentu.

  • Mengelola kredit ataupun Pinjaman Perusahaan

Ini yang penting dari tugas seorang admin finance adalah mengelola aliran kredit dan pinjaman dari sebuah perusahaan.

Kamu yang bekerja sebagai admin finance harus teliti dalam mencatat setiap kredit atau pinjaman sebuah perusahaan.

Kamu juga perlu membuat reminder atas pembayaran yang perlu dilakukan dalam sebuah perusahaan, Dan tentunya hal ini juga perlu menjadi laporan keuangan kamu nantinya.

 

Keahlian Admin Finance

Seorang admin finance dituntut untuk memiliki keahlian sebagai berikut :

  • Akuntansi

Admin finance adalah seseorang yang harus bisa akuntansi, karena pekerjaannya berkaitan dengan keuangan. Mereka dituntut harus bisa bekerja sesuai dengan pedoman akuntansi yang benar.

  • Berhitung

Jangan remehkan masalah berhitung, meskipun saat ini sudah ada kalkulator tapi ada baiknya kamu juga belajar berhitung dengan cepat dan tepat. Hal ini penting ya, karena jika sampai kamu salah hitung maka masalah yang timbul akan besar nanti.

Coba untuk pelajari lagi operasi dasar matematika seperti kali, kurang, bagi dan tambah. hehe. Karena setiap kebanyakan yang terjadi kebanyakan dari seorang admin finance suka kurang teliti dalam menghitung.

  • Manajemen

Kamu seorang admin finance harus bisa ilmu manajemen, karena kamu jelas akan melakukan manajemen dalam banyak hal, seperti waktu, laporan dll.

 

Bagaimana ? kamu tertarik menjadi seorang admin finance ?

Selain dengan hal – hal yang disebutkan diatas ada baiknya kamu belajar juga mengenai software akuntansi. Karena semakin kesana model laporan manual dengan microsoft excel mulai ditinggalkan.

Kebanyakan dari perusahaan mulai beralih ke digital dengan menggunakan software akuntansi sesuai dengan kebutuhan perusahaannya.

 

Bagaimana Jika Kamu Seorang Pebisnis ?

Saya merupakan seorang pebisnis, saya juga masih belum bisa untuk merekrut seseorang yang bisa menghandle laporan keuangan perusahaan saya.

Kabar baiknya adalah kamu bisa menggunakan jasa konsultan bisnis milik Szeto Consultants. 

Szeto Consultants merupakan perusahaan layanan konsultasi bisnis yang siap membantu kamu dan perusahaan kamu dalam pelaporan keuangan, pajak, dan hal lain.

Szeto Consultants juga siap mengajak perusahaan kamu untuk beralih ke digital dengan menggunakan software akuntansi yang canggih untuk mendukung operasional bisnis kamu.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×

Belajar Accurate Cuma 25 Ribu

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate hanya 25 Ribu Rupiah.

Ambil Kelas