Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Campaign Adalah : Pengertian, Konsep, Tujuan dan Media

3 min read

campaign adalah

Campaign adalah suatu cara yang bertujuan untuk melakukan promosi produk maupun jasa melalui berbagai media yang berbeda. Seperti misalnya Televisi, Radio, Internet atau yang sedang populer saat ini adalah sosial media dan video streaming youtube.

Dewasa ini campaign menjadi salah satu andalan beragam pelaku usaha untuk memasarkan produknya secara masal.

Pengertian Campaign

Campaign atau yang biasa kita kenal dengan marketing campaign menurut para ahli adalah proses kegiatan komunikasi individu atau kelompok yang dilakukan secara terlembaga dan bertujuan untuk menciptakan suatu efek atau dampak tertentu. (Rogers dan Storey,1987)

Beberapa ahli komunikasi mengakui bahwa definisi yang diberikan Rogers dan Storey adalah yang paling popular dan dapat diterima dikalangan ilmuwan komunikasi (Grossberg, 1998Snyder, 2002Klingemann & Rommele, 2002).

Simpelnya yang perlu kita ketahui tentang campaign adalah sebuah proses dalam mempromosikan produk atau jasa melalu beberapa media.

 

Konsep Campaign

Konsep campaign dirancang dengan tujuan yang berbeda – beda, ada yang dirancang untuk meningkatkan brand awarness sebuah produk agar brand tersebut bisa diingat setiap orang.

Ada juga konsep campaign yang bertujuan sebagai promosi untuk meningkatkan penjualan perusahaan.

Dan ada juga campaign yang fokus pada data leads. Data leads dikumpulkan oleh perusahaan untuk keperluan yang bermacam – macam. Mulai dari Follow UP, blast Whatsapp, email marketing dan lain lain.

Guna mencapai tujuan campaign yang sudah ditentukan, ada baiknya kamu membuat banyak media untuk tempat promosi kamu.

 

Tujuan Marketing Campaign

  1. Brand Awarness

Brand awarness bisa menjadi salah satu dari banyak tujuan marketing campaign. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kepekaan seseorang terhadap brand yang kita punya.

Misal kita mempunyai sebuah brand bakso, maka kita berusaha menyebarkan apa yang menjadi ciri khas dari brand kita tersebut. Apakah bakso kita besar, bakso kita berasal dari daging sapi australia, dan yang lain.

Caranya , berikut adalah beberapa cara yang mungkin bisa menjadi acuan untuk meningkatkan brand awarness :

  • Jika produk fisik maka perhatikan warna dan logo
  • Jika produk makanan maka fokus pada rasa dan coba perhatikan packaging
  • Bisa dengan membuat jinggle dari produk
  • Coba untuk membuat slogan produk
  • Coba ciptakan sesuatu yang khas, seperti hari ini gratis ini

Beberapa cara diatas bisa kalian tempuh sebagai langkah untuk meningkatkan brand awarness bisnis kalian.

  1. Leads

Leads merupakan salah satu tujuan dalam campaign untuk mengumpulkan sebuah data.

Data apa sih ….

Biasanya data customer atau calon customer akan disimpan pada sebuah database atau software lain untuk keperluan follow up dan yang lainnya.

Leads ini juga penting jika kita memiliki sebuah produk yang baru rilis maka kita langsung bisa mengirim pesan ke customer pada database kita untuk memberitahu bahwa kita sudah telah rilis produk baru.

Tipe dari sebuah campaign untuk mencari leads adalah membuat penawaran yang sekiranya orang akan mengisi sebuah form, atau bisa juga membuat event secara gratis.

  1. Sales / Penjualan

Campaign ini adalah salah satu yang bertujuan untuk meningkatkan sebuah penjualan bisnis. Isi dari campaign ini berupa ajakan seseorang untuk membeli sesuatu atau menggunakan layanan sesuatu dari sebuah produk atau jasa.

Campaign ini bisa disebut juga sebagai iklan.

Cara meningkatkan sales / penjualan dengan campaign bisa dengan bermacam – macam. Mulai dari membuat promo menarik, membuat iklan di media sosial, dan masih banyak lagi.

Campaign dengan tujuan sales atau penjualan biasanya akan memakan biaya dahulu diawal untuk iklan atau hal yang lain. Namun kamu bisa memanfaatkan media – media gratis yang akan dibahas pada media campaign dibawah ini.

  1. Loyalitas

Tujuan dari sebuah campaign yang terakhir adalah loyalitas, bayangkan jika anda sudah berhasil pada tahap sales atau penjualan namun setelah itu customer anda pergi begitu saja dan tidak kembali pada saat anda rilis sebuah produk.

Nah disinilah campaign loyalitas perlu untuk dibuat.

Cara yang bisa dilaukan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah dengan …

  • Membuat campaign bahwa produk kamu higienis, atau misal kalau jasa disukai banyak orang dan banyak yang mendaftar
  • Sebarkan campaign testimoni kepuasan pelanggan
  • Meminta saran dari pelanggan
  • Memberikan segala kemudahan untuk pelanggan
  • menawarkan program loyalitas, seperti reward atau hal lain..

 

Media Marketing Campaign

Media campaign ada banyak.. Jika dahulu kala sekali orang – orang menyebarkannya melalui tulisan di tembok, poster yang ditempel, radio, dan masih banyak lagi.

Zaman sekarang ini sudah banyak hal yang berubah …

Berikut adalah media campaign yang perlu kamu ketahui :

  1. Radio

Radio adalah media pertama yang bisa kamu jadikan sebagai campaign kamu. Yup guys memang radio saat ini sudah “jarang” didengarkan tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba.

Kamu bisa bekerja sama dengan stasiun radio manapun untuk keperluan campaign kamu …

Yang perlu diketahui adalah jika kamu menggunakan Radio untuk media campaign kamu maka kemungkinan orang yang akan mendengar adalah orang – orang zaman dahulu dengan range usia sekitar 40 – 50 tahun.

Tidak menutup kemungkinan juga orang – orang yang di dalam mobil akan mendengar juga.

So …

Tidak ada salahnya untuk melakukan cara ini di campaign kamu. Good Luck !

  1. Iklan Televisi

Media campaign selanjutnya ada iklan di televisi. Namun yang perlu kamu ketahui diawal adalah biaya untuk menampilkan iklan ditelevisi sangatlah mahal.

Sebaiknya kamu pertimbangkan lagi dengan  budget marketing kamu.

  1. Social Media

Nah ini merupakan cara campaign terbaru di era modern ini. Kamu bisa membuat sebuah akun social media untuk campaign kamu.

Untuk permulaan kamu bisa melakukan share akun social media kamu ke teman – teman.

Atau kamu bisa melakukan yang namanya iklan di social media. Cara ini sangat ampuh untuk meningkatkan reach atau jangkauan campaign kamu.

Dengan begini kamu akan mendapatkan banyak perhatian dari orang – orang yang membuka social media. Untuk saat ini sendiri sudah banyak orang yang menggunakan social media.

Fun fact untuk kamu adalah Negara Indonesia merupakan populasi pengguna terbanyak di dunia untuk social media nya. Wow Bukan ??

  1. Campaign Email Marketing

Email marketing adalah cara untuk melakukan yang namanya campaign marketing. Jika dahulu kala kita sering kali mendapatkan koran yang sudah ada di depan pintu, maka zaman sekarang ini kita bisa menggunakan cara yang efektif yaitu dengan menggunakan email marketing.

Dengan memanfaatkan data yang melakukan pendaftaran di website kamu. Kamu bisa dengan mudah untuk menyebaar campaign kamu ke daftar subscriber mu.

Yang perlu diperhatikan disini adalah email template dan design email marketing kamu.

Ada baiknya kamu mempelajari yang namanya copywriting agar email yang kamu kirim dibaca oleh pelanggan kamu dan tidak menjadi spam.

Bagaimana tertarik mencoba email marketing untuk campaign kamu ?

 

Jasa Campaign Szeto Consultants

Sampailah pada saat sebuah promosi..

Szeto Consultants merupakan layanan konsultan perusahaan di Indonesia yang sudah meng-handle banyak perusahaan.

Kami akan membantu perusahaan kamu dari segi campaign, baik itu di social media, email marketing, whatsapp marketing atau pun website.

Kamu bisa langsung menghubungi kami disini

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×

Belajar Accurate Cuma 25 Ribu

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate hanya 25 Ribu Rupiah.

Ambil Kelas