Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Pembukuan Akuntansi : Pengertian dan Cara Membuatnya

2 min read

pembukuan akuntansi

Pembukuan akuntansi sekarang ini menjadi suatu hal yang paling sering dibenahi dari sisi internal perusahaan, terlihat dari pekerjaan seorang accounting adalah pekerjaan yang paling sering dicari belakangan ini. Pada dasarnya, sebuah bisnis yang sukses diawali dengan pembukuan yang terstruktur.

Karena dengan pembukuan yang terstruktur dengan baik dapat digunakan untuk memantau perkembangan atau kemajuan perusahaan Anda.

Pembukuan Akuntansi akan meliputi adanya laporan laba-rugi dan keseluruhan transaksi yang ada dalam perusahaan Anda.

Namun apakah pembukuan akuntansi hanya sebatas itu saja? Kita akan coba membahasnya satu per satu dan perlu tahu juga alasan mengapa suatu pembukuan akuntansi penting untuk perusahaan.

Pengertian Pembukuan Akuntansi

Secara umum pengertian pembukuan akuntansi adalah catatan keuangan yang berisi data transaksi yang sangat erat kaitannya dengan keuangan, dalam hal ini adalah pengeluaran atau pemasukan dalam suatu perusahaan.

Sebelum lebih lanjut tentang pembukuan akuntansi Anda sebelumnya sudah harus paham terlebih dahulu dengan pembukuan akuntansi dasar, dan juga akuntansi.

Proses – proses tersebut adalah biasanya melakukan pengumpulan semua transaksi yang ada lalu melakukan penginputan data transaksi tersebut, proses ini dinamakan dengan data entry.

Ada beberapa metode dalam pembukuan, simak penjelasannya berikut :

Metode Dalam Pembukuan

pembukuan akuntansi
pembukuan akuntansi

Secara umum ada 2 metode umum dalam melakukan pembukuan akuntansi, yaitu pembukuan input tunggal dan ganda. Simak penjelasannya berikut ini :

Pembukuan Tunggal

Pembukuan tunggal adalah pembukuan yang metode pencatatan transaksi keuangannya dilakukan sekali, yaitu berupa daftar transaksi yang mempengaruhi kas.

Metode pembukuan ini sangat pas untuk digunakan kalangan bisnis seperti UMKM atau usaha menengah lainnya.

Untuk informasi lebih lanjut tentang pembukuan akuntansi umkm, kalian bisa car informasinya disini.

Pembukuan Ganda

Pembukuan ganda adalah metode pencatatan transaksi keuangan yang harus dilakukan sebanyak dua kali, yaitu pada sisi debit dan kredit. Metode ini diperlukan untuk seluruh model bisnis yang harus menghasilkan laba, rugi, dan neraca.

Dengan pembukuan ganda ini, sangat cocok dilakukan oleh perusahaan yang memang sudah besar, sekelas manufaktur industrial, penjualan, perdagangan, trading atau hal lainnya.

Manfaat Pembukuan Akuntansi

Ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan suatu perusahaan dengan adanya pembukuan akuntansi, diantaranya ..

Segi Bisnis

Dengan adanya pembukuan berarti adanya sebuah rekaman dari history kesehatan keuangan perusahaan, jika keuangan perusahaan Anda sehat maka Anda dapat dengan mudah

Alur Transaksi

Dengan alur transaksi berarti akan ada riwayat transaksi yang kamu lakukan secara lengkap jika Anda menuliskan semua kegiatan ekonomi yang kamu lakukan. Tidak hanya dapat men-tracking distribusi uang namun juga mengetahui distribusi barang.

Berapa banyak jumlah barang yang telah dikeluarkan pada hari itu dan berapa banyak pula barang yang telah dimasukkan ke dalam perusahaan. Semua ini bisa dengan mudah diketahui hanya dengan melihat dan mengecek buku keuangan Anda.

Keuntungan dan Kerugian

Dengan adanya pembukuan, maka perusahaan akan dengan mudah melakukan tracking terhadap keuntungan atau kerugian yang dialami perusahaan.

Jenis – Jenis Pembukuan

Ada beberapa jenis pembukuan, Untuk perusahaan Anda anda harus tau tentang jenis – jenis pembukuan yang Ada.

Catatan Kas

Catatan kas adalah media yang digunakan untuk mencatat secara detail terkait dengan informasi yang masuk dan keluar terkait dengan usaha, baik itu secara tunai ataupun kredit.

Persediaan

Sementara yang dimaksud dengan persediaan adalah aset lancar dalam bentuk barang atau perlengkapan yang digunakan sebagai alat pendukung untuk kegiatan operasional entah itu untuk manufaktur industrial atau hal lainnya.

Inventaris Barang

Inventaris berarti meliputi apa yang menjadi hak milik perusahaan. Misalnya dalam hal ini adalah komputer, meja, kursi, lemari, ataupun itu.

Kesimpulan

Dari penjelasan tentang pembukuan diatas yang singkat, semoga dapat membantu Anda sebagai pelaku usaha di berbagai industri ya.

Untuk lebih mantap lagi dari segi perusahaan dalam melakukan pembukuan, Anda bisa mencoba bekerja sama dengan kami melalui layanan Szeto Priority yang akan me-maintenance segala bentuk laporan keuangan dalam jangka waktu kerja sama yang ditentukan.

komponen laporan keuangan

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas