Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Data Entry : Pentingnya Data Entry Untuk Perusahaan

2 min read

data entry

Sekarang ini profesi data entry menjadi hal yang paling digemari oleh mahasiswa ataupun mahasiswi khususnya jurusan akuntansi atau jurusan lain. Data entry adalah pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh siapa saja sebenarnya, tidaklah terlalu membutuhkan skill yang begitu berat. Cukup ketelitian, karena biasanya software yang digunakan adalah Microsoft Excel.

Berbeda dengan freelance lainnya seperti halnya misal Copywriter, diperlukan teknik khusus untuk membuat orang tertarik dengan apa yang kita tulis.

Buat kalian yang tertarik dengan pekerjaan seperti ini, kalian bisa masuk lho kedalam website kami bernama Szeto Academy, Szeto Academy menyediakan beragam lowongan termasuk data entry salah satunya, yang pastinya bisa kalian lamar secara gratis.

Dalam pembahasan kali ini, kita akan coba untuk membahas lebih lanjut tentang apa itu Input data , simak penjelasannya sampai habis ya.

Apa Itu Data Entry

Data entry adalah suatu pekerjaan yang tugasnya memasukkan dan memperbarui data atau informasi ke layanan elektronik atau database. Data Entry adalah pekerjaan yang bersifat administratif.

Pekerjaan ini dibutuhkan banyak perusahaan baik skala besar atau skala kecil untuk menuliskan catatan rapat, memasukkan data ke database, atau menambahkan angka penjualan. Data Entry bisa bekerja di berbagai industri seperti kesehatan, transportasi, keuangan, ritel, dan lainnya.

Dari yang kita tau, pekerjaan seperti ini dapat dilakukan secara remote atau dari rumah, karena suatu database umumnya bersifat cloud, maka akan dengan mudah bagi seseorang untuk saling mengirim data dengan skema online.

Sekilas tentang tentang pekerjaan ini sudah tau, nih. Sekarang kita lanjut pada pembahasan tugas dan tanggung jawabnya.

Tugas Data Entry

Tugas dan pekerjaan input data dalam suatu perusahaan bisa saja berbeda – beda. Namun secara pekerjaan intinya tetap sama, memasukkan data kedalam sebuah database.

Tugas data entry adalah sebagai berikut ini :

  • Memasukkan data pelanggan atau data transaksi kedalam sebuah database
  • Melakukan sortir data dan informasi sebelum dimasukkan ke komputer
  • Memindai dokumen dan file lain yang diperlukan
  • Memeriksa dan memperbaiki kesalahan data atau dokumen
  • Membantu membangun sistem manajemen data
  • Menjaga kerahasiaan data sesuai dengan peraturan dan kebijakan perusahaan
  • Membuat laporan dan melakukan pencadangan dokumen

Bagaimana? ada gambaran tentang sebuah pekerjaan dari seorang input data? Biasanya seorang freelance input data dikejar target per hari misal memasukkan data 200 transaksi atau bisa lebih tergantung dengan kesepakatan.

Lebih lanjut tentang input data, kita akan masuk kedalam skill apa yang diperlukan seseorang untuk menjadi data entry.

Baca Juga : Belajar Lead Magnet : Strategi Jitu Untuk Meningkatkan Penjualan

Skill Wajib Yang Harus Dikuasai Data Entry

Menjadi seorang spesialist haruslah mempunyai skill, khususnya menjadi seorang data entry. Berikut ini adalah skill yang harus ada bagi seorang Data Entry

  • Mengetik dengan cepat dan tepat.

Untuk bisa melatih skill ini, kalian bisa menggunakan website 10FastFinger, untuk tau sejauh mana kemampuan kamu dalam mengetik.

  • Detail dan Teliti

3 kali lebih detail dan teliti bahkan 1000 kali harus teliti menjadi kemampuan wajib buat Kamu nih yang mau terjun kedalam dunia input data, karena apa? pekerjaan ini bersifat administrasi, kalian harus sesuai memasukkan data yang ada dengan apa yang kalian masukkan. Karena jika jumlah saja tidak sesuai maka akan mempengaruhi hasil penilaian.

  • Komunikasi

Komunikasi menjadi skill set wajib sepertinya untuk semua jenis pekerjaan, begitu juga dengan input data. Kalian harus mengkomunikasikan dengan baik berapa jumlah data yang sudah diinput untuk dilaporkan kepada penanggung jawab.

Selain itu jika misalnya kalian tidak mencapai target jumlah data yang dicapai kalian harus berkomunikasi dengan baik terkait dengan alasannya.

  • Bisa Mengoperasikan Ms.Office atau Ms. Excel

Biasanya seseorang yang kerja dengan bagian input data berkutat dengan dua software ini, Excel atau Ms.Office. Kedua software ini harus kalian pahami dan bisa ya karena penting sekali untuk seorang input data.

 

Kaitan Antara Data Entry dengan Perusahaan

Kemampuan untuk memasukkan data transaksi kedalam sebuah database sekarang ini menjadi kebutuhan untuk perusahaan apalagi perusahaan tersebut adalah perusahaan dagang, retail atau perusahaan manufaktur. Data – data transaksi mereka perlu di input untuk menjadi laporan keuangan.

Kabar baiknya adalah, Szeto Priority sudah membantu banyak perusahaan untuk membuat laporan keuangan mereka menjadi berkualitas dan menjadi digital.

Dengan bantuan Szeto Priority kalian tidak perlu memusingkan yang namanya Tenaga kerja, karena hal ini sudah di cover sepenuhnya oleh Tim Szeto Consultants.

Penasaran dan tertarik dengan layanan Szeto Priority? Hubungi kami sekarang.

Rata – Rata Gaji Seorang Data Entry

Di Indonesia sendiri, rata-rata gaji data entry ada di kisaran UMR. Tetapi, nominal ini bisa terus bertambah sesuai lama kerja dan pengalaman yang dimiliki. Selain itu, seorang staf input data juga bisa berkembang menjadi posisi lain seperti data strategist. Dengan demikian, gajinya pun juga akan meningkat.

Kamu tidak perlu khawatir, semakin bertambahnya pengalaman, skill dan finasial kamu akan selalu bertambah. Amin.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas