Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Apa Itu Canva? Simak Fitur Unik Yang Bisa Kalian Dapatkan

2 min read

Apa itu canva – Zaman sekarang ini sudah dituntut untuk membuat segalanya menjadi digital. Beragam yang disuguhkan ke kita melalui layar digital sudahlah tak terhitung jumlahnya.

Pernah gak kalian penasaran terkait dengan pembuatan konten – konten tersebut? Nah dalam kesempatan ini kita akan coba bahas nih, tentang bagaimana cara pembuatannya melalui aplikasi yang sudah mungkin banyak orang kenal yaitu canva.

Canva banyak membantu orang untuk urusan desain karena resourcenya yang banyak, Pada artikel ini kita akan coba membahas seputar canva lebih dalam. Kamu akan mengetahui beragam macam fiturnya dan perbedaan antara canva yang free dengan yang PRO.

Langsung aja ke pembahasannya dibawah ini.

Apa Itu Canva

Canva adalah suatu platform pembuatan desain grafis dan konten publikasi yang lebih mudah dan cepat daripada software grafis lainnya. Tools super ini bisa Anda gunakan secara online melalui browser desktop atau download aplikasi mobile-nya melalui App atau Play Store. Selain itu, canva juga menawarkan dua versi yaitu versi gratis dan versi berbayar (Pro).

Sejarah Singkat Canva

Menurut wikipedia Canva didirikan pertama kali di Sydney, Australia oleh Melanie Perkins, Cliff Obrecht dan Cameron Adams

Canva didirikan di Sydney, Australia oleh Melanie Perkins, Cliff Obrecht dan Cameron Adams pada 1 Januari 2012. Pada tahun pertamanya, Canva mencatatkan jumlah pengguna sebanyak 750,000 orang. Pada April 2014, seorang pakar teknologi dan sosial media Guy Kawasaki bergabung ke perusahaan sebagai promotor jenama. Pada 2015, Canva for Work diluncurkan dan berfokus pada bagian pemasaran.

Selama tahun 2016-2017, pendapatan Canva meningkat dari A$6.8 juta menjadi A$23.5 juta, dengan kerugian mencapai A$3.3 juta. Pada 2017, perusahaan meraih keuntungan dengan jumlah pelanggan berbayar mencapai 294.000 orang.

Setahun kemudian Melanie mengumumkan bahwa perusahaannya meraih A$40 juta dari Sequoia Capital, Blackbird Ventures dan Felicis Ventures. Atas capaian tersebut, nilai valuasi perusahaan menjadi sebesar A$1 miliar.

Pada Mei 2019, Canva mengalami pelanggaran keamanan yang menyebabkan 139 juta data penggunanya diretas. Data yang diretas ini termasuk nama asli pengguna, nama pengguna, alamat, informasi geografi dan bahkan hingga kata kunci bagi beberapa pengguna.

Dalam waktu bersamaan, perusahaan mencapai pendanaan lain sebesar A$70 juta dari General Catalyst dan Bond. Canva juga meraih pendanaan dari investor sebelumnya yakni Blackbird Ventures dan Felicis Ventures sehingga nilai valuasi Canva mencapai A$2.5 miliar.

Lima bulan berikutnya, Canva mengumumkan bahwa mereka berhasil menambah dana tambahan sebesar A$85 million sehingga nilai valuasinya menjadi sebesar A$3.2 miliar.

Sampai sekarang canva menjelma menjadi salah satu software dengan nilai value yang sangat besar.

Baca Juga : 4 Contoh Iklan Produk Makanan Ini Membuat Kalian Berfikir Ulang

Fungsi Dari Canva

Karena banyak orang mulai mengenal apa itu Canva, para pengembangnya terus berusaha menghadirkan inovasi layanannya.  Alhasil, kini Anda bisa menggunakan platform ini untuk membuat berbagai macam desain untuk kebutuhan personal dan profesional. Adapun kegunaan Canva adalah:

  • Membuat presentasi seperti PowerPoint
  • Membuat konten Instagram untuk feed, Story, dan Ads dengan pilihan animasi atau static
  • Membuat desain postingan, cover, Ads, event cover, Facebook video, dan story Facebook
  • Editing video untuk berbagai platform media sosial, seperti Instagram, Facebook, TikTok, Pinterest, LinkedIn, dan YouTube
  • Desain poster, flyer, brosur, iklan, postcard, business card, newsletter, dan invoice untuk kebutuhan bisnis dan sebagai digital marketing tools
  • Membantu menyusun format resume, CV, letterhead, proposal, sertifikat, serta berbagai kartu dan undangan
  • Menyusun infografis, mind map, kolase foto, virtual background, format kalender, worksheet, planner, peta konsep, dan wallpaper/background layar gadget.

Cara Menggunakan Canva

Untuk menggunakan canva sangatlah mudah caranya, kalian bisa melakukan registrasi pada website resminya. https://www.canva.com/id_id/

Setelah mendaftar kalian tinggal memilih mau buat desain jenis seperti apa.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
×

Belajar Accurate Cuma 25 Ribu

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate hanya 25 Ribu Rupiah.

Ambil Kelas