Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Tujuan Analisis SWOT Pada Sebuah Perusahaan

2 min read

tujuan analisis swot

Tujuan analisis swot baik pada sebuah bisnis maupun sebuah perusahaan akan selalu diperlukan keberadaannya. Analisis swot ini penting karena bisnis yang tanpa sebuah analisis maupun evaluasi adalah bisnis yang hampa.

Bagaimana bisa coba, seorang businessman merencanakan bisnisnya tanpa berdasarkan evaluasi dan analisis yang dalam.

Kalau berbicara tentang analisis maka SWOT menjadi hal yang bisa untuk dilakukan. Karena analisis SWOT ini telah menjadi sebuah dasar yang berguna dalam mengembangkan usaha maupun bisnis.

Kamu penasaran dengan pentingnya analisis swot dalam perusahaan ?

maka kamu sudah membaca artikel yang tepat.. baca sampai akhir, pahami .. dan coba jalankan pada perencanaan usaha kamu.

berikut adalah pengertian, manfaat, fungsi, dan tujuan dari analisis swot

 

Pengertian Analisis SWOT

Analisis SWOT adalah metode analisis perencanaan strategis yang digunakan untuk memonitor dan mengevaluasi lingkungan perusahaan baik lingkungan eksternal dan internal untuk suatu tujuan bisnis tertentu. SWOT merupakan singkatan dari kata: kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities), dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT.

tujuan analisis swot

Manfaat Analisis SWOT

Kamu pasti mencari tahu apa sih manfaatnya kita melakukan analisis SWOT pada sebuah perusahaan. Maka jawaban yang tepat untuk menjawab itu adalah “Analisis swot penting bagi sebuah perusahaan karena menjadi strategi dalam keberlangsungan bisnis di masa depan

Kamu bisa memahami secara lebih rinci tentang analisis swot berikut ini :

  1. Sebagai Gambaran dalam Strategi Perusahaan Masa Depan

Swot berfungsi untuk menentukan strategi kelangsungan bisnis di masa depan. Hasil dari analisa ini dapat membantu perusahaan kamu untuk menyusun strategi yang tepat agar terhindar dari kerugian yang tidak di inginkan.

  1. Analisa Laporan Keuangan Perusahaan

Keuangan menjadi sentral dari keberlangsungan bisnis. Tanpa uang sudah pasti bisnis tidak jalan.. bukan begitu teman – teman ??

Adanya analisis SWOT membantu perusahaan kamu untuk menentukan mana saja yang sekiranya penting untuk digunakan, mana saja pengeluaran yang perlu diperlukan dan mana saja.

  1. Menjadi brainstorm untuk inovasi bisnis

Inovasi dalam bisnis tiap hari, bulan, maupun tahun akan selalu berubah. Analisis swot membantu tim perusahaan kamu untuk menciptakan inovasi bisnis yang lebih matang lagi. Karena analisis SWOT ini kan fokus kepada kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman.

 

Dengan menggunakan analisis swot kamu juga dapat menggunakan analisis untuk produk dan jasa. Karena biasanya dalam sebuah perusahaan akan launching produk atau jasa yang dia berikan. Nah analisis SWOT ini membantu kamu dalam mengambil keputusan ini.

 

Fungsi dan Tujuan Analisis SWOT

Fokus utama dari analisis SWOT ini adalah kepada kekuatan dari perusahaan, kelemahan, peluang, dan ancaman sehingga tidak semua aspek dalam perusahaan bisa di selesaikan dengan analisis SWOT.

Sehingga bisa diambil kesimpulan bahwasannya penilaian SWOT bukanlah sebuah analisis yang mampu memberikan jalan keluar yang tepat bagi semua masalah yang ada di perusahaan.

Tujuan analisis swot dari beberapa ahli berikut ulasannya :

RD Jatmiko menyebutkan tujuan penggunaan analisis SWOT adalah, “…agar organisasi/perusahaan tersebut mampu memanfaatkan informasi perubahan untuk mendapatkan keunggulan kompetitifnya di masa depan.” (RD. Jatmiko, 2003: 30)

Sondang P. Siagian dalam bukunya manajeman strategis menyebutkan bahwa, “Analisis SWOT bertujuan untuk menggambarkan kuantitas dan kualitas berbagai sumber daya atau mungkin dikuasainya untuk dimanfaatkan dalam rangka pelaksanaan strategi yang telah ditentukan.” (Sondang P. Siagian, 1998: 32)

 

Bagaimana Cara Membuat Analisis SWOT ?

Cara membuat analisis SWOT adalah simple yaitu dengan menyusun daftar pertanyaan berdasarkan dengan situasi yang perusahaan kamu hadapi ..

Simak contoh beberapa pertanyaan yang bisa dijadikan acuan :

  • Kekuatan (Strength )
  1. Apa kekuatan perusahaan kamu ? Keunggulan , perbedaan dengan perusahaan lain ?
  2. Apa yang membuat orang – orang tertarik dengan perusahaan kamu ?
  3. Apa sisi unik dari perusahaan kamu ?
  4. Kenapa orang harus membeli produk kamu ?
  • Kelemahan (Wekaness )
  1. Apa yang bisa ditingkatkan dari perusahaan kamu ?
  2. Bagaimana proses bisnis yang terjadi sampai closing ?
  3. Apa yang dirasakan konsumen saat membeli produk atau jasa perusahaan kamu ?
  4. Apa yang dapat membuat kerugian ?
  • Peluang (Opportunity )
  1. Kesempatan apa yang bisa ditimbulkan ?
  2. Apakah perusahaan kamu bisa untuk up to date dan mengikuti perkembangan zaman ?
  • Ancaman(Threat)
  1. Bagaimana kompetitor kamu ?
  2. Apa hambatan yang bisa menjadi gangguan ?
  3. Bagaimana inovasi perusahaan kamu ?
  4. Bagaimana dengan aturan pemerintahan dengan perusahaan kamu ?

 

Kira – kira seperti itu cara untuk menyusun daftar analisis SWOT. Namun semua itu masih bisa kamu kembangkan dengan tim kamu sesuai dengan kapasistas perusahaan.

Bagaimana ? sudahkah kamu paham dengan analisis SWOT ? jika masih belum …

kamu bisa simak penjelasannya di bawah ini …

 

Baca Juga : Jasa Accounting Service Terbaik di Indonesia

 

Jasa Konsultan Bisnis Perusahaan Untuk Analisis SWOT

Jika anda dan perusahaan anda mengalami sebuah kesulitan untuk melakukan analisis SWOT, maka kamu tidak perlu khawatir karena sudah berada di tempat yang benar.

Anda bisa meminta bantuan kepada kami Szeto Consultants untuk menangani permasalahan analisis perusahaan anda.

Jika perusahaan kamu mengalami kesulitan dalam pelaporan keuangan, pelaporan pajak, atau ingin pindah dari sistem manual menjadi digital kamu juga bisa menghubungi kami Szeto Consultants.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×

Belajar Accurate Cuma 25 Ribu

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate hanya 25 Ribu Rupiah.

Ambil Kelas