Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Mengenal Surat Ketetapan Pajak Nihil

1 min read

surat ketetapan pajak nihil

Surat ketetapan pajak nihil, adalah surat yang dikeluarkan ketika Anda membayar pajak yang terutang sesuai dengan jumlahnya atau ketika Anda tidak memiliki pajak terutang. Ketentuan mengenai Hal ini sudah diatur dalam pasal 17A.

Mengacu pada sumber kementrian keuangan. Berikut adalah penjabaran isi pasal 17A dari kementerian keuangan:

1. Direktur Jenderal Pajak, setelah melakukan pemeriksaan, menerbitkan Surat Ketetapan Pajak Nihil apabila jumlah kredit pajak atau jumlah pajak yang dibayar sama dengan jumlah pajak yang terutang, atau pajak tidak terutang dan tidak ada kredit pajak atau tidak ada pembayaran pajak.

2. Tata cara penerbitan Surat Ketetapan Pajak Nihil diatur dengan atau berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan.

Menurut ketentuan ini, Surat Ketetapan Pajak Nihil diterbitkan untuk:

  1. Pajak Penghasilan apabila jumlah kredit pajak sama dengan pajak yang terutang atau pajak yang tidak terutang dan tidak ada kredit pajak;

  2. Pajak Pertambahan Nilai apabila jumlah kredit pajak sama dengan jumlah paJak yang terutang, atau pajak tidak terutang dan tidak ada kredit pajak. Jika terdapat pajak yang dipungut oleh Pemungut Pajak Pertambahan Nilai, jumlah pajak yang terutang dihitung dengan cara jumlah Pajak Keluaran dikurangi dengan pajak yang dipungut oleh Pemungut Pajak Pertambahan Nilai tersebut; atau

  3. Pajak Penjualan Atas Barang Mewah apabila jumlah pajak yang dibayar sama dengan jumlah pajak yang terutang atau pajak tidak terutang dan tidak ada pembayaran pajak.

Bagaimana? apakah kalian sudah paham tentang apa itu surat ketetapan pajak? Demikianlah penjelasan singkat yang semoga dapat membantu kalian dalam memahami.

Jasa Lapor Pajak

Untuk Anda yang ingin perusahaannya melaporkan pajak bulanan dan tahunan, bisa menggunakan jasa kami Szeto Consultants.

Szeto consultants hadir untuk pelaporan pajak perusahaan – perusahaan di Indonesia.

Paket Szeto Priority memberikan kemudahan perusahaan dalam menyusun SOP, Digital Marketing, Accounting, dan Pelaporan pajak perusahaan.

Dengan szeto priority segala hal internal perusahaan dapat di handle dengan baik. Terutama dalam sisi accounting. Tunggu apalagi, segera konsultasikan terkait dengan layanan kami.

 

Sumber : Kemenkeu Go.ID

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas