Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Strategi Digital Marketing Bisnis Kopi

4 min read

strategi digital marketing bisnis kopi

Bisnis kopi dewasa kini memang tengah menjamur di masyarakat Indonesia. Khususnya anak muda sekarang ini banyak mencoba inovasi – inovasi di dalam bisnis kopi ini. Hal ini bagus karena akan memicu jiwa pengusaha pada anak – anak muda di Indonesia. Selain itu ini juga akan menguntungkan untuk petani kopi di Indonesia.

 

Ekonomi Indonesia yang semakin berkembang, menyebabkan pergeseran gaya hidup masyarakat di Indonesia. Kebiasaan meminum kopi di pagi hari dapat di manfaatkan betul oleh para pebisnis kopi dengan menyediakan kopi yang mudah dibawa dan dengan beragam varian rasa.

 

Tidak hanya itu, saat ini coffee shop juga semakin menjamur di Indonesia. Pekerjaan harian yang membuat lelah membuat orang – orang banyak menghabiskan di cafe – cafe untuk sekedar mengobrol, makan, dan ngopi.

 

Banyaknya coffee shop dan bisnis kopi lainnya di Indonesia, semakin membuat persaingan bisnis menjadi lebih sulit. Kualitas produk menjadi kunci pembeda dari tiap – tiap bisnis kopi yang ada.

 

Selain itu yang perlu diperhatikan adalah target pasar yang perlu direncanakan. Target siapa yang akan membeli produk anda, dari kalangan mana mereka berasal. Inilah strategi yang harus diperhitungkan dengan matang. Para pengusaha harus membuka mata bahwa strategi yang harus diperhitungkan adalah strategi digital marketing.

 

Anda pengusaha tidak perlu khawatir, kami sudah siapkan Tips dan Strategi Digital Marketing untuk bisnis kopi anda. Simak ulasannya…

 

 

 

Tips & Strategi Digital Marketing Bisnis Kopi

 

Untuk kalian yang berencana buat meningkatkan bisnis coffee shop lewat strategi digital marketing, ikuti sebagian panduan strategi digital marketing bisnis kopi berikut ini.

 

1. Buat Konsep Coffee Shop

 

Sebelum memutuskan untuk melakukan promosi kepada calon pelanggan melalui sosial media, email, maupun yang lain. Pastikan dahulu kamu memiliki konsep yang jelas. Gali dulu masalah apa yang ada lalu selesaikan masalah tersebut dan sampaikan kepada calon pelanggan melaui promosi.

 

Sehingga pelanggan yang datang tidak hanya menikmati kopi dan makan saja, tetapi juga hanyut dalam konsep yang kamu buat pada bisnis kopi kamu. Pelanggan akan nyaman berada dalam coffee shop kamu, dan bukan tidak mungkin mereka akan kembali lagi.

 

Cara yang mudah untuk menghasilkan konsep coffee shop yang menarik adalah dengan meningkatkan keunikan pada coffee shop kamu. Pastikan coffee shop kamu memiliki keunikan yang berbeda dengan tempat lain. Sulit memang menemukan ide tapi dengan beragam perjalanan pasti ketemu konsepnya.

 

Buat konsep dengan jelas, apakah coffee shop ini bisa digunakan untuk tempat orang berfoto – foto, atau tempat untuk menenangkan dirinya, atau tempat untuk berkumpul , bisa juga tempat untuk orang bekerja atau mengerjakan tugas.

 

2. Ciptakan Cita Rasa Kopi Yang Khas

 

Membangun bisnis coffee shop tidak cuma hanya menghasilkan konsep yang unik serta menarik, namun pula wajib sanggup menonjolkan cita rasa yang unik pada tiap kopi yang disajikan. Mutu serta rasa jadi perihal yang sangat berarti buat dicermati oleh tiap owner bisnis coffee shop.

 

Terlebih dikala ini banyak wisatawan yang bahagia mengabadikan momen dikala terletak di coffee shop dengan metode memposting potret- potret minuman serta santapan maupun gambar menu- menu di coffee shop tersebut. Perihal ini pasti dapat jadi kesempatan buat meningkatkan bisnis kalian hendak terus menjadi diketahui oleh sasaran pasar.

 

Artikel yang diunggah oleh wisatawan lewat media sosial dapat jadi strategis marketing free yang tidak boleh kalian sepelekan. Artikel tersebut malah secara tidak langsung bisa jadi media buat mempromosikan coffee shop kalian.

 

3. Mempercantik Design Feed Social Media

 

Walaupun artikel wisatawan dapat jadi media promosi free, tetapi kalian tidak dapat tergantung seluruhnya. Promosi tidak langsung yang dicoba oleh wisatawan hendak percuma bila akun media sosial coffee shop kalian tidak nampak atraktif ataupun apalagi tidak aktif. Perihal ini pasti dapat berikan evaluasi negatif pada coffee shop kalian.

 

Salah satu panduan strategi digital marketing bisnis kopi yang dapat kalian jalani merupakan membuat cantik tampilan feed akun media sosial, spesialnya Instagram yang sering jadi media sosial utama. Bila sasaran pasar coffee shop kalian merupakan generasi milenial ataupun pengguna media sosial aktif, hingga strategi ini dapat menolong memperluas jangkauan kalian.

 

Oleh sebab itu, sangat disarankan buat membuat akun media sosial dengan nama akun serta isi konten yang atraktif sehingga bisa menarik atensi pengguna media sosial yang lain. kalian dapat memilah tema tertentu yang cocok dengan konsep coffee shop supaya nampak senada serta menarik.

 

 

Baca Juga : Baca 5 Strategi Penjualan Berikut Ini Sebelum Memulai Bisnis

 

 

4. Boleh Kok Pakai Influencer ..

 

Strategi digital marketing bisnis kopi berikutnya yang dapat kalian jalani merupakan dengan menggunakan influencer buat memperluas jangkauan sasaran pasar. Trik yang satu ini telah banyak digunakan oleh para pebisnis, tidak cuma owner bisnis coffee shop saja. Pasti strategi menggunakan influencer ini telah teruji jitu.

 

kalian dapat memilah influencer yang memanglah fokus di bidang kuliner serta pastinya telah mempunyai banyak followers di Instagramnya. Dengan begitu, hendak terdapat banyak pelanggan baru yang merasa penasaran dengan coffee shop kalian. Strategi ini pula sekalian bisa tingkatkan engagement media sosial coffee shop.

 

5. Kasih Promo dan Penawaran Menarik Boleh – Boleh Aja

 

Tidak hanya fokus pada pengembangan media sosial buat memperluas jangkauan sasaran pasar, kalian pula dapat membagikan tawaran serta promo menarik secara teratur supaya pelanggan terus menjadi tertarik buat tiba ke coffee shop kalian. Ada pula tawaran tersebut dapat berbentuk diskon member, promo diskon hari besar ataupun diskon bulanan, sampai giveaway.

 

Strategi yang satu ini telah banyak dicoba oleh para owner coffee shop. Jadi, tidak terdapat salahnya kalian pula melaksanakan perihal seragam. Dengan begitu, hingga tingkatan penjualan di coffee shop kalian dapat bertambah. Tetapi, yakinkan kalian telah melaksanakan perhitungan terpaut tawaran serta promo ini, ya.

 

6. Oh Iya, Jangan Lupa Google MyBusiness di Setting

Nyatanya Google Bisnisku bisa dimanfaatkan selaku strategi digital marketing bisnis kopi, lho. Dengan mengklaim profil di Google Bisnisku, hingga peluang coffee shop kalian dapat menduduki taman paling atas Google jadi terus menjadi besar. Terlebih di Google Bisnisku ada bermacam data berarti tentang coffee shop kalian.

 

Ada pula data yang hendak dikumpulkan oleh Google antara lain merupakan alamat serta petunjuk arah, kontak yang dapat dihubungi, web website, jam buka, review dari pelanggan, jam kesukaan wisatawan, sampai persoalan yang sering ditanyakan terpaut coffee shop kalian.

 

Metode buat klaim profil di Google Bisnisku pula lumayan gampang. kalian cuma butuh mendatangi web Google Bisnisku serta setelah itu masukkan data yang diperlukan. Setelah itu kalian hendak dimohon buat melaksanakan verifikasi. Sehabis sukses, hingga kalian dapat meningkatkan data lebih perinci, semacam catatan menu, sarana, sampai jam operasional.

 

7. Ada Budget Lebih, Nyoba Iklan Aja

 

Supaya jangkauan sasaran pasar coffee shop lebih luas, hingga kalian dapat memakai iklan di Facebook Ads. Platform iklan ini dapat jadi media promosi yang mutahir serta pastinya gampang buat dicoba. Terlebih Facebook Ads menawarkan fitur iklan, dimana kalian dapat memastikan sasaran pasar secara khusus, mulai dari umur, posisi, sampai atensi tertentu.

 

 

Baca Juga : Promosi Bisnis Kopi di Sosial Media Agar Omset Meningkat

 

 

 

Bagaimana Dengan Strategi Digital Marketing Untuk Bisnis Kamu ?

 

Sampai disini dulu penjelasan mengenai strategi digital marketing bisnis kopi yang bisa kamu lakukan untuk semakin membuat maju usaha kopi mu. Pastikan kamu mengikutinya steps by step dan lakukan pengamatan dari tiap step yang sudah dijalani. Semoga membantu ..

 

Selamat mencoba …

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×

Belajar Accurate Cuma 25 Ribu

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate hanya 25 Ribu Rupiah.

Ambil Kelas