Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Apa Itu Jenis File PSD? Pengertian, Kelebihan dan Kekurangan

1 min read

psd adalah

PSD Adalah – Dalam era perkembangan saat ini sudah pasti Kamu atau orang yang berkecimpung dalam dunia teknologi tidak asing lagi dengan file milik adobe photoshop ini, yaitu PSD. Tetapi kalian tau gak si tentang pengertian lebih dalam tentang PSD itu sendiri?

Jangan – jangan kalian malah tidak tahu sama sekali tentang singkatannya. Nah untuk lebih paham lebih dalam lagi, langsung aja simak pembahasannya dibawah ini ya.

Pengertian PSD

PSD adalah singkatan dari photoshop document, secara umum adalah file format asli dokumen yang dihasilkan oleh adobe photoshop.

Sedangkan PSD sendiri secara bahasa adalah salah satu dari beberapa jenis file yang sepenuhnya mendukung semua fitur canggih yang Photoshop memberi kita, seperti lapisan, lapisan pelindung, lapisan penyesuaian, saluran, jalan, dan sebagainya. Hal ini juga berfungsi sebagai file Kamu bekerja.

Jika kita membuka gambar di Photoshop, terlepas dari jenis file gambar itu awalnya menggunakan, Photoshop sementara mengubahnya menjadi sebuah file PSD belakang layar sehingga kita dapat bekerja di atasnya dengan semua, Photoshop perintah perangkat dan fitur yang kita miliki.

Baca Juga : Apa Itu Class Diagram : Ketahui Penjelasan Lengkapnya

Kelebihan File Format PSD

PSD memiliki beragam kelebihan yang dapat kamu nikamti, yaitu:

  1. Format file PSD merupakan format file terbaik sebagai file master atau dengan kata lain jika kamu ingin melakukan pengarsipan ke CD atau hard drive eksternal, file ini cenderung aman dan stabil.
  2. Format file PSD dapat di buka dan di edit kembali di waktu yang lain. Tidak peduli berapa kali kamu membuka dan menyimpan file PSD, hasil editan kamu tidak akan hilang dari segi layer maupun bentuk lain seperti tambahan teks dan opacity. Sehingga dengan adanya hal ini memungkinkan kamu bekerja secara bertahap tanpa perlu mengulangi kembali dari awal pada setiap sesi kerja.
  3. Jika kamu ingin mencetak foto pada dokumen PSD, kamu bisa secara langsung melakukannya dari photoshop. Namun jangan lupa untuk memastikan bahwa printer yang kamu gunakan sudah mendukung format PSD.
  4. PSD memberikan kemudahan untuk kamu untuk membuka melalui InDesign. Kamu dapat melakukan perubahan dan mengupdate susunan gambar ataupun mengubah tata letak dengan lebih mudah kemudian menyimpannya kembali.

Baca Juga : Loss Prevention Adalah : Simak Penjelasan Lengkapnya

Kekurangan PSD

Sebagai salah satu format file terbaik, PSD tetap mempunyai kekurangan. Diantaranya :

  1. Format file PSD mempunyai ukuran yang sangat besar
  2. Karena format filenya sangat besar hal ini menimbulkan masalah karena kamu harus membuat ratusan lapisan untuk gambar tertentu. Namun kamu masih bisa menangani masalah ini degan mengakomodasi file-file dokumen photoshop yang dibutuhkan.
  3. file PSD kadang tidak bisa digunakan pada software design lainnya.

 

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas