Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Perbedaan Financial Statement dan Financial Report Perusahaan

1 min read

perbedaan financial statement dan financial report

Perbedaan financial statement dan financial report. Dalam ilmu akuntansi terdapat 2 istilah tentang financial, yaitu financial statement dan financial report.

Untuk orang yang belum terlalu paham mungkin menganggap hal ini adalah hal yang sama. Tetapi pada kenyataannya hal ini merupakan hal yang berbeda.

Dalam artikel kali ini, kita akan coba membahas tentang perbedaan financial statement dan financial report perusahaan.

Penjelasan terkait dengan financial Statement bisa Anda baca pada ulasan berikut ini, Hal ini wajib Anda baca terlebih dahulu agar paham dengan perbedaan financial statement dan financial report

Baca Juga : Financial Statement Adalah: Pengertian, Komponen dan Tujuannya.

Financial Report

Financial report atau pelaporan keuangan adalah output sampingan yang mendukung penggunaan financial statement.  Maksudnya adalah suatu laporan keuangan yang ditambah dengan informasi-informasi lain yang berhubungan, baik itu yang langsung maupun yang tidak langsung dengan informasi yang disediakan oleh sistem akuntansi keuangan, seperti informasi mengenai sumber daya perusahaan.

Financial reporting ini dibuat hanya untuk tujuan internal. Pelaporan keuangan ini meliputi segala aspek yang berkaitan dengan penyediaan dan penyampaian informasi keuangan.

Jenis Financial Report

Karena sifatnya flexibel financial report tidak memiliki jenis – jenis tetap yang Ada. Hal hal yang menyangkut dengan financial report adalah sebagai berikut :

·         Profil Perusahaan

·         Ikhtisar Saham

·         Pembahasan Hasil Kinerja Keuangan

·         Laporan Keuangan Konsolidasi

·         Data Perusahaan

Financial reporting ada dalam annual report, karenanya beberapa orang juga menganggap financial report sebagai annual report.

Hal ini sangat berguna untuk pendamping financial statement karena akan menjadi bahan tambahan bagi manajemen atau pihak lain seperti investor.

Tujuan Adanya Financial Report

Tujuan dari adanya financial report ini adalah untuk memberikan informasi tentang kinerja keuangan dan kondisi keuangan suatu perusahaan kepada pemilik kepentingan. Financial reporting juga dapat membantu orangorang dalam membuat keputusan investasi yang bijaksana.

Informasi tentang financial reporting juga dapat digunakan oleh manajemen untuk mengidentifikasi masalah keuangan dan mengembangkan strategi untuk mengatasi masalah tersebut. Financial reporting juga dapat digunakan oleh auditor untuk mengevaluasi kepatuhan perusahaan terhadap standar akuntansi yang berlaku.

Kesimpulan

Baik itu Financial statement ataupun Financial report, sangat penting untuk dimiliki sebuah perusahaan.

Dalam konteks bisnis, financial statement adalah informasi keuangan yang disediakan oleh suatu perusahaan dan perusahaan akan melaporkan laporan keuangan pada waktu tertentu memperlihatkan kondisi keuangan dan kinerja perusahaan. Sedangkan Prosesnya pada pelaporan laporan keuangan perusahaan dikenal dengan istilah financial reporting.

Untuk memiliki financial statement dan financial report perusahaan yang akurat, dibutuhkan tenaga professional yang tidak hanya dapat membuat laporan tersebut namun juga membacakan dan menjelaskan kepada pemilik bisnis mengenai laporan tersebut.

Szeto Consultants dipercaya ratusan pemilik bisnis dalam membuat financial statement ataupun financial report sehingga membantu mereka untuk mengambil tindakan dan keputusan penting demi kemajuan dan perkembangan perusahaan .

Tunggu apa lagi? Coba konsultasikan sekarang juga.

Konsultasi Sekarang

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas