Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Pembukuan Online Shop : Laporan Keuangan, dan Aplikasinya

2 min read

pembukuan online shop

Pembukuan online shop, saat ini banyak diantara kita menggunakan online shop sebagai ladang untuk mencari rezeki. Zaman yang mulai berubah memaksa kita untuk terus berubah dan berbenah.

Pertanyaanya sudahkah anda berbenah di zaman yang serba modern saat ini?

Online shop menjadi destinasi wisata para wanita disaat mereka bingung mau ngapain, hal inilah yang harus kita manfaatkan. Kita harus membuat sebuah produk yang berkualitas untuk dijual menggunakan online shop.

Sebenarnya tidak hanya wanita ya, baik itu pria, anak – anak, orang tua hampir semuanya menggunakan online shop.

Pada artikel kali ini, saya ingin mencoba untuk membagikan tips dalam melakukan pembukuan untuk online shop anda.

Pembukuan Online Shop

Sebelum masuk ke pembukuan online shop, kamu harus paham apa itu pembukuan. Jika kamu sudah paham tentang apa itu pembukuan maka selanjutnya adalah memahami bahwasannya, pembukuan itu penting, apalagi untuk kamu yang bergelut di dunia online shop.

Manfaat nyata dari pembukuan online shop

  • Melindungi uang bisnis

Dengan adanya pembukuan semuanya menjadi rapi, termasuk uang yang  kamu khususkan untuk bisnis. Dan semuanya perlu kamu catat dalam sebuah laporan keuangan.

  • Mengontrol uang kemana keluar, atau dibelanjakan

Kamu bisa mengendalikan keuangan bisnis, karena tau kemana uang keluar dan darimana uang masuk.

  • Analisa sumber penghasilan

Dengan adanya pembukuan pada online shop kamu, kamu dapat dengan mudah untuk melakukan analisa bisnis terkait penghasilan bisnis perusahaan kamu.

  • Dasar pengambilan keputusan

Dengan adanya pembukuan kamu bisa menentukan keputusan apa yang akan kamu ambil terkait dengan bisnis kamu kedepannya.

  • Menigkatkan kepercayaan investor

Pembukuan yang rapi dapat menjadi sesuatu yang berharga untuk di show kepada calon investor. Dengan adanya ini maka akan meningkatkan kepercayaan calon investor terhadap bisnis yang kamu punya.

  • Tahu pertumbuhan ekonomi bisnis

Grapik dari per kuartal, atau per bulan menjadi makanan kamu jika kamu melakukan yang namanya pembukuan. Kamu dapat dengan mudah mengerti tentang laju ekonomi bisnis mu.

Laporan Keuangan Pembukuan Online Shop

Untuk membuat sebuah laporan keuangan pembukuan online shop ada 3 cara,

  1. Dicatat Manual

Cara dasar yang paling bisa kamu gunakan adalah dengan mencatatnya, cara ini masih efektif jika online shop kamu masih di bangun atau dalam tahap menuju besar.

Masalah akan datang jika online shop mu tiba – tiba banjir, banjir order maksudnya. Kamu akan kewalahan dan ada baiknya kamu move on ke pencatatan yang lebih komputerisasi.

Kelemahannya adalah, mudah hilang dan tidak ada backup.

  1. Menggunakan Excel

Menggunakan excel sedikit lebih baik, daripada menggunakan model manual. Karena apa? data akan tersimpan rapi dan kamu bisa akses dimanapun bahkan menggunakan smartphone atau tablet.

Kamu juga bisa menggunakan setidaknya forecasting untuk melakukan analisa peramalan dalam keuangan.

  1. Menggunakan Software

Untuk online shop kamu yang sudah besar, kamu bisa menggunakan software akuntansi. Ada banyak software akuntansi tapi yang rekomendasi akan dibahas setelah ini.

Keuntungannya menggunakan software akuntansi adalah, dapat diakses dimana saja, dan sajian data yang disajikan sangat memudahkan kamu kedepannya.

Kelemahannya ya itu … Mahal.

Tapi yang namanya mahal pasti ada harganya, fitur yang kamu dapatkan seimbang dengan harga yang kamu bayarkan.

Software Akuntansi Online Shop

Ada beberapa software akuntansi yang dapat kamu gunakan, salah satu rekomendasi terbaik kami adalah Accurate.

Beberapa diantaranya adalah fitur – fitur dari Accurate Online yang ter integrasi dengan Marketplace,

Smartlink

Smartlink merupakan fitur terbaru pada Accurate Online yang sudah terintegrasi dengan marketplace terbesar di Indonesia yakni Tokopedia dan Shopee.

Dengan mengintegrasikan database Accurate Online Anda ke kedua marketplace tersebut maka Anda bisa melakukan import transaksi penjualan yang sudah selesai menjadi sebuah faktur penjualan di Accurate Online. Jadi ini akan memudahkan dalam proses pembukuan, karena Anda sudah menyimpan faktur penjualan yang bisa digunakan di Accurate Online.

Klaim Pelanggan dan Vendor

Memudahkan kita untuk barang yang kadang dikembalikan oleh customer, Accurate Online menyediakan penukaran barang yang rusak yang masih dalam masa garansi.

Setelah itu Kamu bisa mengisi form klaim pelanggan pada Accurate Online dan jika barang ditukar maka Anda sebagai pemilik toko di marketplace bisa mengisi form klaim pelanggan dan memilih data terima barang yang sudah Anda buat sebelumnya.

Fitur Pengepakan Barang

Hasil dari modul ini akan keluar daftar barang dengan summary jumlah untuk semua delivery order dan juga sales invoice. Jika Kamu memiliki staff gudang, maka ini akan memudahkan staff Anda dalam mempersiapkan barang yang akan di kirim.

Siap Membuat Pembukuan Usaha Online Shop Kamu?

Kamu sudah siap dan tidak sabar untuk membuat pembukuan usaha online shop kamu?.

Baguslah kalau seperti itu.

Kebetulan, kami ingin memberikan kabar ke kamu bahwasannya, kamu berhak untuk mendapatkan bantuan dalam pembukuan untuk usaha kamu. Sehingga kamu bisa sepenuhnya fokus pada bisnis plan hari ini dan kedepannya.

Menarik bukan, coba klik disini untuk info lebih lengkap.

 

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
×

Belajar Accurate Cuma 25 Ribu

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate hanya 25 Ribu Rupiah.

Ambil Kelas