Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Operator Assembling : Pengertian, Tugas & Tanggung Jawab

2 min read

Hallo gaes, balik lagi nih kita ingin coba ngebahas tentang sesuatu yang bernama operator assembling, mungkin sebagian dari kalian sudah tau ya tentang pekerjaan yang satu ini, tapi gimana dengan orang yang baru lulus? mungkin sebagian dari mereka masih bingung dengan pekerjaan yang satu ini. Yuk mari kita bahas satu per satu.

Dalam sebuah manufaktur industri, ada yang namanya operator assembling, tidak selalu si tapi kebanyakan ada. Tugas dari operator assembling adalah merakit komponen atau bahan material pada produk agar menjadi satu kesatuan sebuah hasil produksi.

Operator assembling adalah salah satu profesi pekerja atau karyawan dalam sebuah pabrik industri yang bekerja secara khusus di divisi produksi bagian assembling produk.

Bedah satu per satu yuk.

Baca Juga : Pool Attendant : Tugas dan Tanggung Jawab Yang Harus Dilakukan

Pengertian Operator Assembling

Assembling memiliki arti merakit, bisa dikatakan juga perakitan atau pemasangan. Apa yang dipasang ataupun dirakit adalah salah jenis bahan atau material produk agar menjadi satu kesatuan hasil produksi.

Karena hampir tidak semua hasil produksi adalah sebuah satu jenis bahan atau material komponen produk. Sehingga antara komponen satu dengan yang lainnya harus dirakit untuk menjadi satu kesatuan dalam hasil produksi.

Bingung?

Contohnya ada kok :

  • Produksi elektronik memerlukan seseorang pada bagian ini untuk merakit komponen elektronik pada PCB dengan solder
  • Produksi Baju pakaian membutuhkan seseorang pada bagian ini untuk memasang kancing baju, resleting baju, dan lainnnya.
  • Produksi Otomotif transportasi membutuhkan seseorang pada bagian ini untuk memasang atau merakit komponen pada mesinnya.
  • Produksi jenis ban membutuhkan seseorang pada bagian ini untuk menambahkan atau merakit material ban menjadi satu unit raw cover atau bentuk ban mentah.
  • Dan masih banyak lainnya

Sudah paham tentang hal ini?

Langsung masuk ke tugas dan tanggung jawabnya ya.

Baca Juga : Operator Boiler Adalah : Tentang Tugas & Tanggung Jawabnya

Tugas dan Tanggung Jawab Operator Assembling

Dalam sebuah pekerjaan ada yang namanya tugas dan tanggung jawab, dalam hal ini kita coba berikan beberapa tugas dan tanggung jawab dari seorang operator assembling

  • Olahraga

Pasti dari kalian bingung kenapa olahraga kok menjadi tugas dan tanggung jawab ya, hhha. Dalam perusahaan bisa jadi ini menjadi sebuah prosedur tersendiri untuk menghindari karyawannya sakit atau cedera. Olahraga sama dengan mengurus dirinya sendiri, bagaimana ia bisa bekerja kalau ia tidak mengurus dirinya sendiri? betul nggak sih?

  • Briefing Pagi

Fokus untuk menjadi pendengar yang baik harus dilakukan ketika melakukan briefing, penting untuk memahami apa yang perlu dikerjakan pada hari ini dan apa yang menjadi tanggung jawab dari dirinya sebelum bekerja.

  • Fokus Kerja Pada Area Kerja

Setelah mendengarkan Briefing, Sebagai seorang Operator Assembling menuju ke Area kerja sesuai Instruksi dari Pimpinan Group atau Section  untuk melakukan hal – hal sesuai rutinitas setiap hari sebagai seorang pekerja di bagian Assembling.
Adapun job pekerjaan utama sebagai seorang Operator Assembling di pabrik Industri adalah sebagai berikut :
  1. Menerima bahan atau barang produk setengah jadi dari proses produksi sebelumnya.
  2. Melakukan pengecekan kondisi barang setengah jadi tersebut sesuai dengan standart produksi baik secara spec maupun size produk.
  3. Menambahkan bahan atau material atau komponen berikutnya pada produk tersebut menjadi barang setengah jadi atau barang jadi.
  4. Mengirim barang produk tersebut ke proses produksi berikutnya.
  • Laporan Kerja

Layaknya kuliah gaes, kalian perlu juga untuk bisa membuat laporan dari apa yang kalian kerjakan, laporannya bukan seperti laporan skripsi kok, biasanya hanya checklist job yang perlu kalian isi tentang apa yang sudah dikerjakan dan apa yang belum dikerjakan.

Baca Juga : Operator Cutting : Apa itu? Simak Penjelasan Lengkapnya

Gaji Operator Assembling

operator assembling
gaji operator assembling
Gaji yang didapat oleh seorang operator assembling bisa mencapai UMK atau UMR dari masing – masing daerah di Indonesia. Bisa jadi untuk masing – masing daerah atau perusahaan memiliki kebijakannya sendiri – sendiri ya gaes. Jadi pastikan hal ini menjadi concern untuk kalian.

 

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas