Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Cara Meningkatkan Skill Akuntansi Kamu, Wajib Baca

3 min read

meningkatkan skill akuntansi

Era modern dan serba digital ini, memang menuntut persaingan kerja yang kian ketat. Para pebisnis maupun sebuah perusahaan akan men-seleksi dengan begitu ketat calon kandidat yang akan bekerja bersama dengan mereka.

Kandidat yang dipilih bukan hanya kandidat yang memiliki nilai yang tinggi di semua mata pelajaran kuliah maupun sekolah, melainkan adalah mereka yang memiliki keahlian khusus di bidang yang mereka tekuni.

Terkhusus untuk para Akuntan, di kesempatan kali ini kami akan coba memaparkan, cara meningkatkan skill akuntansi kamu.

Simak ulasannya berikut ini …

 

Cara Meningkatkan Skill Akuntansi

Sebagai orang yang ingin bekerja sebagai akuntan, hal pertama yang perlu kalian dalami adalah ilmu organisasi yang baik, karena itu akan meningkatkan kemampuan kalian dalam meng-organisir berbagai hal.

selanjutnya adalah kamu juga harus teliti, memiliki fokus yang tinggi, serta mampu melakukan komunikasi dengan baik.

Selain itu, Kamu juga harus bisa problem solving dengan  baik, memiliki kemampuan manajemen waktu yang bagus, berpikir analitis dan sistematis, dan bijak dalam mengambil keputusan.

Beberapa diantaranya diatas sudah disebutkan, lantas apa saja hal – hal yang semakin membantu kamu dalam meningkatkan skill akuntansi berikut beberapa cara meningkatkan skill akuntansi yang dapat kamu coba .

 

  1. Membuat Rencana Kerja Yang Matang

Agar dapat melakukan pekerjaan akuntansi kamu dengan baik, kamu harus mempersiapkan segalanya dengan matang, bisa mulai dari jadwal hari ini apa yang akan kamu kerjakan, bisa kamu tulis di note atau di komputer kamu.

Dengan seperti itu kamu akan terbiasa rapi dan matang dalam mengerjakan sesuatu hal, hal itu juga dapat meningkatkan fokus dan ketelitian kamu dalam bekerja.

Ada berbagai macam software yang bisa membantu kamu dalam melakukan hal ini, contoh ada notion, clickup, dan lain sebagainya.

  1. Berfikir Kreatif

Jika kamu ingin menjadi seorang pebisnis, maka berfikir kreatif adalah salah satu yang wajib kalian kuasai. Sama halnya dengan pebisnis, menjadi seorang akuntan juga dituntut untuk berfikir secara kreatif.

Dengan begini jika nanti pada suatu saat ada sebuah problem pada pekerjaan yang kamu lakukan maka kamu tau dan menemukan solusi untuk masalah kamu tersebut.

  1. Bermain game

Bermain game bisa membuat kinerja otak kamu menjadi meningkat. Dilansir dari laman sciencedaily.com, saat kamu melakukan aktivitas bermain game, maka kamu akan terus fokus pada game tersebut dan membuat otak menjadi fokus. Zaman sekarang ini untung saja sudah banyak game dengan tema akuntansi.

Game berkaitan dengan solusi penyelesaian masalah. Dengan hal tersebut kamu bisa menjadi lebih terampil lagi dalam melakukan problem solving, jika ini terjadi maka produktivitas kamu akan meningkat sebesar 12%.

Yang perlu diperhatikan adalah kamu perlu membatasi diri dan tidak terjebak terlalu lama dalam bermain game. Karena hal ini dapat menyebabkan mata kamu lelah.

Yang terjadi nanti kamu malah tidak bekerja dan asyik bermain game. Hehe

  1. Take a breath

Jangan terlalu memporsir diri kamu dengan aktivitas kantor atau tugas – tugas yang banyak. Berhenti sejenak .. Ambil nafas.. lalu diam saja selama 25 menit tanpa aktivitas. Ini dinamakan meditasi.

Yap coba untuk melakukan meditasi selama 25 menit atau jika tidak bisa selama 25 menit kamu bisa melakukannya dalam beberapa menit.

Lakukan setiap hari, konsisten dan rasakan efeknya. Kemampuan konsentrasi kamu akan meningkat. Hal ini karena kamu berhasil untuk fokus diam saja dalam waktu yang sudah ditentukan. Jika konsentrasimu bagus maka pengerjaan tugas – tugas akuntansi sudah pasti akan ikut bagus juga.

  1. Manajemen Waktu

Berbicara mengenai manajemen waktu, ini juga dapat meningkatkan skill akuntansi kamu. Terdapat teknik yang bagus untuk melakukan manajemen waktu, yaitu Podomoro time.

Podomoro time cara kerjanya sangat sederhana, kamu cukup fokus pada 25 menit dalam mengerjakan sesuatu dan jika sudah 25 menit maka coba istirahat selama 5 menit.

Jika kamu berhasil melakukannya dalam 4 kali kesempatan atau total waktu 100 menit, kamu bisa untuk beristirahat selama 15-20 menit. dan terus lakukan kebiasaan ini sepanjang hari.

Jika berhasil hal ini akan meningkatkan kreativitas dan fokus kamu.

  1. Intropeksi Diri dan Coba Ubah Kebiasaan Buruk

Banyak dari kita perlu hening sejenak dan melakukan intropeksi diri. Sudahkah apa yang kita lakukan benar atau apa yang kita anggap benar sebenarnya malah tidak benar ?. Hal ini perlu direnungi bersama …

Coba untuk cari kebiasaan buruk kamu yang membuat semuanya berantakan, lalu coba ubah kebiasaan kamu tersebut dengan kebiasaan yang baik seperti lari pagi, sholat tahajud, sholat dhuha, atau meningkatkan ibadah sesuai dengan kepercayaan kalian masing – masing.

Memanglah tidak mudah untuk mengubah kebiasaan namun ini bisa kamu jalankan secara perlahan – lahan, karena berdasarkan studi yang dilakukan perlu waktu sampai 18 – 254 hari untuk mengubah kebiasaan. Dengan mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik kamu tidak hanya meningkatkan fokus dan konsentrasi tetapi kamu secara tidak langsung juga mengubah nasib. Karena manusia dapat mengubah nasibnya hanya dengan mengubah kebiasaannya.

  1. Selalu Mengikuti Perkembangan Zaman

Langkah meningkatkan skill akuntansi kamu selanjutnya adalah Up to Date. Kadang kala kita fokus sekali dengan model akuntansi yang selalu mencatat di kertas dan menghitungnya dengan kalkulator padahal di zaman sekarang ini ada banyak software pendukung untuk akuntansi contohnya ada Accurate, Jurnal, Zahir, dan masih banyak lagi.

Jangan terpaku dengan model akuntansi yang dicatat dan cobalah untuk explore menggunakan software, karena zaman sekarang ini perusahaan ingin semuanya serba cepat.

Lagian dengan kita menggunakan software kita tidak akan kehilangan yang namanya data atau apapun itu karena semua tersimpan secara online.

 

Baca Juga : Belajar Akuntansi Dengan Mudah Menggunakan Software

 

  1. Mengikuti pembelajaran online

Guna meningkatkan skill akuntansi kamu lebih matang lagi kamu bisa dengan mengikuti pembelajaran online.

Ada banyak kamu bisa ikut bootcamp, kamu bisa ikut online course, atau kamu bisa membaca berbagai macam ebook yang ada di Internet yang sesuai dengan akuntansi.

Keuntungan lainnya adalah kamu bisa mengenal orang – orang yang sevisi dengan kamu karena biasanya pembelajaran online akan menyediakan komunitas untuk saling berinteraksi dan bertanya jawab mengenai permasalahan satu sama lain.

Hal lain adalah kamu bisa dapat sertifikat yang bisa kamu gunakan sebagai modal untuk melamar pekerjaan ataupun hal lainnya.

  1. Evaluasi Diri dan Kinerja

Terakhir dalam meningkatkan skill akntansi kamu adalah kamu perlu untuk selalu meng-evaluasi diri kamu.

Apakah cara – cara diatas sudah kamu lakukan ? …

Apakah kamu sudah benar – benar membuang kebiasaan buruk kamu ? …

Apakah kamu sudah benar – benar memanajemen waktu dengan baik ? …

Sudahkan kamu belajar dengan giat lagi ? ..

Kira – kira seperti itu, terus lakukan evaluasi diri dan kinerja dalam waktu tertentu tergantung kamu. Bisa dalam jangka waktu satu bulan, satu minggu, atau dua minggu, yang jelas evaluasi itu penting.

Jadi, Sudah Siap Untuk Meningkatkan Skill Akuntansi Kamu ?

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan skill akuntansi kamu. Yang mana kami harap hal tersebut dapat bermanfaat.

Tetap bersemangat dan pantang menyerah dalam meraih apapun, dan ingat jaga kebiasaan baik kamu dan buang kebiasaan buruk kamu..

 

Terimakasih ..

 

 

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×

Belajar Accurate Cuma 25 Ribu

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate hanya 25 Ribu Rupiah.

Ambil Kelas