Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Belajar Akuntansi Dengan Mudah Menggunakan Software

2 min read

belajar akuntansi software

Di zaman yang serba digital ini, ada baiknya kamu menggunakan kemampuan kamu untuk mempelajari dunia baru dalam akuntansi.

Secara garis besar akuntansi adalah sebuah seni dan proses dalam pencatatan transaksi keuangan untuk kepentingan laporan kepada pemilik atau investor.

Sementara menurut para ahli, akuntansi didefinisikan sebagai suatu pengukuran, pemrosesan, komunikasi informasi kepada perusahaan.

Jika kita melihat lebih dalam tentang akuntansi, hal ini sudah dapat kita jumpai di banyak perusahaan di Indonesia yang hampir semuanya menggunakan software akuntansi untuk proses transaksinya. Mulai dari pemasukan, pengeluaran dan sebagainya.

Itulah kenapa sebaiknya kamu segera paham dalam menggunakan software akuntansi.

Ada banyak software akuntansi yang bermunculan disana namun untuk saat ini yang paling banyak digunakan adalah Accurate.

 

Kenapa Kamu Harus Belajar Akuntansi ?

Sebenarnya kata akuntansi sendiri kan sudah tidak asing ditelinga kita, pembelajaran di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) pun ada jurusan akuntansi.

Kalau ditanya kenapa kamu harus belajar akuntansi ? jawaban yang paling tepat untuk menggambarkan adalah karena setiap dari kehidupan kita pasti ada bagian akuntansinya.

Ilmu akuntansi sendiri banyak dibutuhkan di dunia pekerjaan, dengan mempelajarinya kamu bisa menjadi seorang accounting, menjadi seorang audit perusahaan, dan bahkan bisa menjadi seorang financial analyst untuk sebuah perusahaan.

 

Konsep Dasar Akuntansi

Belajar akuntansi yang pertama yaitu dengan memahami konsep dasarnya terlebih dahulu, yaitu mencatat, mengklasifikasi, mengolah dan menyajikan data serta kejadian yang berhubungan dengan keuangan. 

Setelah itu ada baiknya kamu memahami persamaan dasar akuntansi. Secara umum persamaan dasar akuntansi adalah hubungan antara harta, uang, dan modal yang dimiliki perusahaan. Sehingga semua ini dapat menjadi kesatuan yang menjadi acuan dalam analisis laporan keuangan.

Sebenarnya belajar akuntansi itu mudah, yang terpenting adalah kamu paham dengan konsep dasar akuntansinya. Tujuan dari persamaan dasar akuntansi adalah sebagai dasar dari pencatatan, di mana setiap terjadi sebuah transaksi perlu dicatat dalam dua aspek yaitu aspek aktiva dan aspek pasiva.

Simak rumus persamaan akuntansi dibawah ini agar lebih paham.

HARTA (Asset) = UTANG (Liability) + MODAL (Owner’s Equity)

HARTA + BEBAN = UTANG + MODAL + PENDAPATAN

Aset aktiva adalah sumber ekonomi yang berguna bagi perusahaan, sedangkan aset pasiva adalah kewajiban hutang dari sebuah perusahaan.

 

Mengenal Accurate dalam Akuntansi

Ketika sebuah perusahaan melakukan yang namanya transaksi keuangan, maka biasanya akan ada software khusus untuk mengatasi proses transaksi tersebut.

Semua transaksi akan jadi satu sehingga data bisa dimanfaatkan dengan baik untuk perencanaan perusahaan kedepannya.

Accurate sendiri memiliki banyak fitur, selain karena user freindly Accurate juga sudah mendukung cloud teknologi yang mana kamu dapat memonitor laporan keuangan kamu dimanapun kamu berada.

 

Laporan Keuangan dalam Perusahaan

Komponen laporan keuangan sendiri terdiri atas :

  • Neraca, yaitu laporan keuangan yang posisi keuangan dari entitas suatu tanggal tertentu, biasanya pada akhir tahun.
  • Laporan Laba Rugi, yaitu laporan hasil dari sebuah operasi bisnis perusahaan dari periode tertentu, misal satu tahun, satu bulan, atau tiga bulan setelah proses bisnis
  • Laporan Ekuitas (Modal) pemilik, 

 

Bagaimana Cara Belajar Akuntansi Yang Efektif di Zaman Ini ?

Kamu tidak perlu khawatir mengenai cara belajar akuntansi yang semakin banyak saat ini, sebenarnya caranya simple, kamu harus rajin berlatih dengan studi kasus tertentu dalam perusahaan untuk mengasah skill kamu.

Kamu juga perlu rajin membaca dan berlatih berhitung dalam setiap permasalahan yang terjadi dan silahkan gunakan metode yang sudah kamu pelajari.

Jika kamu bingung kamu bisa ikut pelatihan pembelajaran online yaitu Szeto Digiclass.

Szeto Digiclass adalah platform pembelajaran akuntansi di Indonesia mengenai software akuntansi. Disini kamu dapat belajar banyak tentang software akuntansi.

Saat ini tersedia pelatihan untuk software akuntansi Accurate Desktop dan Accurate Online.

 

Belajar Akuntansi Software Accurate Online di Szeto Digiclass :

  • Kamu akan mempelajari cara membuat database
  • Cara import saldo awal
  • Cara menambahkan user
  • dan Cara menentukan Hak akses user

Tidak hanya itu kamu juga mempelajari tentang :

  • proses input materi penjualan,
  • Input materi pembelian,
  • Input materi Kas/Bank dan Jurnal Umum,
  • Input materi Aset Tetap, 
  • Input materi Job Costing,
  • Memodifikasi report,
  • Cara merubah design template,
  • Cara input penggajian di Accurate Online

Di akhir pembelajaran akan ada Soal yang bisa kamu kerjakan dan hasil pekerjaan kamu akan di periksa secara langsung oleh professional accurate consultant.

Kamu akan dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikat jika hasil pekerjaan kamu sesuai dan juga benar pastinya.

 

Bagaimana Sudah Siap Untuk Belajar Akuntansi Software ?

Tunggu apalagi, tahun 2021 semakin sudah mau berganti, upgrade kualitas skill akuntansi kamu dengan mengikuti pelatihan dari Szeto Digiclass.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×

Belajar Accurate Cuma 25 Ribu

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate hanya 25 Ribu Rupiah.

Ambil Kelas