Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Manajemen Perubahan Adalah : Pengertian, Tujuan, dan Tingkatannya

2 min read

manajemen perubahan adalah

Manajemen perubahan adalah – Apa itu manajemen perubahan? Untuk memahaminya kalian semua harus mengetahui apa pengertian dari manajemen perubahan itu sendiri.

Sederhananya adalah, pengertian manajemen adalah proses mengelola sesuatu. Sedangkan pengertian perubahan adalah proses.

Isitilah manajemen perubahan sendiri sering digunakan dalam manajemen organisasi atau perusahaan dan menjadi salah satu faktor keberhasilan terpenting untuk segala lini bisnis apapun.

Dalam artikel ini, kita akan coba bahas apa itu manajemen perubahan, pengertian manajemen perubahan, serta tujuan dari diadakannya manajemen perubahan.

Masuk ke yang pertama ..

Pengertian Manajemen Perubahan

Garis umumnya, pengertian manajamen perubahan adalah wujud pendekatan melalui suatu proses untuk mengubah individu, tim, dan organisasi/ perusahaan menuju kondisi masa depan yang lebih baik.

Pendapat lain menyebutkan manajemen perubahan adalah disiplin yang memandu bagaimana kita mempersiapkan, melengkapi, dan mendukung setiap individu agar berhasil beradaptasi dengan perubahan guna mendorong keberhasilan organisasi secara keseluruhan.

Pada dasarnya jika sebuah organisasi melakukan perubahan, maka hal tersebut akan bedampak pada hal berikut :

  • Proses kerja
  • Sistem
  • Struktur Organisasi
  • Peran Pekerjaan

Manusia adalah mahluk yang dinamis, tidak bisa dengan hanya berdiam diri ditengah banyaknya pergerakan dari kehidupan. Oleh karena itu perubahan adalah yang harus dilakukan seiring dengan banyaknya pergerakan.

Manajemen perubahan bisa kita artikan secara lebih luas berdasarkan dengan sudut pandang dan tujuannya. Namun, hampir semua manajemen perubahan bertujuan untuk mengelola bisnis atau perusahaan ke arah yang lebih baik demi mendapatkan lebih banyak keuntungan.

Bagaimana? sudah ada gambaran terkait dengan pengertian manajemen perubahan?

Sekarang kita masuk ke …

Tujuan Manajemen Perubahan

Ada beberapa tujuan manajemen perubahan, setidaknya ada tiga yang menjadi tujuan dari adanya manajeman perubahan dari suatu organisasi atau perusahaan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Untuk mempertahankan kerberlangsungan siklus hidup perusahaan, baik itu berupa jangka pendek atau jangka panjang.
  2. Bentuk dari menyesuaikan diri dengan perubahan yang terjadi di lingkungan eksternal (sikap tenaga kerja, perubahan strategi korporasi, perubahan teknologi dan peralatan, dan lainnya), serta di lingkungan eksternal (perubahan pasar, peraturan, hukum, kebijakan pemerintah, teknologi, dan lainnya).
  3. Memperbaiki efektivitas perusahaan agar dapat bersaing di pasar ekonomi modern. Upaya ini termasuk perbaikan efektivitas tenaga kerja, perbaikan sistem dan struktur organisasi, dan implementasi strategi perusahaan.

Beberapa tujuan dari manajemen perusahaan adalah seperti diatas, namun tidak semua hal mengacu pada diatas, terkadang dalam perusahaan perubahan akan ada kapan saja mengingat dengan perkembangan zaman yang kian dinamis dan menuntut kita untuk menyesuaikan.

Hal seperti inilah yang memaksa kita untuk ikut kedalah sebuah perubahan.

Tujuan Manajemen Perubahan

Sudah disinggung sebelumnya manajemen perubahan bertujuan untuk mengelola dan membenahi perusahaan kearah yang lebih diinginkan.

Ada tingkatan dalam sebuah manajemen perubahan berikut diantaranya :

1. Perubahan Individu

Contoh perubahan nyata dari perubahan individu adalah seperti berikut :

Jika dahulu orang biasa untuk bepergian dengan menggunakan transportasi ojek dan harus menghampirinya, sekarang ini orang hanya perlu dengan menggunakan aplikasi. Perubahan terjadi disini yang terjadi adalah tukang ojek mau tidak mau harus dinamis dengan menggunakan aplikasi juga.

2. Perubahan Organisasi

Manajemen perusahaan dalam organisasi ini berkaitan erat dengan manajemen proyek. Jika manajemen proyek berguna untuk memastikan solusi dari proyek yang dirancang, maka change management berperan untuk memastikan solusi tersebut dapat bekerja secara efektif.

Manajer harus memastikan sumber daya mana yang perlu berubah untuk kepentingan keberhasilan proyek dan upaya perubahan seperti apa yang harus dilakukan untuk tujuan tersebut.

3. Perubahan Kemampuan Perusahan

Pada tingkatan ini manajemen perubahan berperan secara aktif untuk langsung mengelola perusahaan agar secara efektif dan dinamis mampu beradaptasi dengan perubahan dunia atau pasar. Change management di sini bisa lebih kompleks mencakup segala aspek perusahaan.

Contoh nyatanya adalah  seorang manajer memberikan perubahan terhadap metode pemasaran sebelumnya yang dinilai tidak memenuhi target perusahaan. Sehingga, inisiatif seorang manajer disini sangat dibutuhkan demi mencapai kemajuan perusahaan.

Perubahan dalam sebuah bisnis merupakan sesuatu yang penting dan wajar jika ingin mempertahankan bisnis dan terus meningkatkan keuntungan. Karena perubahan berarti secra terus menerus melakukan sesuatu dengan cara dan metode yang berbeda dari sebelumnya yang dinilai kurang efektif.

Mengelola perubahan dirumuskan oleh seorang manajer, namun dalam praktiknya seringkali dilakukan oleh seorang pimpinan secara langsung. Sehingga kerjasama diantara keduanya bisa membentuk perubahan yang lebih optimal.

Contoh nyata dari perubahan lain adalah sebagai berikut :

Nokia perusahaan yang sudah besar tidak melakukan perubahan dari sisi softwarenya dan tetap menggunakan Symbian untuk sistem operasinya.

Baca Juga : 13 Rekomendasi Aplikasi Kasir Gratis untuk Para Pemilik Usaha

Kesimpulan

Oke gais, pada saat ini kita sudah sampai pada kesimpulannya. Intinya adalah perusahaan atau organisasi memerlukan perubahan untuk adaptasi dengan zaman, begitu juga dengan sumber daya manusianya atau individunya.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas