Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

13 Rekomendasi Aplikasi Kasir Gratis untuk Para Pemilik Usaha

4 min read

aplikasi kasir gratis

Menggunakan aplikasi kasir atau sering disebut POS (Point Of Sale) menjadi salah satu hal terpenting untuk para penggiat bisnis terutama yang baru memulai untuk merintis usaha. Mulai dari fitur yang lengkap dan digunakan dengan mudah bahkan bagi para pemula menjadi persaingan dalam kelas aplikasi kasir bahkan beberapa aplikasi tersedia secara gratis.

Perkembangan teknologi, memudahkan para owner untuk memudahkannya dalam aspek finansial dan juga bisnis. Dengan demikian, kini muncul berbagai fitur keuangan dan transaksi yang dapat mempermudah untuk mendata arus keuangan ataupun laporan stok barang secara cermat.

Hal baik lainnya, berbagai aplikasi kasir ini tersedia untuk komputer atau PC bahkan untuk smartphone berbasis android, iOS bahkan linux. 

Baca Juga : Daftar Teknologi Layanan Jaringan Yang Mengubah Kehidupan

13 Aplikasi Kasir Gratis

Lalu, apa sajakah aplikasi kasir gratis yang bisa dipilih dan digunakan oleh para pengusaha? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini :

1. Accurate POS

Lakukan pencatatan penjualan, kelola klien, kelola karyawan, dan buat lebih dari 200 laporan siap pakai dengan satu aplikasi mesin kasir terbaik. memberikan solusi terbaik bagi UMKM & perusahaan di Indonesia.

Lihat semua transaksi antar cabang untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Percepat proses transaksi dengan solusi total dari aplikasi kasir Accurate POS dan perangkat yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

2. Kasir Pintar Free

Sesuai dengan tagline nama dari aplikasi, untuk program kasir yang satu ini disediakan secara gratis. Aplikasi ini digunakan secara online dan hanya tersedia untuk smartphone. Keunggulan dari aplikasi ini adalah sudah berbasis cloud yang bermanfaat bagi pengguna, sebab owner bisa memantau transaksi bisnis yang dilakukan dari jarak jauh.

Keunggulan lainnya, Kasir Pintar Free sudah menyediakan fitur yang lengkap untuk scan barcode. Jadi, para pelaku usaha bisa menghemat keuangan melalui satu genggaman tanpa perlu membeli mesin barcode. Cukup bermodalkan kamera belakang yang cukup bagus untuk smartphone yang digunakan untuk diinstal aplikasi ini.

3. Keyhut

Aplikasi Keyhut memiliki tampilan yang cukup unik, sebab didesain mirip dengan BIOS lama pada operation system Windows. Mulai dari jenis font yang digunakan hingga warna dari background yang digunakan, mengingatkan kita pada tampilan BIOS.

Aplikasi ini berbasis desktop sehingga digunakan untuk PC. Keyhut didesain dengan fitur CRM, pelacakan logistik atau inventaris, laporan penjualan serta manajemen pegawai. Sebenarnya yang membedakan Keyhut dengan aplikasi kasir gratis lainnya adalah fitur manajemen karyawan yang hampir tidak ditemukan pada para pesaingnya.

4. MokaPos

Aplikasi ini menjadi unggulan bagi para pengusaha di Indonesia. Selain fitur yang lengkap serta mudah digunakan, aplikasi kasir satu ini tersedia dengan gratis. Kerennya lagi, aplikasi MokaPos ini sudah berbasis cloud dan tersedia untuk gawai yang berbasis Android dan iOS.

MokaPos memiliki fitur yang cukup lengkap, mulai dari daftar menu, edit untuk menambahkan harga, stok logistik serta rekap laporan transaksi. Tersedia juga fitur laporan keuangan yang bersifat real time dan bisa diakses baik secara online maupun offline. Diselipkan basis cloud, memberikan kemudahan para pemilik bisnis memantau usaha mereka dari jauh.

MokaPos menyediakan kemudahan untuk pembayaran secara virtual seperti Gopay, Shopeepay, Kredivo, OVO, Dana, LinkAJa dan lain sebagainya. Yang ingin mencobanya akan diberikan versi trial untuk 14 hari.

5. VendHQ

Aplikasi kasir gratis selanjutnya adalah VendHQ. Aplikasi ini didesain untuk digunakan di komputer dan diakses secara online. Aplikasi ini cocok digunakan untuk yang berkebutuhan bisnis dengan skala yang tidak terlalu besar.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur penyimpanan cloud yang diakses secara online dan juga penyimpanan secara offline. VendHQ juga dilengkapi dengan fitur pelengkap lainnya seperti CRM, laporan inventaris dan loyalty.

6. Olsera POS

Aplikasi kasir gratis selanjutnya adalah Olsera POS. Dilengkapi dengan fitur yang hampir sama dengan aplikasi kasir lainnya serta basisnya adalah cloud yang bisa mempermudah pemilik usaha untuk memantau jalannya transaksi dari jauh.

Olsera POS menjadi salah satu aplikasi kasir yang tersedia gratis untuk smartphone dan menyediakan pilihan penyimpanan offline sehingga saat terkoneksi dengan internet, semua data yang tersimpan tetap tersinkron dengan penyimpanan cloud.

7. Chromis POS

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang dipilih dan digunakan apar penggiat bisnis yang ingin mengerjakan segala proses transaksi dengan mudah. Aplikasi ini menggunakan perangkat yang kompatibel dengan Windows, MacOS bahkan untuk Linux.

Aplikasi ini mempunyai interface yang simpel dan menarik dengan display foto menu dan juga foto barang yang dijual sehingga mempermudah bagi pembeli saat akan melakukan pembelian. 

Aplikasi ini sangat cocok untuk yang bergerak di bidang usaha kuliner, cafe, coffee shop serta bisnis minuman dan juga resto. Aplikasi ini juga cocok digunakan bagi yang bergerak di bidang usaha franchise dengan basis yang tidak terlalu besar.

8. Omega POS

Aplikasi kasir gratis yang satu ini bernama Omega POS yang berbasis mobile sehingga memudahkan owner bisnis untuk dalam satu genggaman. Sayangnya aplikasi ini hanya ditujukan untuk Android OS. Meski begitu, kabar baiknya adalah Omega POS bisa diintegrasikan dengan modul untuk accounting dan juga dengan inventory produk.

Fitur menarik dari aplikasi Omega POS ini adalah adanya analisa pelanggan dari segi perilaku dan respon terhadap produk jadi para pemilik usaha bisa menganalisa dari data tentang kebutuhan yang sering dibutuhkan pelanggan. Anda bisa mendapatkan versi trialnya terlebih dahulu yang bisa diuji coba dalam 14 hari.

9. TruePOS

Aplikasi kasir gratis kali ini, berasal dari negeri India. Bernama TruePOS, aplikasi ini dilengkapi dengan fitur sistem yang terintegrasi yang bisa terkoneksi dengan beberapa perangkat yang berbeda. 

Aplikasi ini menyediakan fitur gratis yang sesuai dengan bisnis rintisan skala yang tidak terlalu besar. Para owner bisa menggunakan aplikasi ini tanpa berbayar.

10. Kasir Toko Portable

Aplikasi kasir gratis lainnya adalah Kasir Toko Portable yang didesain untuk Android. Memiliki interface yang sangat simpel, praktis dan sederhana sehingga mudah digunakan meskipun pemula. 

Aplikasi ini cocok untuk para pelaku bisnis yang bergerak di bidang food and beverage, minuman, bengkel, apotik, dan toko kelontong bahkan juga bisa digunakan untuk bisnis retail.

11. Qasir

Tampilan yang diberikan oleh aplikasi kasir gratis ini, sangatlah sederhana dan cocok yang digunakan untuk berbagai jenis usaha. Qasir memberikan beberapa fitur yang membuatnya layak dipilih oleh para pemilik usaha. Mulai dari fitur pencatatan transaksi dan juga menyediakan berbagai tipe pembayaran.

Aplikasi kasir gratis ini memberikan fitur untuk pendataan stok dan produk yang tersedia dan aplikasi ini bisa disambungkan printer dan juga sistem pembayaran digital secara OVO atau gopay.

Qasir bisa digunakan secara gratis dengan berbagai fitur POS yang basic sehingga cocok untuk digunakan sebagai aplikasi keuangan untuk para perintis usaha untuk bisnis online.

12. Majoo

Aplikasi gratis selanjutnya adalah Majoo yang banyak digunakan para pelaku usaha untuk membantu untuk bertransaksi. Dilengkapi dengan fitur yang lengkap dan menarik mulai dari mendata harga produk dan juga jumlah stok serta laporan penjualan secara real time.

Kabar baiknya, Majoo menyediakan fitur yang berguna menganalisis prime time yang bermanfaat untuk mengecek waktu penjualan yang tertinggi. Owner juga bisa mengedit fitur promosi serta juga voucher toko bahkan bisa memantau laporan invoice dan juga konsinyasi.

13. Buku Warung

Aplikasi Buku Warung ini bisa diakses secara gratis sehingga sangat menguntungkan bagi para pemilik usaha. Fitur yang diberikan oleh aplikasi Buku Warung begitu lengkap meskipun tidak berbayar.

Aplikasi ini disisipi dengan berbagai fitur antara lain mencatat arus keuangan serta bisa mengirim tagihan untuk pembelian melalui Whatsapp. Di samping itu, membuat laporan usaha dan juga analisis transaksi bahkan menyimpan data transaksi bisa dilaksanakan dengan Buku Warung.

Aplikasi Kasir Gratis Mana yang Akan Anda Coba?

Semoga penjelasan di atas bisa menjadi referensi bagi para penggiat usaha yang masih bingung untuk menggunakan aplikasi kasir gratis dalam membantu transaksi usaha. Semoga bermanfaat!

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas