Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Landing Page Adalah : Pengertian, Jenis dan Contohnya

8 min read

landing page adalah

Apa itu landing page? Memahami Landing Page, Penafsiran, Tipe, Sampai Panduan Pembuatan

 

 

Dikala ini, banyak sekali pebisnis online yang memakai landing page buat menjual produk. Mereka menarangkan produk yang mereka jual di dalam sesuatu landing page, mulai dari khasiat, metode pemakaian, serta lain- lain.

 

Memanglah, landing page bisa tingkatkan penjualan produk apabila dimanfaatkan dengan benar. Terdapat banyak perihal yang wajib dicermati saat sebelum membuat landing page. Kemudian, apa itu landing page?

 

 

 

Apa itu Landing Page?

 

 

Landing page berasal dari kata landing ialah mendarat serta page yang berarti halaman. Landing page merupakan suatu halaman spesial yang berisi data khusus serta lebih perinci tentang sesuatu produk, service, penawaran, serta sebagainya.

 

Secara lebih singkatnya, landing page dimaksud selaku halaman yang didesain spesial buat marketing. Halaman landing page ini memanglah bertujuan buat tingkatkan penjualan produk tertentu. Kemudian, apa berartinya suatu landing page untuk bisnis?

 

 

 

Mengapa Landing Page Penting Untuk Suatu Bisnis ?

 

Landing page merupakan sesuatu perihal yang berarti dalam aktivitas marketing paling utama yang berhubungan dengan bisnis online. Sebab di bagian landing page inilah tempat Kamu mempromosikan produk.

 

Di bagian landing page ini Kamu dapat membagikan kelebihan dari produk Kamu. Dengan begitu, harapannya tingkatan penjualan produk Kamu bisa bertambah.

 

Guna dari landing page ini sehingga jadi sangat berarti buat digunakan. Awal, landing page bisa dipakai buat mengumpulkan informasi wisatawan potensial. Informasi wisatawan inilah yang setelah itu nanti diharapkan dapat membeli produk Kamu di masa depan.

 

Kedua, landing page pula bisa memesatkan transaksi. Perihal ini sebab landing page bisa membagikan layanan spesial untuk para wisatawan buat mengakses produk yang mau dibeli.

 

Tidak cuma itu, dengan terdapatnya landing page, hingga Kamu dapat lebih fokus buat menunjukkan sebagian strategi terbaik dalam suatu template spesial. Dengan begitu, Kamu bisa menarik atensi wisatawan buat membeli produk Kamu.

 

 

 

Perbandingan Landing Page dengan Website

 

Landing page serta web mempunyai perbandingan yang nyata mulai dari definisi, tampilan sampai gunanya. Berikut dirangkum 5 perbandingan antara landing page dengan web.

 

1. Definisi

 

Bersumber pada definisinya, landing page dimaksud selaku halaman spesial web yang awal kali nampak kala wisatawan mendatangi web produk tertentu. Sebaliknya web ialah kumpulan dari sesuatu halaman yang silih tersambung satu sama lain. Ataupun secara singkatnya, landing page ialah bagian dari web.

 

 

2. Tampilan

 

Dari segi tampilannya, web cenderung mempunyai lebih banyak menu daripada landing page. Perihal ini disebabkan landing page umumnya membagikan data yang lebih khusus serta simpel seputar penawaran, sebaliknya web lebih rumit.

Tidak cuma itu, Kamu pula bisa memandang perbedaannya dari segi jumlah tamannya. Dimana landing page mempunyai 1 halaman utama serta 1 halaman pendukung. Halaman utama berisi penawaran produk serta pada halaman pendukung berisi form database calon pembeli.

Berbeda dengan web, dimana jumlah halaman web umumnya hendak jauh lebih banyak. Halaman nya mencakup halaman depan, produk, profil, ketentuan serta syarat, kontak, serta banyak lagi.

 

 

3. Fungsi

 

Landing page cuma berperan buat menarangkan secara mendetail kepada wisatawan tentang sesuatu produk. Sebaliknya buat web, gunanya relatif lebih banyak. Antara lain selaku company profile, web bisnis, portfolio sampai toko online.

 

 

4. Interest Pengguna

 

Wisatawan landing page umumnya mendatangi halaman tersebut sebab mempunyai atensi terhadap produk tersebut. Perihal ini disebabkan mereka mempunyai ketertarikan serta mau memandang penawaran lebih perinci tentang produk yang bersangkutan. Dimana wisatawan landing page umumnya berasal dari iklan berbayar semacam Facebook Ads serta google Ads.

 

Berbeda dengan web, dimana wisatawan mendatangi halaman web Kamu sebab mempunyai atensi yang berbeda- beda. Antara lain terdapat yang cuma mau hanya mengenali profil owner web, serta terdapat pula yang mau membaca konten web serta data di web tersebut.

 

 

5. Durasi Pengerjaan

 

Dalam durasi pengerjaannya juga, landing page lebih cepat daripada web. Dimana landing page umumnya memerlukan durasi pengerjaan 5- 10 hari kerja. Sebaliknya web memerlukan 10- 15 hari kerja. Perihal ini disebabkan web mempunyai jumlah halaman serta navigasi yang lebih banyak bila dibanding dengan landing page.

 

 

Baca Juga : Deskripsi Produk : Cara Membuatnya Untuk Meningkatkan Penjualan

 

 

Siapa yang Memerlukan Landing Page?

 

 

Pada dasarnya, seluruh bisnis memerlukan landing page buat mempromosikan produknya. Tetapi disini aku hendak membagikan rincian pihak- pihak yang memerlukan landing page buat aktivitas bisnisnya.

 

Awal, owner UKM yang mau mengonlinekan bisnisnya. Perihal ini lumayan diperlukan oleh para owner UKM mengingat dikala ini kompetitor telah banyak bergeser memakai tata cara promosi online semacam ini. jadi, ini hendak sangat menolong dalam bersaing serta tingkatkan penjualan produk.

 

Kedua, Internet Marketer. Seseorang internet marketer pastinya senantiasa berhubungan dengan online bisnis. Terdapatnya landing page ini jadi salah satu pemecahan yang bermanfaat buat tingkatkan penjualan produk online Kamu.

 

TIdak cuma itu, untuk kamu para owner jasa website desainer, pembuatan web, serta copywriter dapat berupaya buat memakai layanan landing page ini. Dengan layanan ini, Kamu dapat menawarkan apalagi meningkatkan keahlian Kamu. Perihal ini sebab seluruh jasa Kamu tersebut sangat diperlukan kala membuat suatu landing page. Jadi pastinya hendak sangat menguntungkan Kamu.

 

 

 

Jenis- Jenis Landing Page

 

Landing page secara universal dipecah jadi 2 tipe ialah awal, lead generation landing pages ataupun kerap diucap pula dengan lead gen ataupun lead capture pages. Kedua ialah click- through landing pages.

 

 

1. Lead Generation

 

Lead generation ialah tipe landing page yang bertujuan buat mengumpulkan informasi calon pelanggan ataupun mengumpulkan lead secara langsung. Informasi yang diartikan berbentuk kontak, nama, serta sejenisnya.

 

Informasi tersebut hendak digunakan buat memperoleh calon pelanggan dengan metode memelihara ikatan baik dengan owner kontak tersebut. Lewat kontak ini owner bisnis umumnya hendak mengirimkan bermacam kabar buat mempromosikan produknya mulai dari kabar diskon, promo, serta sebagainya.

 

Tipe landing page ini sesuai untuk owner bisnis yang mau melaksanakan penawaran yang tidak sangat berbahaya. Sebab wisatawan cuma butuh mengklik bagian tertentu setelah itu mengisi kontaknya tanpa wajib berpindah ke halaman yang lain. Sehingga lebih pendek, jelas serta menarik.

 

 

2. Click- through

 

Tipe Landing Page Click Through bertujuan buat memusatkan ataupun membujuk wisatawan supaya mengklik sesuatu tombol yang setelah itu hendak ditunjukan ke halaman lain. Landing Page ini umumnya digunakan buat dalam bisnis e- Commerce.

 

Lewat click through ini, Kamu dapat menawarkan produk Kamu secara lebih rinci buat memancing para calon konsumen buat membeli produk Kamu. Click- through dicirikan dengan timbulnya iklan yang masuk serta Kamu ditunjukan pada keranjang belanja ataupun halaman registrasi.

 

Tetapi kekurangan click through ialah user hendak sedikit yang mau click landing page Kamu. Perihal ini sebab iklan landing page yang tidak membagikan data lumayan buat membuat seorang tertarik pada produk Kamu. Jadi hendaknya Kamu rancang dengan bagus serta menarik supaya wisatawan tertarik melaksanakan apa yang Kamu harapkan.

 

Buat Click- through, halaman yang ditampilkan umumnya cuma menunjukkan satu tombol simpel. Tombol tersebut umumnya hendak muat tulisan semacam“Get it now”,“ Beli Sekarang Juga” serta sebagainya.

 

 

 

Contoh Landing Page

 

 

Berikut contoh landing page yang dapat Kamu peruntukan selaku acuan buat membuat landing page individu, portofolio, industri sampai bisnis online Kamu.

 

 

1. Neil Patel

 

 

Neil Patel merupakan seseorang penulis serta marketer yang sangat mempengaruhi di dunia. Apalagi industri Neil Patel masuk ke dalam catatan 100 industri brilian terbaik di dunia.

 

Tidak cuma itu, Neil patel pula diucap selaku jajaran 100 pengusaha berhasil pada umur di dasar 30 oleh Presiden Barack Obama. Tidak hingga disana, Neil Patel pula masuk ke catatan 100 pengusaha berhasil di dasar umur 35 yang terbuat oleh Perserikatan Bangsa- Bangsa.

 

Landing page Neil Patel tercantum jenis lead generation Landing Page. Dimana Neil Patel mengajak wisatawan buat mengisi kolom alamat email yang ada. Lewat email seperti itu nantinya Neil page hendak mengirimkan sebagian data seputar panduan serta perihal terpaut Neil patel kepada wisatawan.

 

Dalam websitenya, Neil Patel menunjukkan bermacam tool buat marketingnya. Paling utama tool- tool yang digunakan buat mengoptimasi performa web bisnis.

 

 

2. Hubspot

 

 

Hubspot ialah industri yang bergerak dibidang development serta marketing yang memproduksi bermacam aplikasi terpaut marketing serta sales. Hubspot tercantum perusahan yang lumayan populer di bidang ini yang dimana dikala ini lebih dari 95. 000 total pelanggan di lebih dari 120 negeri memakai perlengkapan HubSpot.

 

TIdak cuma itu, Hubspot pula diketahui selaku industri dengan bermacam konten yang dapat diakses free. Mulai dari konten berbentuk postingan, analisis, sampai panduan yang dapat diterapkan dalam bisnis.

 

Perihal inilah yang membuat banyak pengguna mulai mengakses hubspot. Serta buat lebih mempermudah serta memberitahukan jaringannya, hubspot membuat suatu landing page sehingga membolehkan para pengguna berupaya hubspot secara free lebih gampang.

 

 

3. Uniqlo

 

landing page adalah

 

Uniqlo ialah industri yang bergerak di bidang baju brand internasional yang telah populer mulai dari jepang sampai ke kanada, Tiongkok, indonesia, serta banyak lagi. Industri ini populer dengan model pakaiannya yang sederhana, bersih, sekalian sesuai buat wanita ataupun pria.

 

Berkaitan dengan landing page nya sendiri, uniqlo tampak lebih simpel dengan nuansa putih merah. Dengan menempatkan logo di bagian tengah serta di sangat atas bacaan. Ada kalimat ajakan buat mengisi email serta opsi catatan cocok gender.

 

Dari pengisian email inilah, uniqlo hendak memperoleh informasi email Kamu. Buat berikutnya hendak dikirimkan data promosi terkini dari bahan- bahan uniqlo.

 

 

4. Zalora

 

landing page adalah

 

Zalora ialah salah satu industri retail mode terbanyak di Asia. Dalam memperoleh pelanggan, zalora umumnya mempraktikkan strategi ialah dengan membagikan potongan harga yang pada momen- momen tertentu semacam Hari belanja online nasional.

 

Buat landing pages Zalora tampak dengan nuansa latar belakang hitam. Dimana semacam landing page umumnya, Kamu hendak dimohon mengisi email serta gender spesial buat pelanggan baru. Tidak cuma itu, buat menarik atensi konsumen, Zalora membagikan kalimat ajakan berbentuk diskon yang nyatanya hendak membuat wisatawan langsung tertarik mengisi emailnya.

 

Dengan mengisi email inilah nantinya para wisatawan hendak memperoleh email dari Zalora. Isi emailnya umumnya berkaitan dengan data produk serta promo yang lagi berlaku.

 

 

5. Tiket. com

 

landing page adalah

 

Tiket. com ialah salah satu web yang sediakan layanan pemesanan hotel, pesawat, serta sebagainya. Dengan campuran warna biru- kuning tiket. com muncul buat menolong Kamu dalam mencari hotel sampai tiket pesawat dengan harga cocok kemauan Kamu.

 

Buat Landing page nya sendiri, tiket. com meletakkan elemen- elemen brandingnya pada tempat- tempat yang strategis. Dimana di bagian header di dasar menu utama ada data diskon dalam wujud slider. Desain kabar nya juga terbilang simpel serta telah dilengkapi dengan terdapatnya penjelasan akomodasi serta diskon yang diberikan. Sehingga lebih menarik wisatawan.

 

Ditambah lagi dibagian dasar ada form yang lumayan lengkap menimpa jenis- jenis layanan yang ditawarkan. Semacam formulir pesawat, hotel, kereta api, sewa mobil, serta hiburan. Terlebih terdapatnya tombol pusat dorongan di sebelah kanan yang hendak mempermudah pelanggan buat bertanya. Jadi, landing page tiket. com telah sangat lengkap serta lumayan dapat Kamu tiru.

 

 

 

Panduan Membuat Landing Page

 


Dalam membuat landing page sehingga dapat menarik wisatawan tidak dapat dikatakan gampang. Perihal ini sebab tidak tidak sering pula sebagian industri kesusahan dalam membuat landing page yang bagus. Oleh sebab seperti itu, disini kami hendak membagikan sebagian panduan yang bisa jadi dapat menolong Kamu dalam membuat landing page sehingga menarik. Ada beberapa contoh mengenai pembuatan landing page dengan mengacu pada SaaS

 

1. Membuat desain yang Memukau

 

Tampilan dari Landing page merupakan perihal yang sangat berarti sebab itu yang dilihat awal kali oleh wisatawan. Jadi wajib betul- betul membuat tampilan landing page dengan desain yang menarik serta menawan para wisatawan. Tetapi pula jangan sangat kelewatan.

 

Buat pemilihan warna, Kamu bisa memilah desain dengan motif terang yang gampang ditangkap mata. Sebaliknya pada bagian tombol CTA hendaknya terbuat dengan warna hijau ataupun merah sebab warna tersebut telah teruji sanggup tingkatkan konversi dari landing page.

 

 

2. Membuat Landing Page yang Mobile Friendly

 

Landing page dengan mobile friendly berarti buat Kamu jalani, perihal ini disebabkan kenyataannya dikala ini kalau 80% traffic yang tiba ke suatu web dari mesin pencari semacam Google berasal dari mobile phone.

 

Tidak hanya itu, suatu riset pula meyakinkan kalau web yang mobile- friendly dapat memperoleh 2 kali lebih banyak traffic. Bila dibanding dengan web yang tidak ada buat fitur mobile.

 

 

3. Buang Langkah yang Tidak penting

 

Kala membuat suatu landing page, hendaknya yakinkan kalau form ataupun proses pengunduhan yang terdapat di landing page Kamu sederhana serta simpel. Sehingga wisatawan tidak hendak kesusahan dalam mengisinya

 

Perihal ini disebabkan mayoritas landing page yang mempunyai langkah- langkah yang ribet serta banyak perihal yang tidak berarti. Hingga saat sebelum wisatawan berakhir mengisinya, umumnya mereka hendak menyudahi ditengah jalur, serta meninggalkan landing page Kamu. Jadi buatlah landing Kamu sesimple bisa jadi ya.

 

 

4. Menggunakan Copywriting

 

Kedudukan copywriting dalam pembuatan landing page sangatlah besar. Apalagi nyaris 70% dari seluruhnya dipengaruhi oleh copywriting yang menarik. Buat seperti itu bila Kamu mau membuat landing page hendaknya Kamu maksimalkan di bagian copywriting nya.

 

Dalam perihal membuat copywriting, landing page wajib penuhi unsur- unsur semacam Headline, Subheadline, Tubuh/ isi/ uraian, Social proof/ testimonial, serta Call to action( CTA). Buat headline hendaknya terbuat dengan kalimat yang tidak bertele- tele, gampang dimengerti, serta tidak sangat universal.

 

Sebaliknya, buat subheadline Kamu dapat menarangkan lebih lanjut menimpa khasiat apa yang hendak wisatawan miliki dari produk Kamu. Bagian ini pula kerap dikatakan selaku penjelas dari headline.

 

 

Baca Juga : Copywriting Adalah : Seni Menulis Untuk Menjual & Contoh Headline

 

 

Buat social proof ataupun testimoni merupakan elemen yang berarti wajib terdapat sebab dapat pengaruhi pengambilan keputusan wisatawan. Wujud social proof yang dapat Kamu pakai meliputi Jumlah pengguna, catatan pengguna yang“ bernama”, pendapat dari orang yang populer, serta pendapat dari sebagian pengguna yang puas.

 

Terakhir, pada bagian Call to action( CTA), Kamu dapat memakai CTA yang menonjol tetapi jangan hingga mengerikan semacam tombol“ beli”. Alih- alih memakai itu, Kamu dapat memakai tombol“ opsi harga serta trial”.

 

 

Baca Pula: Tips Mengoptimalkan Landing Page Agar Konsumen Banyak Yang Landing

 

 

 

Ayo, Tingkatkan Penjualan Produk dengan Landing Page

 


Panduan untuk anda membuat landing page, 

 

Saat ini, Kamu telah ketahui gimana metode membuat landing page yang bisa tingkatkan penjualan produk. Terdapat banyak perihal yang wajib dicermati. Apabila Kamu betul- betul membuat landing page dengan baik, nyatanya penjualan produk Kamu hendak bertambah ekstrem.

 

Membuat landing page itu gampang. Tetapi, membuat landing page yang sanggup tingkatkan penjualan produk itu sulit. Mudah- mudahan postingan ini dapat menolong Kamu membuat landing page.

 

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×

Belajar Accurate Cuma 25 Ribu

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate hanya 25 Ribu Rupiah.

Ambil Kelas