Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Jasa Fulfillment di Indonesia : Apa Fungsi & Kegunaannya

2 min read

jasa fulfillment

Fullfilment adalah sebuah solusi yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah  kesalahan terkait jumlah pesanan yang masuk, namun Anda belum merekrut karyawan tambahan karena masih terbatasnya pemasukan Anda.

Untuk kamu yang sudah sering menggeluti dunia bisnis online, kalau mendengar kata fulfillment pasti sudah tidak asing lagi. Buat Kamu yang sudah tau tentang fulfillment tetap pantau terus artikel ini ya.

Memang banyak sekali dari kita sering takut untuk memulai sebuah usaha dikarenakan mempertimbangkan banyak aspek dalam berusaha.

Apa Itu Fulfillment?

Sekarang ini banyak sekali para pebisnis khususnya bisnis penjualan barang mengalihkan bisnis mereka secara online melalui marketplace besar di Indonesia, seperti Tokopedia atau Shopee.

Mengelola bisnis ecommerce ini sangatlah melelahkan, terlebih lagi, bagi pekerja kantoran yang harus bekerja dari pagi hingga sore hari yang tentunya sangat melelahkan untuk harus menangani usaha online setelah hari panjang yang sudah kamu lalui di tempat kerja kamu.

Seiring dengan berkembangnya zaman dan kemajuan teknologi, untungnya telah hadir dan kita harus mengenal jasa fulfillment yang akan sangat memudahkan kamu untuk memantau dan memaksimalkan usaha kamu. Tentunya bagi kamu dikalangan penggelut dunia eCommerce.

Secara singkat, jasa fulfillment memberikan bantuan bagi para pebisnis online agar dapat fokus berjualan dan memikirkan strategi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan tanpa harus dibebani oleh hal-hal yang berhubungan dengan memproses pesanan kepada konsumen.

Tanggung jawab fulfillment service provider meliputi pemilihan barang, penghitungan stok barang, quality control (QC), stok opname, inventory control dan pengemasan barang sebelum diserahkan ke third-party logistics (3PL) partner untuk dikirimkan kepada konsumen.

Beberapa contoh fulfillment provider yang populer antara lain Amazon FBA, ShipBob, dan Fulfillment by Shopify.

Nah! setelah kamu mengerti tentang fulfillment kalau kamu memutuskan untuk menggunakan jasa fulfillment, memilih fulfillment service provider juga nggak kalah penting lho! Karena semua barang usaha kamu akan “dipercayakan” kepada mereka.

Apa Kegunaannya menggunakan jasa fulfillment ? keuntungan yang bisa kamu dapatkan dalam menggunakan jasa fulfillment adalah sebagai berikut ini :

Kegunaan Menggunakan Jasa Fulfillment

Dari informasi yang disajikan sebelumnya tentang apa itu jasa fulfillment, kita akan coba membahas tentang kegunaan dari menggunakan jasa fulfillment, ada apa saja simak penjelasannya :

Berdasarkan informasi yang sudah diberikan sebelumnya mengenai layanan yang diberikan oleh fulfillment ini bisa dikatakan bahwa jasa ini sendiri datang dan hadir sebagai solusi dari masalah yang ada, namun masalah apa yang ada saat ini bila tidak memakai fulfillment?

Penyimpanan Barang Dengan Stock Management

Dengan adanya stock management maka memungkinkan, Manajemen Pergudangan dan penyimpanan barang adalah salah satu hal penting dalam alur pengiriman barang, hal ini dikarenakan dengan stock management yang baik, maka akan tercatat dan terhitung juga semuanya dengan jelas.

Dengan perhitungan stock yang jelas maka kalkulasi untuk produk mana yang akan di isi ulang atau restock dengan produk mana yang tidak menjadi begitu prioritas akan terlihat dengan jelas juga.

Pengemasan dan Pengiriman Barang

Jasa ini memberikan jasa pengemasan juga sebagai salah satu dari fasilitas yang ditawarkannya. Hal ini bisa dimanfaatkan untuk mengurangi biaya cost SDM yang biasanya ditugaskan untuk mengatur pergudangan.

Dengan menggunakan pihak ketiga ini, anda dapat menghemat biaya karyawan yang dimulai dari kepala gudang, hingga staff pengemasan dan pengiriman. Terlebih lagi jika orderan memuncak pada saat musim musim berjualan seperti di kuartal 4 setiap tahunnya.

Tidak sedikit perusahaan akan kewalahan dalam melakukan pengemasan dan pengiriman orderan dan tidak sedikit juga yang membatalkan pesanan secara tidak sengaja dikenakan human error.

Order Fulfillment

Yang dimaksud dengan order fulfillment adalah serangkaian proses pemenuhan akan permintaan pesanan pelanggan. Proses disini memiliki arti dimulai dari penerimaan pesanan, proses persiapan, pengemasan dan hingga pengiriman pesanan.

Order Fulfillment yang baik pada umumnya mendatangkan kepercayaan pelanggan yang baik juga, hal ini dikarenakan dengan manajemen pergudangan yang baik maka kehabisan produk jarang terjadi dan kecepatan pengiriman cenderung akan lebih tinggi. Itulah yang menjadi alasan kenyamanan dan kepercayaan pelanggan meningkat

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas