Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Fulfillment Adalah : Pengertian dan Prosesnya

1 min read

fulfillment adalah

Fullfilment adalah sebuah solusi yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi masalah  kesalahan terkait jumlah pesanan yang masuk, namun Anda belum merekrut karyawan tambahan karena masih terbatasnya pemasukan Anda.

Sebenarnya untuk sekarang ini kegiatan jual beli online yang semakin berkembang membuat banyak orang yang tertarik dalam mengikutinya.

Bisnis konvensional sejauh ini mulai banyak ditinggal, dan kebanyakan dari orang – orang mulai merambah ke bisnis online. Yang mana bisnis ini bisa mencakup lebih banyak orang.

Dikesempatan kali ini kamu akan membaca sebuah artikel tentang fulfillment, apa itu fullfilmen simak penjelasannya dibawah ini ya :

Darimana Konsep Fulfillment Berasal ?

Fulfillment adalah jasa yang mencakup rangkaian proses pemenuhan pesanan produk dari para pelanggan. Pada konsepnya fulfillment ini dimulai dari sebuah penerimaan pesanan hingga pengiriman produk sampai kepada alamat pelanggan selaku penerima produk.

Konsep fulfillment berasal dari Amazon, pada tahun 1997, perusahaan milik Jeff Bezos ini menghadirkan suatu pusat gudang bersama Delaware dan juga seattle. Saat ini, sudah ada lebih dari 1446 gudang Amazon yang sudah tersebar di seluruh dunia.

Baca Juga : Petty Cash Adalah : Pengertian, Metode dan Tujuannya

Alur dari Sebuah Order Fulfillment pada bisnis

Apabila kamu ada rencana untuk mengembangkan bisnis online, atau memang tertarik dengan layanan order fulfillment, maka kamu harus paham terkait dengan alur order pada fulfillment ini.

  1. Pengambilan Barang

Langkah awal yang harus kamu lakukan ketika menggunakan sebuah fulfillment atau gudang bersama ini yaitu menghitung barang yang akan kamu kirim ke pelanggan.

Dengan begini akan memudahkan pihak gudang untuk memproses barang kamu.

  1. Pengelolaan Barang

Dalam sebuah layanan fulfillment proses pengelolaan atau inventaris perusahaan adalah sebuah langkah yang penting dalam pengelolaan barang.

Dengan adanya pengelolaan barang ini membuat kamu dan tim dapat lebih fokus kepada bisnis anda.

  1. Pengemasan Barang

Dalam sebuah layanan fulfillment pengemasan barang dilakukan dengan sesuai prosedur yang berlaku. Yang mana kamu wajib memastikan apakah pengelola gudang sudah teruji professional dalam menjalankan jobnya.

Kamu sebagai pebisnis hanya perlu untuk memonitor, apakah pengemasan barang, dan juga melakukan sebuah strategi promosi agar barang kamu semakin laris dan banyak yang membeli.

  1. Pengiriman Barang

Tahap terakhir dari sebuah alur dari fulfillment adalah pengiriman barang, Pada umumnya pemilik gudang bersama sudah bekerja sama dengan jasa ekspedisi untuk mengirimkan barang kamu.

Kamu tetap perlu memonitor pergerakan barang kamu agar sampai ke tangan pembeli dengan benar dan tepat.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×

Belajar Accurate Cuma 25 Ribu

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate hanya 25 Ribu Rupiah.

Ambil Kelas