Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

DOM Adalah : Mengenal DOM dalam JavaScript

1 min read

dom adalah

DOM adalah – Jika sekarang ini kalian sedang belajar sebuah bahasa pemrograman javascript pasti sudah tau dengan istilah mengenai DOM. Halaman website menjadi lebih menaik dan dinamis dengan bantuan DOM. Tapi tunggu dulu, apakah kalian semua sudah tahu dengan istilah DOM?

Secara singkat DOM adalah sesuatu yang bisa melakukan manipulasi halaman web HTML,.

Dalam artikel kali ini, kita akan coba membahas khazanah per ilmuan dalam dunia DOM di javascript, penasaran dengan pembahasannya? pastikan kalian membacanya sampai tuntas ya.

Baca Juga : Apa Itu Resesi 2023 : Pengertian dan Dampak Serta Solusinya!

Pengertian DOM dalam Javascript

DOM JavaScript adalah suatu interface yang memungkinkan developer untuk memanipulasi halaman web dari segi struktur, tampilan, dan kontennya. Nah, DOM sendiri memiliki singkatan yaitu document object model

Pada awalnya, website tersusun dari HTML dan CSS style yang statis. Hingga akhirnya muncul JavaScript. JavaScript adalah bahasa pemrograman untuk menyulap website jadi lebih dinamis.

Lantas, bagaimana bahasa statis dan dinamis di atas saling berkomunikasi?

Ternyata, browser menciptakan dokumen yang dikenal sebagai DOM untuk setiap halaman web. Nah, DOM inilah yang memungkinkan JavaScript mengakses sekaligus memanipulasi semua elemen statis di halaman tersebut.

Fungsi DOM

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya nih gaes, DOM dalam javascript mempunyai fungsi untuk memanipulasi halaman website menjadi lebih dinamis. Bagaimana cara kerjanya?

Untuk hal ini DOM melakukannya dengan cara mengambil, mengubah, menambah, maupun menghapus elemen HTML. Hal ini akan dibahas lebih detail di bagian lain artikel.

Lebih jauh, ketika memanipulasi halaman, DOM juga mengumpulkan data, fungsi, dan atribut milik elemen yang diakses. Nah, properti tersebut dapat dipakai untuk tujuan lain.

Misalnya, untuk membuat API atau Application Programming Interface, serta mengambil data website dengan metode Web Scraping.

Sampai di sini, Anda sudah paham tentang pengertian dan fungsi DOM JavaScript. Yuk lanjut belajar cara memanipulasi elemen HTML dengan JavaScript DOM!.

Baca Juga : Scrap Adalah : Pengertian dan Penjelasan Lengkapnya!

DOM Bisa Kalian Gunakan Untuk Website Kalian

DOM bisa digunakan untuk mempercantik dan membuat dinamis website Anda, Pastikan seorang developer memahami hal ini. Sekian gaes untuk pembahasan artikel kali ini, thank you.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas