Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Deskripsi Produk : Cara Membuatnya Untuk Meningkatkan Penjualan

8 min read

deskripsi produk

Sekarang ini, salah satu hal yang wajib terdapat dalam bisnis dan yang paling utama dalam mempromosikan produk secara online merupakan deskripsi produk.

 

Deskripsi produk adalah suatu data yang menerangkan tentang sebuah produk ataupun penjelasan lengkap mengenai produk tersebut. Hal ini meliputi kualitas produk, kelebihan, spesifikasi produk, metode pemakaian, review dari orang yang sudah menggunakan, dan masih banyak lagi.

 

Tujuan dari suatu deskripsi produk merupakan buat membagikan data lengkap menimpa suatu produk supaya dapat mempermudah para calon konsumen dalam mengidentifikasi produk Kamu. Dengan begitu, harapannya bisa menarik serta meyakinkan calon konsumen buat membeli produk Kamu.

 

Hal ini sangat berarti sebab deskripsi produk bisa memastikan apakah seseorang pembeli hendak membeli produk di toko Kamu ataupun tidak. Ini berkaitan dengan reputasi toko online. Bila deskripsi produk Kamu lengkap, jelas, serta bagus hingga para calon konsumen hendak lebih yakin dengan toko Kamu demikian juga kebalikannya.

 

Oleh sebab seperti itu, disini aku hendak membagikan sebagian cara metode membuat deskripsi produk. Sehingga Kamu dapat membuat deskripsi produk Kamu dengan baik buat tingkatkan penjualan produk Kamu.

 

 

 

 

Cara Membuat Deskripsi Produk Untuk Meningkatkan Penjualan

 

 

Berikut 12 cara membuat deskripsi produk yang baik supaya dapat menarik para pelanggan:

 

Simak video berikut ini dulu ya :

 

 

1. Mencari Sumber Referensi

 

Saat sebelum membuat deskripsi produk, sebaiknya Kamu mencari sumber referensi terlebih dulu. Hal ini dapat melatih kosa kata Kamu dalam membuat suatu deskripsi produk sehingga produk Kamu lebih gampang dimengerti oleh calon konsumen.

 

Cara mencari sumber referensi bisa Kamu lakukan dengan browsing toko- toko online yang selaras dengan produk Kamu serta melihat deskripsi produk mereka sebagai sumber referensi.

 

Tidak cuma itu, hal ini pula membolehkan Kamu buat mengidentifikasi sasaran konsumen Kamu serta memastikan style bahasa yang pas buat membangun komunikasi dengan mereka lewat pemilihan kalimat yang pas buat deskripsi produk Kamu.

 

 

2. Pemilihan Kalimat

 

brown wooden blocks on white table

 

Dalam proses pembuatan deskripsi produk, hendaknya pemilihan kalimat wajib betul- betul Kamu perhatikan. Hal ini sebab pemilihan kalimat yang baik bisa memastikan ketertarikan konsumen terhadap produk Kamu.

 

Upayakan jangan memakai kalimat panjang serta rumit. Hal ini sebab dapat menimbulkan konsumen bosan apalagi malas membaca deskripsi produk Kamu. Bila telah semacam itu, Kamu tidak dapat berbuat banyak buat menarik para konsumen supaya dapat membeli produk Kamu.

 

Kamu dapat memakai kalimat yang gampang dibaca, menarik atensi orang, gampang dimengerti ataupun dapat dikatakan kalimat yang pendek, padat serta jelas. Jangan kurang ingat pula perhatikan pemakaian serta penempatan ciri baca supaya deskripsi produk Kamu gampang dimengerti.

 

 

Contohnya semacam deskripsi produk sneaker ABC berikut:

 

  • “ BARU Buku Why The Rich Are Getting Richer . Robert T. KiyosakiDua puluh tahun lalu, Robert Kiyosaki menulis Rich Dad Poor Dad, buku pengelolaan keuangan pribadi nomor 1 sepanjang sejarah. Buku ini menantang dan mengubah cara pikir puluhan juta orang di seluruh dunia tentang uang.
    Dengan persepektifnya tentang uang dan inveatsi yang kerap bertentangan dengan pedapat umum, Robert mendapatkan reputasi internasional karena berbicara secara blakblakan dan berani, serta menjadi penasihat tentang pendidikan keuangan yang sangat berdedikasi dan lantang menyampaikan pendapat. ”.

 

  • “ Generasi baru sepatu adidas dengan carbon fiber. Pre Order Adidas Japan! Adidas Adizero Adios Pro. Original BNIB. Dream Mile colour. Rilis 14 September 2021”.

 

 

3. Fokus Kelebihan serta Manfaat Produk

 

Kelebihan serta manfaat produk merupakan hal utama yang dapat menarik calon konsumen buat membeli produk Kamu. Hal ini sebab sebagian besar orang kala membeli suatu produk yang jadi fokus utamanya merupakan kelebihan serta manfaat dari produk tersebut untuk dirinya.

 

Kamu dapat membagikan alasan mengapa konsumen wajib membeli produk Kamu ataupun hal apa yang membedakan produk Kamu dengan yang yang lain. Di bagian inilah, survey pasar pula diperlukan buat mengenali kelebihan- kelebihan produk Kamu yang bisa jadi konsumen tidak dapat miliki pada produk yang lain.

 

Contohnya semacam deskripsi produk Lampu Natural dari Garam Himalaya berikut.

“ Alami Shaped Himalayan Salt Lamp ini dapat menyegarkan hawa dengan cara

kurangi debu serta zat pemicu alergi. Pemakaian lampu ini pula dapat menolong Kamu dalam menanggulangi bermacam permasalahan kesehatan semacam asma, alergi serta sakit kepala”.

 

 

4. Bagikan Data Selengkap Mungkin

 

Dalam membuat deskripsi produk, hendaknya Kamu membagikan data yang cocok serta selengkap bisa jadi. Sehingga dapat membuat calon konsumen tertarik serta percaya buat membeli produk Kamu.

 

Ingat disini lengkap bukan berarti panjang. Kamu dapat memakai kalimat pendek serta instan tetapi bisa mencakup segala data produk.

 

Buat deskripsi produk yang lengkap, Kamu dapat mencantumkan sebagian hal berikut ialah menimpa bahan produk, proses pembuatan, siapa ataupun industri yang membuat produk, waktu kadaluarsa, metode memakai, manfaat, dimensi produk, perinci wujud, serta lain sebagainya.

 

 

5. Tambahkan Perkata Berhubungan dengan Perasa

 

Menaikkan perkata yang berhubungan dengan perasa lumayan sanggup buat membuat calon pelanggan dapat membayangkan produk Kamu. Bila pelanggan telah dapat membayangkan produk Kamu, hingga mungkin besar pelanggan tersebut bisa tertarik buat membeli produk Kamu.

 

Perkata perasa ini dapat semacam lembut, crunchy, halus, aman, serta yang lain. Salah satu contoh deskripsi produk dengan perkata sensori ialah pada deskripsi produk Bakso Mercon Luar biasa ABCD. Ada pula deskripsinya selaku berikut:

 

“ Hujan- hujan semacam ini, memanglah enaknya membayangkan gebetan di depan jendela yang berkabut. Tetapi, hendak lebih lezat lagi bila di depan Kamu terdapat semangkuk bakso mercon panas yang luar biasa pedas. Mie nya yang lembut di bibir serta bakso yang dagingnya tumpah- tumpah, bakal menaikkan tenagamu buat mengejar sang ia”

 

 

6. Gunakan Kata Kunci SEO

 

Memakai kata kunci SEO dalam suatu deskripsi produk merupakan hal yang utama serta sangat berarti buat dicoba. Sebab hal ini bisa mempermudah calon pembeli buat dapat menciptakan produk Kamu lewat mesin pencari.

 

Jadi meski Kamu berjualan produk di marketplace ataupun web individu, para calon konsumen senantiasa dapat menciptakan produk Kamu dengan gampang. Hal ini membolehkan bila Kamu memakai kata kunci yang bagus buat deskripsi produk Kamu.

 

Oleh sebab seperti itu, dimanapun Kamu berjualan baik itu web sendiri ataupun di marketplace. Jangan sempat kurang ingat buat senantiasa memakai kata kunci yang cocok dengan produk Kamu.

 

 

Simak Tentang SEO : Jasa SEO Terbaik

 

 

7. Tambahkan Sentuhan Emosional

 

Deskripsi produk yang berkesan pastinya bisa membuat calon konsumen sulit melupakannya. Bila telah semacam ini, pastinya kesempatan mereka buat membeli produk Kamu pula hendak terus menjadi besar.

 

Salah satu yang dapat Kamu jalani buat dapat membagikan sentuhan emosional kepada calon konsumen merupakan dengan mendeskripsikan produk Kamu semacam lewat story telling.

 

Contohnya semacam yang dicoba oleh Agradaya buat mempromosikan produknya. Ada pula deskripsi produknya selaku berikut:

 

  • “ Nyaris di tiap malam senantiasa hujan, serta mendung di sore hari. Jahe jadi rempah kesukaan kami; mulai dari buat teh, kopi, buat bubur kacang hijau, susu jahe, wedang sampai minuman jeruk hangat. Mbokde senantiasa membuat Teh Jahe Sereh tiap break rehat Keluarga Agradaya. Teh digodok dengan jahe sisa penciptaan dicampur dengan sereh dari kebun kami sendiri. Seluruh suka! Tidak hanya buat menghangatkan tubuh, jahe pula berguna buat kurangi mual- mual perut gak lezat. Kalo kalian suka jahe diolah jadi apa? ”.

 

Dengan memakai metode story telling ini, hingga Kamu hendak lebih gampang tersambung dengan emosional para calon konsumen. Hal ini pastinya hendak berakibat pada tingkatan keyakinan serta ketertarikan konsumen terhadap produk Kamu.

 

 

Baca Juga : AIDA : Seni Copywriting untuk Meningkatkan Penjualan

 

 

8. Gunakan Bahasa yang Natural

 

Buat cara ini, Kamu dapat memakai tata bahasa yang alami serta friendly. Alih- alih memakai kalimat yang bertele- tele, lebih baik memakai kalimat yang alami sehingga dapat membuat para calon konsumen tidak bosan membaca deskripsi produk Kamu.

 

Seleksi kosa kata yang menarik serta semacam berdialog langsung dengan para pembaca. Upayakan memakai kalimat universal yang gampang di cerna oleh pembaca. Ada pula contoh deskripsi produk semacam ini ialah pada produk ABC Drinks selaku berikut.

 

“ Ingin menolak, jelas sungkan. Hmmm.. gimana bila nongkrongnya jangan di kafe? Kamu dapat seleksi zona outdoor semacam halaman kota yang lebih luas serta perputaran udaranya bagus. Serta permasalahan minuman, Kamu dapat bawa bekal sebotol susu almond rasa kopi dari ABCD Drinks. Dengan rasa yang lezat serta kalorinya yang rendah, Kamu leluasa nangkring sepuasnya tanpa wajib merasa bersalah”.

 

 

9. Memakai Kosakata yang Variatif

 

Hendaknya dalam pemilihan kosakata jangan sangat monoton, sebatas pada kalimat yang sama. Upayakan Memakai kosakata yang variatif tetapi senantiasa dapat dimengerti oleh pembaca.

 

Pemakaian kosakata yang variatif ini hendak sangat bermanfaat buat membuat para calon konsumen tidak malas maupun kebimbangan kala membaca deskripsi produk Kamu.

 

Semacam kala Kamu mempromosikan suatu produk skin care. Kamu dapat memakai campuran sebagian kata dalam satu deskripsi semacam komedo, blackhead ataupun glowing serta wajah bersinar, bersih serta kinclong, serta sebagainya.

 

Contohnya ialah pada deskripsi produk berikut:

  • “ Di tengah banyak aktivitas yang sangat meletihkan, Ditambah dengan cucian yang menumpuk, perabotan rumah yang berhamburan sampai setumpuk piring yang belum tercuci merupakan permasalahan baru yang kerap sekali membuat pusing. Bila dahulu Kamu wajib mempekerjakan asisten buat melaksanakannya, saat ini Kamu dapat memesan jasa bersih- bersih rumah secara online. Download aplikasi ABC saat ini pula serta langsung pesan jasa dari mitra kami kapanpun Kamu memerlukannya. Kapan lagi Kamu dapat merasa aman sepulang bekerja dengan rumah yang telah bersih serta kinclong?”

 

 

10. Bacaan Deskripsi Gampang di Skimming

 

Skimming ialah suatu metode membaca kilat ataupun sekilas. Skimming jadi salah satu tata cara yang banyak digunakan oleh para pembaca dikala ini. Mengingat atensi baca warga pula telah mulai menurun dikala ini. Apalagi wisatawan umumnya hendak membaca cuma 16% dari isi bacaan deskripsi Kamu.

 

Jadi, bila Kamu memanglah tidak dapat membuat deskripsi sesingkat bisa jadi, Kamu dapat membuat bacaan deskripsi yang gampang buat di skimming. Dalam hal ini Kamu dapat memakai trik- trik supaya bacaan deskripsi Kamu gampang di skimming.

 

Trik awal ialah dengan memakai font size yang berbeda pada sebagian bagian bacaan semacam pada bacaan isi serta judul. Dimana bacaan judul hendaknya diberikan font yang lebih besar daripada isinya.

 

Berikutnya, Kamu dapat memakai bullet points ataupun numbering sehingga pembaca lebih gampang menciptakan hal- hal berarti yang Kamu hendak sampaikan. Semacam pada bagian spesifikasi ataupun keunggulan produk.

 

Tidak cuma itu, Kamu pula membagikan bold pada bagian- bagian tertentu yang bagi Kamu berarti semacam kelebihan dari produk Kamu misalnya pada kata lembut, murah, serta sebagainya.

 

Kurang lebih contohnya selaku berikut:

  • “ E- reader produk tercanggih di dunia dikala ini. Mempunyai resolusi besar berbentuk baterai yang sanggup bertahan sampai 8 pekan. Produk ini dilengkapi pula dengan:

 

    • Sistem pencahayaan yang sudah dipatenkan, menjamin para pembaca mendapatkan pencahayaan yang sempurna cocok dengan keadaan sekelilingnya

 

    • Paperwhite memiliki 62% piksel yang lebih banyak sehingga resolusinya juga pula lebih tajam

 

    • Varian terkini ini memiliki 25% kontras yang lebih baik sehingga bacaan yang dihasilkan juga hendak nampak lebih jelas serta gelap

 

    • Meski digunakan dalam sinar cerah, Paperwhite senantiasa dapat menunjukkan foto serta tulisan yang jelas serta leluasa silau.”

 

 

11. Tambahkan Gambar Produk Asli serta Berkualitas

 

Gambar produk jadi salah satu aspek berarti dalam deskripsi produk supaya dapat menarangkan produk dengan baik. Hal ini tingkatkan kepercayaan serta keyakinan para calon konsumen terhadap produk Kamu. Sebab dengan gambar yang jelas hingga hendak membuat konsumen terus menjadi percaya terhadap produk yang hendak mereka beli.

 

Dalam pemilihan gambar, upayakan gambar yang Kamu pakai jelas serta asli supaya dapat membuat konsumen jadi terus menjadi yakin terhadap produk yang Kamu jual.

 

Jauhi memakai gambar dari Google ataupun web formal produk tersebut. Sebab hal ini dapat berakibat pada keyakinan konsumen ialah hendak meragukan produk yang Kamu jual apalagi toko Kamu.

 

Upayakan pula buat membuat gambar unik serta bermutu sehingga bisa bersaing dengan perusahaan- perusahaan ternama. Sebab terus menjadi bermutu suatu gambar hingga gambar itu hendak lebih gampang menarik calon pembeli. Apabila butuh Kamu dapat membagikan dampak latar balik yang menarik serta menawan sehingga dapat menarik atensi konsumen.

 

 

12. Tambahkan Video Untuk Deskripsi Produk

 

Tidak cuma gambar yang wajib Kamu tambahkan, namun video pula berarti buat ditambahkan dalam suatu deskripsi produk. Hal ini supaya lebih meyakinkan calon pembeli sebab mereka dapat memandang langsung secara live mutu produk Kamu.

 

Format video yang dapat Kamu pakai semacam format review produk yang muat wujud, keunggulan serta manfaat dan kelengkapan produk Kamu. Tidak cuma itu, video pula wajib disajikan dengan mutu yang bagus tanpa blur maupun pecah dan dengan audio yang jelas supaya calon pembeli tertarik buat menyaksikan video Kamu.

 

Buat dapat lebih menjual produk, Kamu dapat mengupload video tersebut ke channel YouTube Kamu ataupun media sosial sejenis supaya terus menjadi banyak orang yang menyaksikan serta tertarik dengan produk Kamu.

 

Buat mengirit bayaran, Kamu dapat memakai orang- orang terdekat yang bisa jadi memiliki banyak follower ataupun subscriber buat menolong mereview produk Kamu. Hal ini teruji jitu buat tingkatkan penjualan Kamu sebab orang- orang dapat yakin dengan produk Kamu lewat reviewer tersebut.

 

Kamu dapat meletakkan video produk ini dekat dengan deskripsi produk di web toko Kamu. Hal ini supaya para calon konsumen dapat langsung melihatnya serta yakin dengan seluruh bacaan deskripsi yang Kamu bagikan.

 

 

Baca Juga : Copywriting Adalah : Seni Menulis Untuk Menjual & Contoh Headline

 

 

 

Sudah Dapat Membuat Deskripsi Produk yang Baik?

 

 

 

 

Seperti itu cara membuat deskripsi produk yang dapat menarik banyak pelanggan. Tetapi cara tersebut tidak akan berarti apabila Kamu tidak memiliki semangat serta melaksanakan seluruhnya dengan setengah- setengah. Jadi jalani seluruhnya dengan kesungguhan. Jangan lupa untuk selalu ingat berdoa dan kerja keras serta pantang menyerah.

 

Usahakan membuat seluruh deskripsi produk Kamu dengan jujur sejujur-jujurnya. Jangan sampai Kamu kehilangan keyakinan pelanggan karena deskripsi produk yang tertera tidak sesuai dengan kenyataan.

 

Mudah- mudahan artikel ini berguna serta dapat menolong Kamu dalam membuat deskripsi produk, sehingga Kamu dapat mempromosikan produk Kamu dengan baik serta penjualan produk Kamu meningkat yang otomatis omset juga bertambah. Selamat berjuang !.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×

Belajar Accurate Cuma 25 Ribu

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate hanya 25 Ribu Rupiah.

Ambil Kelas