Cryptocurrency adalah? Begini Cara Kerja dan Manfaat Mata Uang Kripto

3 min read

Pengertian Cryptocurrency

Cryptocurrency (Mata uang kripto) adalah media pertukaran digital yang menggunakan kriptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi keuangan, mengontrol pembuatan unit tambahan, dan memverifikasi transfer aset. Ada beberapa bagian yang menjadi fokus di sini: digital , kriptografi yang kuat , pembuatan , transaksi , dan verifikasi .

Cryptocurrency Merupakan Teknologi Revolusioner

Sebagian besar adalah karena desainnya dalam mencegah masalah yang disebut “belanja ganda.”

Dengan mata uang kripto seperti Bitcoin, pengenalan dan pencegahan masalah ini berarti bahwa kita tidak perlu ragu apakah dollar yang baru saja diberikan kepada kita benar-benar dapat dibelanjakan oleh pengirim dan tanpa perlu perantara untuk memverifikasinya. Ini mirip dengan uang tunai yang keluar dari dompet Anda. Setelah Anda memberikannya, Anda dapat melihat sendiri bahwa itu tidak ada lagi.

Teknologi ini revolusioner karena ini adalah aset digital yang di masa lalu mengharuskan seseorang untuk memverifikasi transaksi karena tidak ada cara untuk mempertanggungjawabkannya secara nyata.

Dengan Bitcoin, setiap transaksi ditambahkan ke ” blok “, yang kemudian ditambahkan ke ujung rantai blok, ” blockchain ” dan tidak ada yang bisa mengutak-atik blok sebelumnya setelah dikonfirmasi. Ini dilakukan melalui kriptografi yang kuat menggunakan sesuatu yang disebut fungsi hash kriptografi SHA-256 .

Jadi dari mana semua Bitcoin ini berasal? Sebagai bagian dari proses konfirmasi transaksi di blockchain, ada orang yang disebut penambang yang menjalankan komputer atau chip untuk memecahkan teka-teki kriptografi dalam perlombaan untuk menambahkan blok baru ke blockchain. Untuk menghargai para penambang ini atas kontribusi mereka dalam menjaga keamanan jaringan, bitcoin baru dibuat dengan setiap blok ditambahkan.

Alasan mengapa membutuhkan penambang sebagai bagian dari blockchain adalah karena keamanan. Di bawah sistem bukti kerja , seseorang harus membelanjakan aset dunia nyata, seperti listrik, untuk mengonfirmasi blok: ada biaya yang dikeluarkan sebelum hadiah dapat diterima.

Cara Kerja Cryptocurrency

Dengan sistem ini, menjadi sulit bagi penjahat dunia maya untuk menyerang blockchain, karena mereka harus menghabiskan banyak sumber daya untuk menyerang; dengan pihak lain bertindak untuk kepentingan menerima Bitcoin secara sah atas upaya mereka dalam menambang, para penyerang ini memiliki sedikit peluang untuk mengambil alih 51% jaringan dan secara efektif mengendalikan mayoritas.

Untuk melihat penjelasan detailnya, lihat video ini:

Ada juga bentuk mekanisme konsensus lainnya, seperti proof-of-stake , delegated proof-of-stake , proof-of-authority , proof-of-burn , proof-of-developer , dan banyak lagi. Setiap mekanisme memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, jadi luangkan waktu untuk mempelajari lebih lanjut tentang masing-masing mekanisme melalui proyek yang paling Anda minati.

Mengapa Peduli Tentang Cryptocurrency?

Uang yang Anda gunakan hari ini mata uang fiat, dikeluarkan sebagai alat pembayaran yang sah oleh pemerintah dikendalikan oleh pemerintah dan bank yang mengelola pasokan, pengeluaran, dan distribusinya. Sebagian besar waktu, ini cukup baik untuk transaksi sehari-hari… selama Anda memercayai pemerintah dan bank Anda.

Kita dapat melihat contoh pemerintah yang telah menggelembungkan mata uang mereka sepanjang sejarah, atau bank yang menyandera uang dari keluarga pemiliknya. Terkadang, itu juga bisa menjadi tidak efisien; misalnya, ketika bank tidak menyelesaikan transfer internasional yang mendesak selama akhir pekan karena mereka tidak beroperasi saat itu.

Setelah krisis keuangan 2007/2008, seseorang atau beberapa orang bernama Satoshi Nakamoto menciptakan Bitcoin, yang digambarkan sebagai “sistem uang elektronik peer-to-peer.” Blok pertama di blockchain Bitcoin menyertakan pesan:

The Times 03/Jan/2009 Kanselir di ambang bailout kedua untuk bank.

Ini (mungkin) dimaksudkan sebagai pukulan pada sistem perbankan saat ini. Menderita akibat dari krisis keuangan, banyak bank tidak dapat bertahan dan harus bergantung pada dana talangan oleh pemerintah untuk bertahan hidup, dengan menggunakan uang pembayar pajak. Banyak pendukung asli cryptocurrency sangat menentang cara pemerintah “mencetak uang” untuk menopang perekonomian. Ketika melakukan itu, mereka pada dasarnya mendevaluasi uang yang dipegang orang dan meletakkan kendali di tangan politisi yang mungkin tidak tahu cara terbaik untuk bertindak demi kepentingan konstituen mereka.

Dengan lahirnya Bitcoin, banyak yang mulai melihat jalan ke depan yang jelas untuk dunia di mana orang-orang mengendalikan aset mereka. Ini, selain munculnya perusahaan internet besar yang menjual data penggunanya untuk mendapatkan keuntungan, dan kami memiliki bakat awal untuk sebuah revolusi. Kaum idealis mulai membayangkan sebuah dunia di mana kita muncul sebagai individu yang berdaulat, orang-orang yang memiliki hak penuh atas uang kita, privasi kita, perhatian kita, dan banyak lagi – dan dengan demikian gagasan itu menyebar.

Manfaat Mata Uang Kripto

  1. Keamanan
    Anda dapat menggunakan blockchain dengan aman karena tidak ada yang dapat mengutak-atiknya setelah transaksi Anda di blok telah dikonfirmasi (kecuali serangan pada jaringan). Anda juga dapat mewajibkan seseorang untuk memenuhi kewajibannya menggunakan “kontrak pintar”.
  2. Kontrol
    Terkait dengan poin di atas, Anda dapat mengontrol dan mengelola aset Anda sendiri tanpa melibatkan perantara. Simpan saja kunci pribadi Anda dengan aman!
  3. Global
    Semua orang di seluruh dunia dapat berpartisipasi dalam jaringan, dan Anda dapat mengirim dan menerima cryptocurrency dengan cepat dalam hitungan menit atau detik. Ini berarti bahwa bahkan mereka yang tidak memiliki akses ke sistem perbankan saat ini (yang underbanked atau unbanked) juga dapat berpartisipasi dalam ekonomi global.
  4. Transparan
    Anda dapat memeriksa setiap transaksi yang pernah terjadi di sebagian besar blockchain, seperti di Bitcoin atau Ethereum.
  5. Faktor yang Diketahui
    Berbeda dengan sistem moneter yang dikeluarkan pemerintah, sebagian besar cryptocurrency datang dengan jadwal pasokan yang dapat diprediksi. Ini berarti bahwa Anda dapat menghitung tingkat inflasi per tahun, dengan mengetahui hal itu, alih-alih mengikuti keinginan pemerintah pusat.
  6. Kapan pun
    Anda dapat bertransaksi kapan saja, tanpa harus menunggu jam buka/operasi bank.

Demikian informasi mengenai apa itu Cryptocurrency dan bagaimana cara kerja serta manfaat mata uang kripto bagi kehidupan manusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×

Belajar Accurate Cuma 25 Ribu

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate hanya 25 Ribu Rupiah.

Ambil Kelas