Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Apa Itu Telemarketing ? Tugas dan Tanggung Jawabnya

1 min read

apa itu telemarketing

Apa itu telemarketing ? Gambarannya adalah jika kamu pernah mendapatkan sebuah panggilan telephone mengenai sebuah produk atau jasa layanan lainnya nah itu merupakan sebuah aktivitas telemarketing.

Tapi apakah iya tugas dari seorang telemarketing hanya menelpon customer, melayani customer dan menawarkan sebuah produk ? Untuk kamu yang tertarik tentang hal telemarketing, sudah tepat dengan membaca artikel ini.

 

Kenalan Dulu, Apa Itu Telemarketing?

Pengertian telemarketing adalah sebuah strategi marketing dengan cara menawarkan sebuah produk atau layanan jasa kepada customer melalui telephone. Orang yang melakukan aktivitas ini disebut dengan telemarketer.

Telemarketing secara umum mostly banyak digunakan di semua jenis perusahaan – perusahan industri di Indonesia. Mulai dari telekomunikasi, perbankan, dan jasa lainnya.

Secara umum, telemarketing sering digunakan oleh perusahaan untuk menawarkan produk atau layanan jasa terbaru mereka melalui panggilan telephone. Banyak ahli marketing yang beranggapan bahwa cara telemarketing ini lebih mudah diterima, karena sifatnya berbicara secara langsung kepada calon pelanggan.

Cara ini terbilang ampuh karena produk yang disasar kepada customer merupakan produk yang tepat sasaran. Dengan begitu kemungkinan closingnya akan lebih bagus.

 

Apa Tugas dan Tanggung Jawab Telemarketing ?

Tugas dan tanggung jawan seorang telemarketing selain menelpon pelanggan, telemarketing juga punya beberapa tugas lainnya.

Simak tugas dan tanggung jawab telemarketing berikut ini …

 

Baca Juga : Apa itu Fungsi Akuntansi dalam Sebuah Perusahaan ?

 

1. Memberikan Penjelasan Produk

Seorang telemarketing tidak hanya sekedar menelpon saja, tetapi juga memberikan penjelasan yang baik dan jelas kepada customer. Penjelasan juga harus detail dan tentunya mennggugah ketertarikan customer terkait produk dan jasa layanan yang ditawarkan sampai akhirnya terjadi closing / pembelian.

2. Menjawab Pertanyaan dan Panggilan Pelanggan

Tidak hanya pandai dalam memberikan pertanyaan, tetapi kamu juga harus pintar dalam menjawab pertanyaan seorang customer yang bertanya.

Kamu harus menjawab secara singkat dan tepat juga detail.

3. Follow Up Customer

Dalam dunia telemarketing follow up menjadi suatu hal yang wajib dilakukan untuk. Hal ini dilakukan sebagai reminder kepada customer.

Jika kamu melakukan follow up usahakan kamu harus paham betul terkait dengan jam – jam dimana seseorang akan membaca pesan kamu.

4. Membuat List Customer

Telemarketing tidak akan bisa lepas dengan sebuah list customer. Kamu harus paham betul dengan yang namanya list building.

List building adalah membangun sebuah database pelanggan. Perusahaan yang sudah besar biasanya mereka akan menggunakan sistem yang dapat dengan mudah melakukan hal ini.

Namun jika perusahaannya belum menggunakan sistem, ada baiknya kamu harus fokus untuk pekerjaan ini.

5. Melakukan Survei Pelanggan

Survei ini penting, agar kamu bisa mendapatkan informasi apakah pelanggan mempunyai saran dan kritik tentang produk. Tampungan dari survei ini kemudian akan diserahkan kepada atasan sebagai bahan pengembangan produk.

Survei merupakan hal yang penting untuk dilakukan, agar kamu dapat mengerti apa sebenarnya yang dinginkan oleh customer.

Kamu sebagai seorang telemarketing akan dapat mengerti saran yang dibuat oleh customer.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×

Belajar Accurate Cuma 25 Ribu

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate hanya 25 Ribu Rupiah.

Ambil Kelas