Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Apa itu Social Media Reach? Simak Penjelasan Lengkapnya

1 min read

apa itu social media reach

Apa itu social media reach? – Reach adalah satu dari banyak informasi yang ada dalam digital marketing, agar kita tahu apakah strategi yang kita gunakan sudah berhasil atau belum.

Strategi bagus saja tidak cukup gaes. Diperlukan research yang mendalam atas hasil yang didapat dari strategi yang diterapkan.

Artikel ini akan membahas tentang social media reach. Temukan sisi lain yang tidak kamu ketahui tentang apa itu Reach.

Skutt langsung ke pembahasan.

Apa itu Sosial Media Reach?

Dilansir dari Sprout Social, Reach adalah jumlah total orang yang melihat konten yang Anda buat. Contohnya, jika Anda memiliki 1000 follower pada akun instagram Anda, maka total reachnya adalah 1000 berdasarkan dengan jumlah follower yang ada pada akun instagram.

Perlu diketahui bahwasannya angka reach tidak akan bertambah meski orang yang sama melihat konten yang Anda buat sebanyak 10 kali, 5 kali, 20 kali atau berapapun.

Ada 3 jenis reach dalam social media khususnya facebook :

  • Organik, adalah orang yang melihat konten yang Anda buat secara gratis melalui news feed.
  • Paid / Berbayar,  angka yang ditampilkan adalah jumlah orang yang melihat konten berbayar, biasanya lewat Facebook Ads atau iklan
  • Viral, jumlah komentar, like pada konten yang Anda buat.

Manfaat Sosial Media Reach?

Penting dalam digital marketing untuk pelaku bisnis bisa berkomunikasi secara langsung pada target konsumen yang sudah ditetapkan.

Mengapa reach penting? adalah agar konsumen potensial dapat mengetahui tentang brand yang Anda jalani. Dengan menggapai reach yang banyak akan bisa memberikan banyak penawaran juga

Nah, itulah mengapa reach penting agar konsumen potensial dapat mengetahui tentang brand atau penawaran yang dimiliki dan komunikasi bisa dilakukan.

Di era modern ini, mengetahui konsumsi media pelanggan menjadi cukup sulit karena mereka mudah berpindah dari satu konten ke konten lainnya.

Oleh karena itu, meskipun penargetan yang spesifik penting, berusaha mengembangkan reach seluas-luasnya pun harus dilakukan agar bisnis bisa lebih maju.

Selain itu, menurut Media Beacon, tren konsumen selalu berubah-ubah.

Oleh karena itu, marketer harus selalu bisa mengukur tingkat sukses strategi marketing yang dilakukan untuk mengetahui apakah hal-hal yang selama ini diusahakan efektif dalam menyampaikan pesan promosi dan mengundang konsumen baru.

Reach adalah salah satu cara yang bisa dilakukan marketer untuk mengukur kesuksesan strategi content marketing yang perusahaan lakukan.

Jika belum efektif, dapat dilakukan perbaikan.

Sementara, jika hasilnya sudah cukup baik, bisa dilakukan pengembangan agar reach semakin luas dan komunikasi dengan konsumen semakin efektif.

Bagaimana Meningkatkan Social Media Reach?

Ada beberapa cara agar reach pada social media bisa mengalami kenaikan, adapun caranya bisa Anda tempuh seperti berikut ini :

  • Mendesign Konten Feed agar lebih eyecatching lagi
  • Menjadwalkan konten
  • Membuat campaign iklan
  • Melakukan share konten
  • Mendukung satu sama lain antara konten sosmed, website, dan platform lainnya.
Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas