Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Admin Gudang Adalah : Tugas & Tanggung Jawabnya

1 min read

admin gudang adalah

Dalam perkembangan zaman yang kian cepat ini, khususnya dalam dunia logistik, seorang admin gudang memiliki peran yang sangatlah penting dalam sebuah perusahaan. Peran admin gudang sendiri sangat berhubungan dengan pengelolaan gudang. Jika pengelolaan gudang berjalan dengan buruk, maka sudah pasti akan menyebabkan keterlambatan operasi dan dapat mengundang banyak komplain dari pelanggan, sehingga akan menyebabkan perusahaan mengalami banyak kerugian.

Baca Juga : Admin Invoice Adalah : Tugas & Tanggung Jawabnya

Pengertian Apa Itu Admin Gudang?

Admin gudang adalah posisi yang bertanggung jawab untuk mencatat dan dokumentasikan barang yang ada di gudang. Peran utama yang dilakukan adalah pencatatan arus barang masuk dan keluar dari gudang, serta mengklasifikasikan seluruh barang tersebut.

Baca Juga : Admin Stock Adalah : Pengertian Tugas & Tanggung Jawab

Tugas dan Tanggung Jawab Admin Gudang

Bertanggung jawab atas keluar masuknya barang di gudang, berikut beberapa tugas admin gudang yang harus kamu ketahui:

1. Mencatat barang yang masuk

Gudang menjadi tempat untuk hasil produksi atau pembelian dari pihak lain, sehingga barang yang disimpan di gudang akan didistribusikan lagi ke pihak lain hingga bisa sampai ke tangan konsumen dengan aman. Oleh karena itu, dibutuhkan orang yang bisa mencatat agar jumlah stock yang tersedia bisa diketahui saat proses distribusi barang hingga sampai di gudang. Selain itu, admin gudang bisa mencatat beberapa hal seperti jumlah stok barang yang tersedia di gudang, klaim pembayaran dari transaksi pembelian, dan juga pemesanan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam menganalisa penjualan.

2. Mengklasifikasikan barang yang masuk dengan sesuai

Mengingat barang yang masuk gudang beragam, maka peran admin gudang juga mampu menghitung jumlah barang yang masuk dan mampu mengklasifikasikannya ke produk sejenis. Dengan begitu, admin gudang bisa memverifikasi data yang tersedia dengan jumlah stok barang yang keluar masuk gudang.

3. Membandingkan data dengan jumlah stok barang yang tersedia

Tugas admin gudang lainnya adalah mampu melakukan input data inventori, yakni dengan mencatat keseluruhan aktivitas barang yang keluar masuk gudang. Oleh karena itu dibutuhkan ketajaman analisis dan ketelitian tinggi. Jika analisis dan hasil verifikasi sama, maka data tersebut valid.

4. Mengecek stok barang di gudang

Melakukan pengecekan stok barang di gudang seperti mengecek stok barang yang masuk, pembongkaran barang, penyimpanan dan juga distribusi barang. Aktivitas di gudang sangat banyak karena barang yang keluar masuk gudang tidak hanya ada satu jenis. Oleh karena itu, admin gudang harus memastikan barang yang keluar masuk sesuai dengan transaksi.

5. Melakukan pengawasan masa kadaluarsa produk

Peran admin gudang selanjutnya adalah memantau masa kadaluarsa dan juga berlaku produk yang ada di gudang. Admin gudang juga harus mampu mengatur barang yang didistribusikan terlebih dahulu, yakni barang yang memiliki masa kadaluarsa lebih cepat. Dengan begitu, tidak ada barang sisa atau yang tidak bisa didistribusikan karena masalah masa kadaluarsa.

6. Mengecek barang retur

Tugas admin gudang selanjutnya adalah memastikan atau mengecek barang retur yang datang dari konsumen sesuai dengan SOP yang diterapkan.

7. Membuat surat jalan

Admin gudang juga bertugas dalam pembuatan surat jalan pengiriman barang dari gudang ke konsumen untuk surat tugas supir atau kurir yang mengirimkan barang.

8. Mencatat penggunaan barang di gudang

Tugas lain admin gudang adalah mencatat semua penggunaan peralatan gudang untuk menjaga keawetan dan keberadaan berbagai peralatan di gudang. Tak hanya itu, admin gudang harus mampu berkomunikasi dengan karyawan yang berhubungan dengan gudang sehingga semua aktivitas gudang tidak terganggu.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas