Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Prospek Kerja Sales : Ketahui Hal – Hal Tentang Sales

3 min read

prospek kerja sales

Prospek kerja sales – Hallo semuanya, balik lagi nih bareng ama kita tim penulis tanpa lelah, hhha. Kesempatan kali ini kita coba ingin membagikan beberapa hal seputar dunia pekerjaan khususnya dalam bidang sales, lebih spesifik lagi kita ingin coba nih bahas tentang sales.

Sebagian orang pembaca saya yakin si udah pada paham ya dengan sales, bagaimana kerjanya dan bagaimana tugas dan tanggung jawabnya, tapi mungkin sebagian lainnya belum paham dengan prospek pekerjaan yang satu ini.

Nah karena itu kita disini ingin coba membahas tentang prospek kerja sales. Tapi sebelum itu bahas dulu yuk pengertiannya sedikit.

Pengertian Sales

Sales adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan aktivitas yang mengarah pada penjualan barang atau jasa. Pengertian lainnya menjelaskan bahwa sales adalah transaksi antara dua pihak yaitu pembeli yang menerima barang, jasa atau aset berwujud atau tak berwujud dengan imbalan uang. Sudah cukup dimengerti ya tentang pengertian sales?

Dalam sebuah bisnis ada organisasi penjualan yang dibagi menjadi beberapa tim berbeda. Tim sales adalah tim yang sering kali ditentukan berdasarkan wilayah tempat mereka menjual produk atau layanannya kepada target pelanggan. Menurut polling Gartner 2021 Chief Sales Officer, ada dua prioritas teratas dari organisasi penjualan di Amerika yaitu membangun jalur penjualan baru (new sales pipeline) dan mencoba penjualan virtual (virtual selling).

Prospek Kerja Sales

prospek kerja sales
prospek kerja sales

Sekarang ini menjadi seorang sales adalah pekerjaan yang mungkin banyak dicari oleh sebagaian orang ya, tapi memang itu semua adalah benar adanya. Kita harus tau bener nih prospek kerja apa saja yang bisa menjadi keuntungan bagi kita apabila nantinya menjadi seorang sales.

Berikut adalah prospek kerja sales yang bisa kalian ketahui :

Memiliki pengetahuan serta keterampilan baru yang bermanfaan di dunia bisnis

Mempunyai karir dalam bidang sales bisa membuat Kamu sadar bahwa prospek kerja sales menjanjikan dan kesempatan Kamu untuk bisa belajar banyak hal juga makin besar. Beberapa ilmu baru yang bisa Kamu dapatkan ialah Kamu bisa belajar mengenai cara untuk mendapatkan keuntungan, bernegoisasi, mengoperasikan bisnis, berkomunikasi, dan membuat keputusan.

Menjadi seorang sales membuat Kamu akan terlatih untuk menjadi orang yang gigih, hal ini karena Kamu akan mengejar target yang sudah ditentukan sebelumnya. Nggak cuma itu gaes Kamu juga akan lebih terbuka nih dengan beberapa jenis bisnis lain, karena pekerjaan sales ini adalah networking ya ada beberapa lini yang menjadi penghubung dalam menjadi seorang sales.

Menerima penghasilan tambahan berupa bonus komisi

Prospek kerja sales menjanjikan dan bekerja di bidang tersebut bisa memudahkan dan membantu Kamu untuk memiliki tabungan. Saat ini telah banyak perusahaan yang tidak. Cuma memberikan penghasilan berdasarkan komisi saja, melainkan juga perusahaan tersebut memberikan gaji pokok.

Dengan demikian, Kamu tidak perlu khawatir tentang menerima penghasilan yang tidak tetap. Oleh karena adanya pembagian hasil yang semacam ini, membuat Kamu bisa lebih mudah membagi-bagi penghasilan antara tabungan jangka panjang, tabungan jangka pendek, serta untuk biaya sehari-hari Kamu.

Sebab jika peforma dan kinerja Kamu sebagai seorang sales semakin baik dalam mencapai target yang diberikan maka bonus yang Kamu dapatkan pun akan semakin banyak. Itulah sebabnya dikatakan bahwa prospek kerja sales menjanjikan. Karena Kamu bisa merasakannya secara langsung, hasil dari usaha Kamu yang selama ini Kamu usahakan. Hal ini memberikan kepuasan tersendiri dan membuat Kamu bisa lebih menghargai usaha dan hasil Kamu.

Hal ini mirip dengan orang-orang yang memiliki profesi dan bekerja pada bidang kreatif yang memperoleh gaji tambahan melalui freelance. Komisi itu bisa Kamu artikan sebagai penghasilan freelance, namun tanpa perlu mengambil waktu luang Kamu.

Memiliki tingkatan karir yang pasti

Karena prospek kerja sales menjanjikan, banyak perusahaan yang mencari seseorang untuk menjadi sales, melihat bahwa posisi sebagai sales berkaitan langsung dengan revenue perusahaan. Oleh sebab itum prospek kerja dan berkarir pada bidang sales tidak akan pernah hilang walaupun tren di dunia bisnis selalu berubah-ubah setiap harinya.

Mulai mempelajari dan menekuni bidang karir sales mulai dari sekarang agar bisa memudahkan memiliki pengalamandalam karir ini. Apabila suatu saat kamu memiliki rencana untuk mengubah bidang karir Kamu, maka pengetahuan dan keterampilan yang telah Kamu miliki bisa mrmbuat Kamu dapat beradaptasi dengan lingkungan baru di tempat lain.

Baca Juga : Sales Force Adalah : Simak Pengertian & Tugas Tanggung Jawab

Relasi menjadi lebih luas

Bukan tanpa alasan jika dikatakan bahwa prospek kerja sales menjanjikan. Alasannya karena menekuni bidang sales atau bekerja sebagai seorang sales akan memberikan Kamu peluang dan kesempatan bertemu dengan banyak orang atau pelaku bisnis dari berbagai bidang.

Seorang sales yang berpengalaman tentunya paham dan memahami seberapa pentingnya hubungan atau relasi dengan orang banyak. Sales tidak melulu harus bertemu dengan klien hanya sebatas menjual dan memasarkan produk, namun juga harus bisa menjalin hubungan yang baik dengan klien tersebut. Hubungan yang terjalin seperti ini tentu saja akan menguntungkan Kamu sepanjang perjalanan karir Kamu sebagai seorang sales.

Peluang kerja sales lebih luas

Karena dunia bisnis yang ikut berkembang bersamaa dengan perkembangan teknologi  berdampak pada berbagai bidang, khususnya terhadap peluang dunia kerja. Salah satunya membuat prospek kerja sales menjanjikan. Mengapa dikatakan demikian? Karena hampir semua perusahaan termasuk juga di dalamnya startup yang saat ini makin populer dan berkembang di dunia bisnis, mereka selalu membutuhkan divisi atau tim sales.

Untuk bekerja pada bidang memang tidak terlalu memedulikan latar belakang atau kualifikasi pendidikan yang spesifik. Malahan apapun latar belakang pendidikan dan jurusan Kamu, hal itu akan selalu menjadi sebuah kelebihan.

Sebagai contoh, Kamu adalah seorang lulusan dari teknik mesin lalu memutuskan untuk melamar pekerjaan sebagai seorang sales di salah satu perusahaan otomotif, hal ini tentu saja akan menjadi nilai lebih dan menarik bagi perusahaan tempat Kamu melamar pekerjaan.

Baca Juga : Sales Assistant Manager : Pengertian Tugas & Tanggung Jawab

Meningkatkan kemampuan komunikasi dan melatih kepercayaan diri

Supaya bisa sukses berkarir pada bidang sales dan memperoleh prospek kerja sales menjanjikan, Kamu harus terlatih dan memiliki kemampuan komunikasi dan kepercayaan diri yang baik. hal ini karena seorang sales dituntun untuk bisa memikat klien dari segala macam batasan usia agar tertarik membeli produk yang Kamu tawarkan.

Sebelum terjun dan bertemu langsung dengan klien, tentunya perusahaan akan melatih dan membekali Kamu dengan berbagai macam teknik persuasif yang memadai agar proses menawarkan produk bisa berjalan dengan baik. Tidak hanya itu, kemampuan untuk memahami kepribadian seorang klien juga sangat penting untuk mendukung dan menunjang kesuksesan Kamu sebagai seorang sales.

Kesimpulan

Jadi apa kesimpulan yang bisa kita dapatkan? semua tergantung bagaimana Anda menyimpulkannya.

Terimakasih sudah membaca.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas