Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Pendiri Shopee, Kenal Lebih Dalam Dengan Pemilik Perusahaan Ini

2 min read

pendiri shopee

Siapa pendiri shopee? banyak dari kita tau tentang apa itu shopee, namun banyak juga dari mereka yang tidak mengetahui apa itu shopee?

Pendiri shopee menjadi salah satu orang terkaya di dunia, kisah dari seorang pendiri shopee ini menarik banyak ketertarikan tentang pendiri shopee ini.

Kamu sudah tahu, siapa sosok penting dibalik ini? Dan seperti apakah kisah hidupnya yang menarik untuk membuat kita semangat.

Untuk itu ada baiknya kamu membaca artikel ini hingga selesai.

Pendiri Shopee

Pendiri shopee adalah pria dengan nama Forrest Li. 

Kisah Orang Terkaya: Forrest Li, Pendiri Shopee yang Merantau dari China ke Singapura

Nama Forrest Li (Li Xiadong)
Kelahiran Tianjin, China tahun 1977
Usia 44 tahun
Pendidikan
  • Shanghai Jiao Tong University, China (Teknik).
  • Stanford University, Amerika (Master Administrasi Bisnis)
Istri Liqian Ma
Perusahaan SEA Limited (Garena, Shopee, AirPay Limited) Free Fire

Shopee dirilis pertama kali di Singapore, pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina.

Shope berdiri dibawah naungan SEA Group (sebelumnya dikenal sebagai Garena), yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li.

Shopee bekerja sama dengan lebih dari 70 penyedia layanan kurir di seluruh pasarnya untuk menyediakan dukungan logistik bagi penggunanya. Shopee berkolaborasi dengan berbagai jasa logistik lokal, serta penyedia jasa transportasi daring.

Bentuk Bisnis Pada Shopee

Shopee memulai bisnis mereka dengan menerapkan model bisnis pasar (C2C) Customer to Customer, yang kemudian beralih menjadi model hibrid C2C (Customer to Customer) dan B2C (Business to Customer)

Shopee pertama kali dimulai sebagai pasar (C2C) pelanggan untuk pelanggan tetapi kemudian beralih ke model hibrid C2C (pelanggan untuk pelanggan) dan B2C (Bisnis untuk Pelanggan). Hal itu berjalan semenjak diluncurkannya Shopee Mall yang merupakan platform toko daring milik shopee untuk distribusi brand ternama.

Jadi meskipun sama-sama toko online sebenarnya shopee sedikit berbeda dengan bukalapak dan tokopedia yang sebagian besar hanya berperan sebagai penyedia lapak bagi pedagang, shopee juga menjual produk mereka sendiri. Itulah kenapa beberapa produk yang dijual dishopee dikirim dari luar negeri, misalnya tiongkok.

Kisah Sukses Pendiri Shopee

Li Xiadong atau Forrest Li adalah pendiri Shopee ID kelahiran Cina yang merantau ke Singapura. Ia pun menetap dan menjadi warga negara Singapura sejak saat itu.

Di negara itulah karir Forrest Li berawal dari nol hingga sukses menjadi milirader seperti sekarang. Yuk simak bagaimana si pendiri Shopee Indonesia ini menapaki jalan hidupnya.

Menjadi Pegawai Motorola

Story dari pendiri Shopee Forrest Li dimulai saat ia belajar di fakultas Teknik Universitas Jiatong Shanghai. Selama masa kuliah tersebut Li hanya menghabiskan hari-harinya dengan bermain game. Selain game, Li juga sangat hobi olahraga, yaitu sepakbola.

Lulus dari pendidikan pertamanya, Li kemudian bekerja menjadi tim rekruter di perusahaan semacam Motorola di kota Shanghai. Setelah 4 tahun bekerja, ia tidak melihat ada masa depan cerah di sana. Ia pun memutuskan untuk berhenti dan melanjutkan studi.

Selain bekerja sebagai rekruter, Li juga pernah menjadi pegawai di Viacom Media networks, dan perusahaan kaca Corning Inc. Namun, itu hanya bertahan selama beberapa tahun hingga ia memutuskan untuk lanjut kuliah.

Kuliah di Stanford University

Forrest Li memutuskan untuk berhenti bekerja, Li pun lanjut kuliah di Stanford University jurusan Master Bisnis Administrasi. Di kampus inilah Li kemudian mengubah nama panggilannya menjadi Forrest Li.

Hal ini dikarenakan para dosen kesulitan saat melafalkan namanya. Mereka meminta Li membuat nama panggilan Western yang mudah dilafalkan. Li pun memilih nama Forrest yang terinspirasi dari film Forrest Gump.

Selain perubahan nama, siapa sangka, di sinilah tempat Li bertemu dengan orang-orang berpengaruh pada karirnya di kemudian hari.

Pertama, wanita bernama Liqian Ma yang menjadi istrinya. Dan kedua adalah Steve Jobs. Pada tahun 2005 tepatnya saat wisuda sang istri, Li yang menghadiri acara wisuda itu terbius pesan yang disampaikan Steve Jobs saat mengisi pidato.

Ucapan Steve Jobs “Stay Hungry Stay Foolish” menjadi mantra ampuh yang akan mengubah hidup seorang Forrest Li. Sejak saat itu, Li bahkan tidak bosan mengulang pidato tersebut setiap hari hingga ia mulai memberanikan diri menjadi seorang pebisnis. Ide bisnis dari seorang Forrest Li terbilang sangatlah cemerlang hingga bisa membuat shopee sampai sejauh ini.

Bagaimana Forrest Li Bisa Sukses?

Menurut buku yang saya baca, seseorang bisa sukses dengan kerja keras dan ketekunan.

Sekedar informasi untuk kamu, bahwa Szeto Digiclass bisa membuat kamu sukses dengan pelatihan – pelatihan accurate yang dapat kamu pelajari.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas