Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Apa itu Manajemen Persediaan? Simak Pengertian dan Biaya Persediaan

1 min read

manajemen persediaan

Manajemen persediaan adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mengelola persediaan dalam bisnis maupun usaha seseorang atau perusahaan. Persediaan dalam bentuk barang, maupun ke pelanggan, bingung ? kamu sudah tepat membaca ini ..

Menurut Heizer & Rende Tujuan dari sebuah manajemen persediaan adalah menentukan keseimbangan antara investasi persediaan dengan pelayanan pelanggan. Kamu tidak akan pernah mencapai sebuah strategi berbiaya rendah tanpa manajemen persediaan yang baik.

 

Apa itu Persediaan ?

Persediaan adalah salah satu dari banyak aset yang sangat bermanfaat. Persediaan itu sendiri mewakili sebanyak 50% dari seluaruh modal yang diinvestasikan. (Heizer & Render, 2014:512).

Jadi, persediaan adalah keseluruhan barang atau perlengkapan yang diperuntukkan untuk perusahaan, baik untuk menjalankan proses produksi ataupun menjaga keberlangsungan kegiatan operasional perusahaan, baik itu perusahaan manufaktur ataupun perusahaan dagang yang bertujuan untuk memenuhi permintaan konsumen.

Persediaan juga merupakan aspek yang penting bagi suatu perusahaan, karena ya itu tadi ia merupakan 50% modal dari perusahaan berupa persediaan.

Apa itu Pengendalian Persediaan?

Pengendalian persediaan adalah sebuah sistem yang digunakan perusahaan sebagai bukti laporan untuk manejemen puncak atau atasan maupun manajer persediaan sebagai alat ukur kinerja persediaan dan dapat digunakan untuk membantu membuat mengenai kebijakan persediaan perusahaan.

Sistem dari pengendalian perusahaan adalah tingkat persediaan dengan menentukan berapa banyak jumlah pesanan, (level replenishment).

Jenis – Jenis Persediaan?

Untuk mengakomodasi semua bahan persediaan dalam sebuah perusahaan, maka perusahaan harus memelihara empat jenis persediaan :

  1. Persediaan Bahan Baku

Persediaan bahan baku adalah bahan yang sudah dibeli, tetapi belum memasuki proses manufaktur. Persediaan bahan baku dapat digunakan untuk melakukan decouple pemasok dari sebuah proses produksi.

  1. Persediaan barang setengah jadi (Work in Process – WIP Inventory)

Produk inventory bahan mentah yang telah melewati beberapa proses peruabahan, tetapi belum selesai.

  1. Persediaan pasokan pemeliharaan

Persediaan – persediaan yang untuk persediaan pemeliharannya, perbaikan, operasi yang dibutuhkan untuk menjaga agar mesin -mesin dan proses – proses tetap produktif.

  1. Persediaan barang jadi (Finished goods stock)

Barang jadi merupakan jenis persediaan barang sudah siap untuk dijual, yang perlu digaris bawahi adalah hal ini merupakan asset dalam pembukuan perusahaan.

 

Biaya Manajemen Persediaan

Kamu perlu tahu tentang 3 biaya persediaan …

  1. Biaya Penyimpanan

Biaya penyimpanan atau holding cost adalah biaya yang terkait dengan penyimpanan atau “membawa” persediaan selama waktu tertentu.

Meliputi :

  • Fasilitas bangunan, atau gedung
  • Alat penyimpanan
  • Pekerja
  • Pencatatan
  • Pinjaman untuk pembelian persediaan (Bunga kredit, pajak, asuransi)
  • Produk gagal, barang rusak, dan hal – hal di luar duga seperti pencurian dan lainnya.
  1. Biaya Pemesanan (Ordering Cost)

Manajemen persediaan yang terkait, persediaan, formulir, proses pesanan, pembelian, dukungan administrasi.

  1. Biaya Penyetelan (Setup)

Biaya setup ini adalah biaya untuk mempersiapkan sebuah alat atau hardware maupun software atau proses untuk membuat sebuah pesanan.

Hal yang masuk dalam hal ini adalah biaya software akuntansi mungkin. Dan apabila kamu menggunakan software akuntansi pastinya kamu juga paham dengan software tersebut.

Maka langkah yang bisa dicoba adalah melakukan jasa training

 

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×

Belajar Accurate Cuma 25 Ribu

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate hanya 25 Ribu Rupiah.

Ambil Kelas