Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Kwitansi Adalah : Ciri – Ciri dan Cara Menggunakannya

6 min read

kwitansi adalah

Pengertian Kwitansi

 

Pengertian kwitansi adalah salah satu dokumen fakta transaksi keuangan. Metode memakai kwitansi pula tidak dapat sembarangan. Tidak hanya itu, identitas kwitansi wajib dimengerti terlebih dulu.

 

Karena, walaupun transaksi keuangan merupakan perihal yang tiap hari, tidak seluruhnya membutuhkan dokumen fakta.

 

Tentang transaksi keuangan, bisa jadi semenjak kecil kita telah biasa melaksanakannya. Semacam kala kita membeli jajanan di orang dagang kaki 5 depan sekolah.

 

Tetapi, realitasnya tidak seluruh transaksi semudah serta seringkas kala kita membeli jajanan di orang dagang kaki 5 ataupun membeli sembako di toko kelontong dekat rumah.

 

Terdapat kalanya, kita wajib menyertakan sesuatu dokumen pembayaran selaku fakta kalau transaksi tersebut sudah kita jalani dengan legal.

 

Dengan legal artinya merupakan kalau transaksi tersebut sudah disepakati oleh kedua belah pihak, ialah penjual serta pembeli.

 

Semacam misalnya dikala kalian menerima struk pembayaran dikala berbelanja di supermarket. Struk tersebut ialah fakta yang legal kalau benda belanjaan yang kalian membawa telah dibayar lunas.

 

Sebaliknya kwitansi umumnya terbuat buat pembayaran yang lebih resmi. Dalam postingan ini, secara spesial hendak mangulas menimpa pengertian, identitas, serta metode memakainya.

 

 

Tentang Kwitansi Lebih Lanjut

 

Bisa jadi kalian telah tidak asing lagi dengan dokumen ini, apalagi telah terbiasa memakainya. Tetapi terdapat pula yang belum ketahui.

 

Pengertian kwitansi secara lebih lengkapnya merupakan selembar kertas yang jadi fakta pembayaran ataupun fakta transaksi yang legal. Pembayar dalam sesuatu transaksi hendak menerima kwitansi dari penerima uang.

 

Terdapat kwitansi yang cuma membutuhkan ciri tangan penerima serta pembayar uang. Tetapi, terdapat pula yang wajib membubuhkan materai. Kwitansi yang meningkatkan ciri tangan di atas materai umumnya ialah kwitansi buat transaksi dengan nominal besar.

 

Nominal transaksi yang butuh membubuhkan materai umumnya didetetapkan oleh pihak pembayar supaya merasa lebih nyaman.

 

Sebagian lembaga mempraktikkan ketentuan kalau transaksi diatas satu juta rupiah wajib membubuhkan materai.

 

Jadi, kala kalian melaksanakan transaksi, yakinkan kwitansi yang kalian buat ataupun terima cocok dengan ketentuan internal kedua lembaga yang ikut serta. Keduanya, ialah dengan serta tanpa materai, bersama legal serta bisa membiasakan dengan kebutuhan.

 

Tidak cuma ciri tangan, terdapat sebagian perihal lain yang wajib kalian perhatikan dikala mengisinya. Perinci semacam no transaksi, nama pembayar, jumlah nominal uang, tujuan pembayaran, serta bertepatan pada transaksi ialah komponen berarti dalam kwitansi.

 

Oleh sebab itu, yakinkan seluruhnya kalian tulis dengan perinci supaya tidak jadi permasalahan di setelah itu hari.

 

Bila kalian bertugas selaku pencatat informasi transaksi buat arus kas industri, lembaga, ataupun lembaga, hingga umumnya kalian wajib menyertakan kop yang menerangkan bukti diri lembaga yang menerbitkan kwitansi.

 

Kwitansi dengan kop memanglah terkesan lebih resmi. Berbeda dengan transaksi yang lebih bertabiat perseorangan ataupun informal, kalian dapat memakai novel kwitansi tanpa kop.

 

Di dalam novel ini ada di dalamnya dekat 5 puluh sampai seratus lembar kwitansi siap gunakan.

 

Hingga di mari bisa kita simpulkan bahwa kwitansi merupakan fakta transaksi yang legal. Hingga, kalian tidak butuh khawatir menjadikannya selaku opsi fakta pembayaran kala melaksanakan transaksi.

 

Tetapi, tidak hanya menguasai pengertian kwitansi, kalian pula wajib menguasai identitas serta metode memakainya. Kita hendak mengulasnya lebih lanjut di postingan ini.

 

Ciri – ciri Kwitansi

 

Bisa jadi kalian sempat memohon seorang buat membuatkanmu kwitansi sehabis melaksanakan sesuatu transaksi. Nah, apakah sepanjang ini fakta bayar yang kalian terima merupakan kwitansi yang cocok standar?

 

Sehabis kalian menguasai pengertian kwitansi, pada bagian ini kalian hendak menekuni ciri- cirinya supaya kalian tidak melaksanakan kesalahan. Berikut identitas kwitansi yang butuh kalian perhatikan.

 

Kwitansi mempunyai 2 bagian, ialah sub bagian serta sisi utama kwitansi. Sub bagian ialah bagian kwitansi di sebelah kiri.

 

Umumnya bagian ini kecil serta nantinya hendak dipegang oleh penerima uang. Sebaliknya pihak pembayar hendak memperoleh sisi utama.

Bila tidak mempunyai kwitansi yang mempunyai 2 bagian semacam poin no satu di atas, kalian dapat buatnya rangkap 2 atas dasar.

 

Bagian asli ataupun lembar bagian atas ialah hak pembayar, sebaliknya penerima uang hendak memperoleh sisi dasar.

 

Data pada kwitansi wajib perinci meliputi no transaksi, nama lengkap pembayar, jumlah uang yang dibayarkan, ciri tangan pembayar serta penerima, nama lengkap penerima yang ditulis di dasar ciri tangannya, dan posisi transaksi.

 

Upayakan perinci yang kalian tuliskan betul- betul lengkap buat menjauhi kasus kedepannya.

 

Identitas kwitansi yang terakhir merupakan terdapatnya kop. Industri, lembaga ataupun lembaga besar hendaknya membuat kwitansinya sendiri. Kwitansi tersebut menyertakan kop bukti diri industri.

 

 

Metode Memakai Kwitansi

 

Walaupun banyak perlengkapan ataupun dokumen fakta bayar yang bisa kalian gunakan dalam proses transaksimu, tetapi kwitansi merupakan salah satu yang kerap kerap digunakan oleh warga. Oleh sebab itu, kalian pula wajib ketahui metode memakai kwitansi dengan benar.

 

Sehabis menguasai pengertian serta identitas kwitansi, hendak gampang bagimu buat memahami metode memakai kwitansi berikut ini.

 

Siapkan Kwitansi

 

Pasti saja, awal kalian wajib mempersiapkan blangko kwitansi yang hendak kalian gunakan. Kalian bisa memakai kwitansi praktis yang umumnya ada di toko novel ataupun tempat fotocopy.

 

Kalian hendaknya memakai kwitansi yang memakai kop bukti diri bila kalian buatnya buat sesuatu industri, bukti diri, ataupun lembaga yang besar.

 

Siapkan pula kertas karbon yang kalian pakai rangkap 2 atas dasar.

 

Kertas karbon merupakan kertas yang terbuat dari susunan tinta kering serta diikat dengan parafin di salah satu sisinya. Letakkan kertas karbon di antara lembar kwitansi atas serta dasar. Nantinya apa yang kalian tulis di kwitansi atas hendak langsung tersalin di bagian yang dasar.

 

Isi dengan Bolpoin

 

Yakinkan kalian mengisinya dengan bolpoin yang tintanya tidak gampang lenyap. Seleksi bolpoin yang bisa digunakan buat menulis dengan jelas. Jangan memakai pensil ataupun spidol.

 

Sesuaikan dimensi tulisan, jangan sangat besar ataupun kebalikannya. Tulislah dengan apik serta gampang terbaca.

 

Isi seluruh informasi dengan lengkap

 

Metode memakai kwitansi yang ketiga merupakan mengisi seluruh perinci yang kalian butuhkan dengan lengkap. Standarnya, terdapat sebagian informasi yang wajib terdapat di dalam fakta bayar yang satu ini, ialah :

 

  • Kop kwitansi( bila dikeluarkan oleh industri, lembaga, ataupun institusi)

 

  • No transaksi

 

  • Nama lengkap pihak yang membayar

 

  • Nominal uang yang dibayarkan, baik dengan angka ataupun huruf

 

  • Tata cara pembayaran

 

  • Tujuan pembayaran

 

  • Ciri tangan pembayar serta penerima uang diiringi nama terang

 

  • Bertepatan pada serta tempat transaksi

 

Buat sebagian proses transaksi, bisa jadi kalian butuh meningkatkan sebagian perinci informasi yang lain. Perinci informasi di dalam kwitansi bisa membiasakan dengan kebutuhan tiap- tiap transaksi.

 

Nah, itu metode memakai kwitansi dengan baik serta benar. Kwitansi merupakan fakta bayar yang legal jika informasinya lengkap serta informasi tersebut bisa terbaca dengan jelas.

 

Macam- Macam Kwitansi

 

Nah, sehabis ketahui pengertian kwitansi, identitas, serta metode memakainya, apakah kalian telah ketahui kalau terdapat 2 berbagai kwitansi, ialah kwitansi fakta pembayaran serta kwitansi fakta transfer uang? Berikut perbandingan keduanya.

 

 

Kwitansi Fakta Pembayaran

 

Pada dasarnya, seluruh kwitansi merupakan fakta pembayaran. Tetapi, yang umumnya diucap selaku kwitansi fakta pembayaran merupakan yang dipaparkan pada postingan ini.

 

Kwitansi ini menerangkan kalau seorang sudah melaksanakan pembayaran buat sesuatu tujuan tertentu.

 

Membagikan lembar fakta bayar ini tidak butuh menunggu sesuatu transaksi lunas. Misalnya seorang membeli suatu tempat tidur. Orang tersebut memilah buat membayar uang down payment( DP) sebesar 50%.

 

Jadi, kwitansi yang dia terima dikala itu merupakan penjelasan kalau dia telah membayar 50% dari harga total tempat tidur. Gimana? Tentu kalian telah terus menjadi mengerti dengan pengertian kwitansi.

 

Kwitansi Transfer Uang

 

Kwitansi transfer uang ialah kwitansi tipe baru. Fakta bayar ini terdapat semenjak terdapatnya teknologi buat melaksanakan transfer uang antar rekening.

 

Sehabis kalian melaksanakan transfer uang, umumnya kalian memperoleh fakta transfernya. Kertas fakta transfer ini bisa jadi fakta kalau kalian sudah melaksanakan pembayaran buat suatu.

 

Hendak namun, bila kalian melaksanakan transfer lewat ATM, fakta transfer uang yang kalian miliki tidak dapat menarangkan tujuan pembayaran tersebut.

 

Sehingga, bila transaksi tersebut merupakan berarti, hingga hendaknya kalian lekas memohon kwitansi fakta pembayaran dari pihak yang menerima uang kalian. Terlebih, tinta pada fakta transfer uang di ATM gampang lenyap.

 

 

Baca Juga : Apa itu Price Action? Dan Bagaimana Cara Penggunaanya dengan Benar

 

 

Perbandingan Kwitansi dengan Faktur, Struk, serta Invoice

 

Dalam proses transaksi keuangan, ada sebagian tipe dokumen yang dapat meyakinkan kalau transaksi tersebut sudah terjalin. Tiap- tiap tipe dokumen tersebut mempunyai guna khusus yang berbeda dengan kwitansi.

 

Tetapi orang kerapkali salah dalam membedakannya, ialah faktur, struk, serta invoice. Berikut perbandingan dokumen tersebut dengan kwitansi:

 

 

1. Faktur

 

pengertian kwitansi merupakan dokumen yang jadi fakta sahnya transaksi, sebaliknya faktur lebih merujuk pada dokumen yang menerangkan sesuatu transaksi kredit antara penjual serta pembeli.

 

Tidak hanya perinci informasi semacam benda ataupun jasa yang jadi objek transaksi, nama, serta harga, faktur umumnya pula muat perinci konvensi metode bayar.

 

Dalam perkembangannya, ada sebutan faktur pajak. Faktur pajak ialah fakta kalau konsumen sudah membayar pajak lewat Pengusaha Kena Pajak( PKP) atas transaksi Benda Kena Pajak( BKP) ataupun Penyerahan Kena Pajak( JKP).

 

2. Struk

 

Sehabis menguasai pengertian serta identitas kwitansi, kalian hendak bisa membedakannya dengan struk. Struk ataupun kalian bisa jadi menyebutnya dengan sebutan“ nota”, ialah dokumen yang jadi fakta bayar atas sesuatu benda ataupun jasa.

 

Kelainannya dengan kwitansi merupakan mayoritas struk tidak membutuhkan ciri tangan. Bila butuh, umumnya cuma ciri tangan dari pihak yang menerima pembayaran.

 

Bila kwitansi lebih menegaskan pada fakta pembayaran buat satu tipe benda ataupun jasa, struk lebih menuju pada fakta pembayaran benda yang jumlahnya banyak serta tidak seformal kwitansi.

 

Struk hendak kerap kalian jumpai dikala berbelanja di sesuatu supermarket ataupun toko besar.

 

3. Invoice

 

Bila guna faktur serta struk agak mirip dengan kwitansi, invoice jauh berbeda dengan keduanya. Invoice ialah ciri tagihan dari seseorang penyedia jasa ataupun benda kepada konsumen.

 

Dengan kalian membagikan invoice ke pembeli ataupun konsumen, bukan berarti pihak tersebut sudah membayar kewajibannya. Dengan demikian, dalam perihal pemakaian, metode memakai kwitansi berbeda dengan invoice.

 

Selaku contoh, misalnya kalian seseorang influencer sosial media yang berkolaborasi dengan klien serta kalian membagikan invoice pada klienmu saat sebelum mempromosikan benda ataupun jasa mereka ke akun sosial mediamu.

 

Perihal itu bukan berarti klienmu sudah membayar beberapa uang cocok konvensi kamu. Tetapi kala klienmu sudah membayar, kalian bisa membagikan kwitansi pada mereka.

 

Dari uraian di atas, apakah kalian telah mengerti tentang pengertian kwitansi serta penggunaannya? Kwitansi merupakan bagian dari kehidupan kita tiap hari, jadi telah sepatutnya kita menguasai lebih dalam tentang dokumen yang satu ini. Jangan hingga kwitansi yang kalian pegang nyatanya tidak legal sebab terdapatnya sesuatu kesalahan.

 

 

Apakah bagi kalian postingan ini menarik serta berguna? Ayo share ke sahabat kalian! Biar mereka pula jadi lebih ketahui.

 

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×

Belajar Accurate Cuma 25 Ribu

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate hanya 25 Ribu Rupiah.

Ambil Kelas