Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Extruder Adalah : Pengertian dan Penjelasan Lengkapnya

2 min read

extruder adalah

Extruder adalah mesin yang digunakan untuk melakukan proses ekstrusi meliputi pencampuran bahan, pemasakan, dan pencetakan. Ekstruder sendiri adalah sebuah kombinasi dari proses  antara tekanan, gesekan, dan suhu dalam suatu ulir yang bergerak dalam waktu yang bersamaan.

Mesin extruder ini banyak digunakan untuk produksi makanan dengan aneka ragam bentuk, seperti bulat, bentuk bunga, stick, hamburger ball shape, dan sebagainya.

Ada 2 macam ekstruder, pertama adalah ekstruder ulir tunggal (Single Screw Extruder) dan yang kedua ada ekstruder ulir ganda (Double Screw Extruder). Sementara bagian penting dalam mesin extruder adalah batang ulir(Screw) dan selubung silinder(Barrel).

Tahapan- Tahapan Proses Mesin Extruder

Proses yang bisa dilakukan mesin extruder adalah :

  • Membawa bahan secara kontinu
  • Mencampur dan pengadukan
  • Menghomogenkan dan mereaksikan
  • Menghantarkan dan pembangkitan energi panas dan mekanis untuk memplastiskan bahan.
  • Membentuk dan mencetak.

Baca Juga : Sales Engineer Adalah : Pengertian, Tugas & Tanggung Jawab

Prinsip Extruder

Prinsip kerja dari mesin extruder sendiri adalah proses memanasi dan membentuk dalam pengaruh  tekanan tinggi dan keluar melalui pencetak (die) dan proses pemasakan ekstrusi termasuk proses pemasakan modern baik High Temperature Short  Time/ Suhu Tinggi Waktu Pendek.

Bentuk dan ukuran sangat menentukan bentuk geometris  ekstruder yang dihasilkan. Misalnya: Pembuatan crisp bread roti renyah, lubang die pipih atau gepeng, pembuatan cheese ball,  lubang die bulat, produk tabung yang ditengah diisi vanila, coklat keju, lubang die bentuk ring seperti Momogi, Coco cranch; dan masih banyak lagi.
Fungsi suhu tinggi adalah:

  • memasak,
  • sterilisasi,
  • menginaktifkan enzim, anti- nutrisi, anti tripsin, ammonia (urea)
  • Penguapan air

Fungsi tekanan adalah:

  • [1] Menghasilkan gaya ‘shear’ dan mengalirkan bahan sepanjang ruang ekstrusi.
  • [2] mengeluarkan dan mengembangkan produk menjadi bentuk puffing (brondong)
  • [3] Tekanan pada ujung ekstruder (4 – 6 atm)

Pada saat bahan keluar dari lubang pencetak :

  • [1] Suhu menjadi turun (menjadi 28 derajat C )
  • [2] Tekanan turun secara tiba-tiba
  • [3] Terjadinya ekspansi uap air
  • [4] Yang terjadi adalah: bahan menjadi mengembang, proses pengeringan, proses pendinginan adiabatis

Nah sekarang ini ketahui tentang bagian – bagian dari mesin extruder

Bagian Mesin Extruder

1). Ulir In Let.

Pada ujung Screw Extruder terdapat ulir In let yang merupakan ulir tempat dudukan Inner Pipe untuk mengunci agar posisi Screw Extruder tidak lepas atau kendor pada saat kondisi screw extruder berputar.
Pada saat dilakukan pemasangan screw extruder, pada bagian lubang ulir ini akan bertemu dengan ulir Inner Pipe yang akan mengunci agar screw extruder tidak lepas dari dudukannya dan sekaligus lubang in let tersebut merupakan pintu utama masuknya sirkulasi air TCU ( Temperatur Control Unit ).

2). Gear.

Pada batang screw extruder mempunyai susunan gear yang terdapat pada pangkal batang screw extruder yang memiliki fungsi sebagai media yang di gerakkan oleh Gear Box unit sedangkan gear box unit bisa berputar karena di gerakkan oleh Motor Penggerak.
Sehingga pada dasarnya adalah Screw Extruder dapat berputar didalam cylinder barel screw karena Screw Extruder tersebut mempunyai gear yang di gerakan oleh putaran gear box sedangkan putaran gear box di gerakkan oleh motor penggerak.
3). Blade atau Sirip
Mesin Extruder mempunyai bagian blade atau sirip sepanjang batang screw extruder yang berbentuk seperti ulir baut yang berukuran besar dan tebal.
Sedangkan fungsi utama dari pada blade atau sirip screw extruder tersebut adalah untuk melumat dan mendorong material di dalam cylinder barel screw extruder agar material tersebut menjadi lembut dan halus sesuai dengan tekstur yang diharuskan dan siap dipakai ke next proses.

Posisi permukaan Blade inilah yang biasanya dilakukan pengukuran gap atau clearancenya terhadap casing cylinder screw extruder atau barel screw dengan menggunakan alat ukur fuller gauge.

4). Head Screw Extruder

Head Mesin Extruder dilakukan pemasangan pada ujung screw extruder yang memiliki ulir di dalam headnya yang berfungsi untuk mengikat head ke body screw extruder.

Head screw mempunyai fungsi sebagai plug pada batangan screw extruder sehingga dengan di bukanya head screw maka lubang di dalam sepanjang batangan screw bisa di bersihkan dari kotoran keraknya.

Untuk mencegah kebocoran air pada sambugan ulir head screw dengan ulir batangan screw, maka di pasanglah O-ring bermaterial Viton di celah antara head screw dengan batangan screw extruder.

Screw Extruder memiliki banyak ukuran hal ini tergantung dengan kebutuhan proses produksi di sebuah perusahaan atau pabrik industri.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas