Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Etika Komunikasi Bisnis : Pengertian dan Penjelasan Lengkap

1 min read

etika komunikasi bisnis

Etika komunikasi bisnis adalah proses pertukaran dimana informasi antara individu dengan individu lainnya atau dengan sekelompok orang.

Komunikasi dapat dikatakan berhasil manakala pengirim pesan dan penerima pesan memahami informasi yang sama (Baca juga : Prinsip-prinsip Komunikasi). Sehubungan dengan konteksnya, komunikasi juga  melibatkan berbagai pilihan, merefleksikan nilai-nilai, dan memiliki konsekuensi.

Ketiga elemen kunci komunikasi tersebut membentuk dasar-dasar bagi etika komunikasi (Makau, 2009 : 435).

Dengan belajar tentang komunikasi bisnis, kita dapat mengetahui bagaimana berbagai hal dapat mempengaruhi suatu sistem komunikasi dalam sebuah perusahaan.

Pentingnya Etika Komunikasi Bisnis

Kalau kamu adalah seorang pengusaha ataupun seorang professional, Kamu dapat mempelajari dan mempraktekkannya.

Diluar sana banyak seorang pengusaha yang tidak mempelajari ilmu etika komunikasi bisnis.

Maka tidak jarang ada banyak kasus negatif dalam bisnis penyebabnya adalah tidak mengutamakan etika dalam sebuah berkomunikasi.

Contoh buruk dalam sebuah etika bisnis adalah spamming.

Etika Komunikasi Bisnis Dalam Ranahnya

Pembahasan lebih lanjut adalah hal yang sangat kompleks. Biasanya dalam etika komunikasi bisnis. Ranahnya adalah sebagai berikut.

  1. Lewat telepon
  2. Lewat email
  3. Lewat instant messaging (aplikasi chat)
  4. Lewat skype atau video call

Sebenarnya masih ada banyak sekali ranah-ranah yang lain. Ranah di atas kami pilih karena masih dalam satu ranah yang sama yaitu digital sehingga pembahasannya tidak terlalu jauh antara ranah yang satu dengan yang lainnya.

Menurut G. Cheney, M. Kent, dan M. Debashish (2011) komunikasi bisnis yang etis sangat penting dalam tiga perspektif utama yaitu bisnis dengan publik, bisnis dengan karyawan, dan bisnis dengan bisnis.

• Komunikasi bisnis dengan bisnis dalam artian komunikasi antara sebuah perusahaan bisnis dan distributor serta penyuplai.

• Komunikasi bisnis dengan karyawan berarti komunikasi yang memainkan peran dalam tingkat organisasi dan bagaimana kalangan manajemen atas mengirimkan pesan-pesan bisnis seperti kebijakan kepada karyawan

• Komunikasi bisnis dengan publik memainkan sebuah peran instrumental dalam mengembangkan citra sebuah organisasi. Karena itu, sangat tidak bisa disangkal bahwa pengelolaan standar etika yang tinggi selama komunikasi bisnis adalah sebuah faktor sukses bagi beberapa bisnis

Etika telah menjadi sebuah kata yang sangat penting dalam dunia perusahaan karena semakin berkembangnya globalisasi dan komunikasi. Dapat didefiniskan sebagai prinsip-prinsip kode tertulis maupun tidak tertulis dan nilai-nilai yang membuat keputusan serta tindakan dalam sebuah perusahaan.

Fungsi utamanya adalah untuk memastikan bahwa pesan-pesan bisnis yang dikirimkan dan diterima adalah pesan-pesan yang bersifat netral dan tidak menyerang berbagai pihak.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas