Szeto Consultants Blog

CSO Adalah : Ketahui Tentang Customer Service Officer

cso adalah

cso adalah

CSO atau Customer Service Officer Adalah orang yang melakukan pekerjaan untuk memberikan pelayanan/service kepada para pelanggan atau Customer. Posisi ini memiliki peran yang sangat penting bagi perusahaan. Faktor keberhasilan suatu perusahaan sangat ditentukan dari bagaimana Customer Service melayani para pelanggan dengan baik atau tidak.

Adapun jenis pelayanan yang bisa diberikan dari seorang cso adalah seperti memberikan informasi tentang produk perusahaan, menerima komplain atau keluhan dari client dan memberikan solusi terkait dengan permasalahan tersebut. Jadi jika Anda ingin menjadi Customer Service Officer (CSO) Anda harus pandai untuk mencari penyelesaian masalah yang dihadapi oleh pelanggan.

Bagaimana cara menjadi seorang Customer Service Officer? kalian bisa melihat penjelasannya di link yang sudah ditautkan ya.

Baca Juga : Sales Assistant Manager : Pengertian Tugas & Tanggung Jawab

Tugas dan Tanggung Jawab CSO

Tugas utama yang seharusnya dilakukan oleh seorang CSO adalah memberikan pelayanan semaximal mungkin dan melakukan pembinaan hubungan baik dengan calon pelanggan. Kamu harus benar – benar tekun dalam pekerjaan ini dan selalu sabar dalam menghadapi segalam macam jenis customer ataupun menerima keluhan dari seorang customer. Selain itu Customer Service juga memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan suatu pertanyaan dari awal sampai masalah tersebut selesai.

1. Menerima Tamu

Setiap ada tamu atau pelanggan yang datang ke perusahaan, petugas Customer Service dapat mengajukan pertanyaan kepada para tamu tersebut dan memberikan informasi terkait apa yang dibutuhkan. Customer Service harus bisa memberikan pelayanan dengan sopan dan ramah agar pelanggan merasa senang dan menikmati pelayanan yang diberikan. Selain itu sebaiknya gunakan bahasa yang mudah untuk mereka mengerti.

Dalam halnya bisnis pasti ada seorang tamu, atau jika dalam sebuah hotel pasti akan ada tamu yang datang. Tugas dari seorang cso adalah setiap ada pelanggan atau tamu yang datang, petugas Customer Service Officer dapat mengajukan pertanyaan kepada para tamu tersebut dan memberikan informasi terkait apa yang dibutuhkan.

Customer Service harus bisa memberikan pelayanan dengan sopan dan ramah agar pelanggan merasa senang dan menikmati pelayanan yang diberikan. Selain itu sebaiknya gunakan bahasa yang mudah untuk mereka mengerti.

2. Membina Hubungan Baik

Dalam agama kita diharuskan baik sesama manusia, dalam Customer Service Officer (CSO) perlu orang yang mampu membina hubungan baik dengan setiap tamu atau pelanggan yang datang ke perusahaan. Kamu juga harus menyiapkan beberapa browsur serta formulir untuk pelanggan. Jika mereka mengalami kesulitan dalam mengisi formulir tersebut, tugas Kamu adalah membantu mereka agar tidak kebingungan dengan memberikan arahan yang benar.

3. Komunikator

Sudah pasti ya Kamu haruslah orang yang pandai berkomunikasi, menjadi penghubung antara perusahaan dan pelanggan, memberikan informasi dengan jelas dan sabar menghadapi customer

Jika Anda ingin melamar sebagai Customer Service Officer (CSO) sebaiknya Anda simak beberapa persyaratan berikut ini.

Baca Juga : Asisten Traksi Adalah : Simak Tugas & Tanggung Jawabnya

Persyaratan Menjadi Customer Service Officer (CSO)

1. Syarat Personalia

Hal ini diperlukan memang, karena kita akan bertemu dengan klien atau berhadapan langsung dengan customer, first impression sangat diperlukan dalam hal ini.

2. Syarat Mental

3. Syarat sosial

Selain dari hal – hal diatas, ada beberapa hal penting yang harus bisa dilakukan oleh seorang CSO atau Customer Service Officer. Berikut ini adalah point – point nya.

1. Cara Melayani Pelanggan

2. Cara Menerima Telepon Masuk

3. Etika Dalam Memberikan Pelayanan

Untuk dapat memberikan pelayanan yang baik dan maximal, ada beberapa etika atau aturan3 yang harus dilakukan dipelajari yaitu sebagai berikut.

Beberapa hal ada yang boleh untuk Kamu lakukan, dan yang tidak boleh untuk Kamu lakukan jika menjadi seorang Customer Service Officer (CSO) berikut adalah list nya :

1. Yang Dapat Anda Lakukan

. Yang Tidak Boleh Anda Lakukan

Mungkin ini saja ya informasi yang bisa kami berikan terkait dengan pekerjaan Customer Service Officer, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di next artikel

Exit mobile version