Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Credit Note Adalah : Manfaat dan Fungsi

1 min read

credit note

Credit note adalah bukti transaksi penerimaan kembali sebuah barang yang sudah dijual secara kredit (retur penjualan) atau pengurangan harga faktur yang disebabkan kerusakan harga barang.

Maka jika terjadi seperti hal diatas, kredit note dibuat oleh penjual dan dikirimkan kepada pihak pembeli. Jika pembeli mengembalikan sebagian barang yang diterimanya karena ada kerusakan barang atau tidak sesuai, maka penjual harus membuat kredit note yang merupakan bukti bahwa penjual telah menerima barang dan telah mengkredit akun pembeli.

Mengkredit akun pembeli artinya jika transaksi jual-beli dilakukan secara kredit, maka penjual akan mengkredit akun piutang pembeli karena adanya retur penjualan.

Jika transaksi dilakukan secara tunai, maka penjual mengurangi harga faktur (kredit akun kas) dan mengembalikannya (kas) pada pembeli.

Apa itu Credit Note ?

Credit note adalah sebuah dokumen yang berisi pemberitahuan bahwa hutang terhadap pelanggan anda menjadi bertambah sebesar jumlah tertentu karena alasan tertentu.

Perlu diketahui bahwa kredit note bisa juga digunakan untuk mengurangi hutang perusahaan ke vendor / supplier.

Manfaat dan Fungsi Credit Note

Manfaat dan juga fungsi dari credit note adalah menghandle beberapa kesalahan yang mungkin bisa terjadi saat ada kesalahan dalam memasukkan data harga jual atau beli dari tiket, voucher, letter of garansi atau dokumen lain.

Maka manfaat dari adanya kredit note adalah anda bisa membuat sebuah kredit note untuk setiap dokumen yang salah harga jual atau harga belinya.

Manfaat lain dari kredit note adalah :

  • Perusahaan dapat mempertahankan hubungan baik dengan pelanggan mereka,
  • Meningkatkan kinerja operasional secara keseluruhan dengan memperbaiki kesalahan yang telah dibuat.
  • Melindungi perusahaan dari potensi konflik atau masalah teknis

 

Ketentuan Pajak Credit Note ?

Aturan mengenai PPN (khusunya dalam hal faktur Pajak), Wajib Pajak tidak diperkenankan membuat kredit note maupun debit note apabila terjadi perubahan harga. Hal yang harus dilakukan adalah membuat Faktur Pajak Pengganti.

Perusahaan ataupun bisnis yang memanfaatkan credit note bisa dipastikan mempunyai sistem perdagangan dan akuntansi yang baik.

Dengan dibantu Software Akuntansi, sistem pencatatan dan pelaporan transaksi bisnis Anda akan semakin optimal. Anda bisa mencoba menggunakan Software Accurate, Pencatatan faktur-faktur termasuk Nota Kredit untuk Retur Penjualan Anda bisa diproses dengan mudah dan cepat.

Tidak hanya itu, seluruh proses transaksi diproses secara realtime. Sehingga data transaksi bisnis Anda terolah dengan baik, cepat, dan aman.

Bagaimana dengan Anda ?

Sudahkah anda menerapkan credit note pada perusahaan anda ?

Jika belum kami szeto consultants akan membantu perusahaan anda dalam segala jenis seperti laporan keuangan, perpajakan, migrasi sistem menuju sistem digital.

Dan pastinya semua itu akan membuat perusahaan anda semakin rapi dari segi pembukuan.

 

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×

Belajar Accurate Cuma 25 Ribu

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate hanya 25 Ribu Rupiah.

Ambil Kelas