Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Copywriting Adalah : Seni Menulis Untuk Menjual & Contoh Headline

9 min read

copywriting adalah

Copywriting, mungkin sebagian dari kita sudah ada yang paham tentang copywriting. Yap copywriting adalah sebuah teknik penulisan yang digunakan untuk memikat customer pada sebuah produk kita. Dalam hal ini khususnya adalah pemasaran.

 

Copywriting sering kita jumpai dalam banyak hal, contohnya adalah baliho periklanan, headline iklan, sebuah landing page website, dan masih banyak lagi.

 

Pelaku bisnis wajib melihat unsur ini lebih dalam lagi sebab mengapa ? ini penting.

 

Jika kamu merasa produk mu sudah oke, iklan sudah tayang, desain landing page sudah bagus, form checkout sudah mudah dan terintegrasi dengan beragam payment gateway, Tapi masih selalu stack saja penjualan alias tidak ada yang closing, jangan – jangan ada yang salah dengan penulisan headline kamu ???

 

Bisa jadi dan ternyata memang benar, headline mu tidak menceritakan maksud dari sebuah produk mu, tidak memberikan kisah yang ngena di audience kamu sehingga yang terjadi adalah tidak ada yang tertarik dengan produkmu.

 

Bahkan ketika seseorang melihat iklan mu, dengan copywriting yang buruk maka orang itu tidak akan meng-kliknya untuk mengetahui lebih lanjut.

 

Simak lebih dalam …

 

 

 

Apa itu Copywriting ?

 

 

Copywriting adalah suatu metode dalam membuat tulisan. Tujuan utamanya merupakan menemukan reaksi dari pembaca. Tidak cuma hanya membaca, tetapi terdapat action lebih yang diharapkan dengan memakai metode ini.

 

Contohnya adalah, action yang diharapkan merupakan sehabis membaca, pembaca tersebut tertarik buat membeli benda yang dijual. Dalam perihal ini, tujuan utama dari copywriting ini merupakan buat berjualan. Pada penggunaanya, action yang diharapkan tidak senantiasa buat membeli.

 

Tidak cuma dalam wujud tulisan, metode copywriting ini pula dapat digunakan dalam wujud foto maupun video. Dalam perihal ini, copywriting hendak diaplikasikan dalam wujud naskah.

 

 

 

Mengapa Copywriting Penting Untuk Bisnis ?

 

 

Bila timbul persoalan tentang seberapa berarti copywriting dalam bisnis? Hingga jawabannya merupakan sangat berarti. Copywriting yang baik hendak sangat menolong pemasaran jadi lebih efisien. Pemakaian copywriting hendak membuat banyak orang yang penasaran.

 

Tidak hanya membagikan deskripsi produk yang panjang serta kadangkala membingungkan. Dengan pemakaian metode ini hingga Kamu dapat menulis dengan lebih ringkas serta membuat konsumen membeli produk yang Kamu tawarkan.

 

Copywriting yang baik sama dengan sales yang baik. Nilai lebihnya merupakan Kamu tidak butuh menghasilkan duit lebih. Tidak hanya itu, dengan memakai metode ini pula dapat mengirit banyak duit serta waktu buat promosi.

 

 

 

Lebih Lanjut Tentang Alasan Mengapa Copywriting Penting Untuk Bisnis

 

 

1. Meningkatkan Brand Awarness

 

Paling utama buat produk baru, hingga dengan memakai copywriting perihal ini dapat menghadirkan produk tersebut kepada orang banyak. Konsumen hendak lebih memahami produk Kamu. Apalagi bila dicoba dengan metode tertentu, hingga produk Kamu hendak meninggalkan kesan unik. Pastinya ini  sangat berguna dalam perihal pemasaran produk tersebut.

 

 

2. Pemasaran yang Efektif

 

Dengan memakai copywriting yang baik hingga sama saja Kamu memakai sales yang hebat. Metode ini hendak berfungsi langsung buat membujuk para calon konsumen. Kelebihan lain dari memakai metode ini merupakan pemasaran dapat dicoba dengan metode soft selling. Perihal ini hendak membuat calon konsumen tidak merasa dituntut.

 

 

3. Menarik Perhatian

 

Metode ini pula mempunyai keahlian buat menarik atensi banyak orang. Triknya dapat dengan membuat orang penasaran. Metode ini biasa dicoba dalam pembuatan iklan. Terus menjadi banyak orang yang mencermati hingga hendak terus menjadi baik buat pemasaran.

 

 

 

Jenis Copywriting

 

Tidak sembarangan hanya asal menulis, sebuah copywriting yang baik ada metodenya juga. Metode yang digunakan tergantung dari tujuan yang ingin dicapai.

 

 

Kita Lihat Dari Tujuannya

 

Jika melihat dari tujuannya, maka ada beragam jenis copywriting yang bisa kamu ketahui,

 

1. Direct Response 

 

Maksud dari jenis copywriting direct response adalah, yang mana ketika kita membuat copywriting tujuannya adalah pesan tersampaikan kepada pembaca, dan orang yang membacanya langsung mengambil tindakan. Ada berbagai macam tindakan contoh adalah subscribe, membagikan konten, dan yang lainnya. Biasanya teknik ini digunakan pada sebuah landing page, iklan di social media, atau di website.

 

2. Marketing

 

Sesuai dengan namanya jenis copywriting marketing bertujuan buat memasarkan suatu produk. Tulisan hendak terbuat semenarik bisa jadi dengan tujuan pemasaran. Umumnya tulisan yang terbuat berisi pemecahan yang ditawarkan maupun khasiat yang hendak didapatkan. Tujuannya merupakan meyakinkan konsumen buat memakai produk ataupun layanan tersebut. Umumnya tipe ini hendak ditemui pada pemasaran lewat email ataupun brosur.

 

3. Brand

 

Jenis copywriting brand mempunyai tujuan untuk membangun citra dari suatu brand. Umumnya metode ini digunakan untuk tingkatkan brand awareness maupun menghadirkan brand baru. Tipe ini hendak banyak ditemui pada suatu slogan, tagline, maupun pada logo.

 

4. SEO (Search Engine Optimization)

 

Copywriting tipe ini hendak bertujuan buat memperoleh atensi dari konsumen spesialnya mereka yang terdapat di dunia digital. Dengan memakai metode tipe ini hingga copywriting yang terbuat hendak lebih gampang ditemui serta menemukan banyak atensi. Umumnya, pemakaian tipe ini digunakan pada pembuatan deskripsi produk maupun landing page.

 

5. Technical

 

Cocok namanya, hingga tipe ini bertujuan buat membagikan pengetahuan tentang metode kerja dari suatu produk. Tipe ini umumnya digunakan dalam penyusunan metode kerja ataupun pemakaian produk kesehatan teknologi ataupun kecantikan. Tujuannya merupakan supaya pengguna tidak bimbang kala hendak memakai produk tersebut.

 

 

Dilihat dari Isi

 

1. Story Copy

 

Ini ialah tipe di mana isinya benar– benar semacam cerita. Kamu hendak menarangkan seluruh perihal dari mulai keunggulan, uraian produk, khasiat, apalagi hingga metode gunakan. Tipe ini hendak benar– benar berikan uraian. Panduan buat membuat tipe ini merupakan buat outline terlebih dulu. Outline hendak jadi panduan Kamu buat membuat apa saja yang hendak Kamu tulis. Yakinkan pula Kamu memakai kalimat yang tidak bertele- tele.

 

2. You and Me Copy

 

Ini ialah tipe copywriting di mana isinya memakai style bahasa semacam percakapan. Tipe ini bertujuan buat membagikan kesan personal kepada calon konsumen.

 

3. Forthright Copy

 

Ini ialah tipe copywriting di mana isinya merupakan kelemahan serta kelebihan dari produk tersebut. Di mari Kamu hendak menarangkan seluruh keunggulan serta kelemahan tersebut dengan perinci. Tujuannya merupakan membagikan opsi pada konsumen.

 

Bila Kamu memakai metode ini dengan baik hingga perihal ini dapat menaikkan rasa yakin konsumen. Yang terutama merupakan walaupun menunjukkan kelemahan tetapi jangan membuat produk Kamu nampak kurang baik.

 

4. Hyperbolic Copy

 

Ini ialah tipe copywriting di mana isinya memakai bahasa hiperbola. Kamu hendak memasarkan produk Kamu selaku yang terbaik. Pasti metode ini dapat menarik banyak atensi. Terus menjadi banyak atensi hingga Kamu hendak memperoleh hasil yang besar pula. Tetapi bila banyak orang menyangka produk Kamu tidak cocok hingga efek kehabisan konsumen juga hendak besar.

 

5. Teaser Copy

 

Ini ialah tipe copywriting yang isinya hendak membuat calon konsumen penasaran. Inti dari tipe ini merupakan rasa penasaran serta mau ketahui dari calon konsumen. Umumnya, tipe ini memakai bahasa yang menantang ataupun menyepelekan. Style bahasa ini digunakan buat menarik atensi.

 

 

Metode membuat Copywriting yang Menarik Perhatian

 

 

Untuk seseorang copywriter, dalam pekerjaanya terdapat banyak metode buat menciptakan tulisan yang menarik. Sebagian metode tersebut antara lain merupakan :

 

 

1. Memakai Konsep AIDA

 

Satu yang sangat populer kala membuat suatu copywriting merupakan resep AIDA. Ini pula jadi resep dasar untuk mereka yang baru belajar copywriting. AIDA ialah kependekan dari Attention, Interest, Desire, Action.

 

Attention

 

Ini ialah bagian awal dari pembuatan copywriting. Pada bagian ini tujuan utamanya merupakan memperoleh atensi ataupun menarik atensi.

 

Interest

 

Pada bagian ini hingga buatlah calon konsumen jadi lebih tertarik buat memakai produk ataupun layanan yang kalian bagikan. Pada pembuatannya Kamu dapat meningkatkan data, informasi, statistik, ataupun apapun yang dapat membuat calon konsumen jadi lebih tertarik.

 

Desire

 

Bagian ini mirip dengan interest. Tetapi pada bagian ini umumnya terbuat dengan memainkan emosi serta logika dari konsumen. Dapat pula dengan membagikan khasiat yang hendak konsumen miliki.

 

Action

 

Ini ialah bagian terakhir. Pada bagian ini hingga Kamu hendak membuat konsumen melaksanakan aksi yang Kamu mau semacam membeli, berlangganan, unduh, ataupun yang yang lain. Pada bagian ini pula Kamu dapat meningkatkan Call to Action ataupun CTA. CTA tersebut dapat berbentuk simbol, tulisan, ataupun wujud lain.

 

 

Baca Juga : AIDA : Seni Copywriting untuk Meningkatkan Penjualan

 

 

2. Slippery Slide

 

Ini ialah metode pembuatan copywriting di mana tiap kalimat hendak silih menunjang. Tiap kalimat yang terbuat hendak menunjang kalimat tadinya. Tujuannya merupakan melindungi rasa penasaran dari calon konsumen. Tiap kalimat hendak berperan buat melindungi kalimat tadinya. Pemanfaatan utama metode ini merupakan melindungi pembaca supaya tidak bosan.

 

 

3. Social Proof

 

Ini pula ialah salah satu metode buat membuat copywriting. Tujuannya merupakan meyakinkan calon konsumen bila produk ataupun layanan Kamu dapat dipercaya serta diandalkan.

 

Metode melaksanakan metode ini merupakan dengan menunjukkan logo, portofolio, testimoni, ataupun perihal lain yang dapat pengaruhi calon konsumen buat yakin. Apalagi dikala ini metode lain yang digunakan pada metode ini merupakan dengan menunjukkan jumlah followers ataupun subscribers di sosial media.

 

 

4. Frequently Asked Questions

 

Bisa jadi Kamu kerap memandang perihal ini. Ini ialah metode yang dirancang buat membagikan jawaban atas pertayaan terpaut produk yang ditawarkan. Tujuannya merupakan membagikan pengenalan lebih jauh tentang produk Kamu kepada calon konsumen.

 

 

Baca Juga : Testimoni Adalah : Pengertian dan Manfaat Untuk Bisnis

 

 

Panduan Membuat Copywriting

 

 

Tidak hanya mengenali metode membuat copywriting yang baik, buat melaksanakan perihal ini pula terdapat sebagian panduan yang dapat dicoba. Sebagian panduan tersebut antara lain merupakan:

 

 

1. Mengerti dengan Produk serta Layanan yang Hendak Ditawarkan

 

Buat dapat memasarkan dengan baik hingga perihal awal yang dibutuhkan merupakan menguasai seluruh perinci produk ataupun layanan yang hendak ditawarkan. Dengan mengerti seluruh data tersebut hingga Kamu hendak gampang buat menarangkan kepada calon konsumen Kamu. Uraian ini pula dapat jadi rujukan bonus buat Kamu.

 

 

2. Mengerti Apa yang Diperlukan Konsumen

 

Tidak hanya mengerti dengan apa dijual, Kamu pula wajib mengerti tentang konsumen Kamu. Buat menghasilkan pemasaran yang efisien hingga Kamu butuh ketahui apa yang konsumen butuhkan. Mengerti dengan apa yang diperlukan pula dapat membuat pemasaran terkesan lebih personal.

 

Buat memperoleh uraian ini Kamu dapat melaksanakan survey buat mengumpulkan informasi. Terus menjadi lengkap informasi yang Kamu memiliki hingga hendak terus menjadi banyak metode buat melaksanakan pemasaran yang efisien.

 

 

3. Buat Judul yang Menarik

 

Dalam dunia penyusunan, tidak dapat dipungkiri bila judul mempunyai peranan berarti. Masih banyak orang yang membaca judul saja tanpa membaca isinya. Bila pada judul saja telah tidak menarik hingga susah buat mengharapkan orang membaca hingga akhir.

 

Dalam dunia copywriting judul ini dapat sama dengan headline, tagline, ataupun slogan. Bila perihal tersebut tidak dapat membuat orang lain melirik hingga modul promosi lain juga hendak sia– sia. Inilah kenapa dalam metode copywriting penyusunan judul ataupun headline pula sangat berarti.

 

 

4. Buat Lead yang Menarik

 

Bagian berarti lain sehabis membuat judul yang menarik merupakan membuat lead. Sehabis orang memandang judul hingga mereka hendak memandang paragraf awal. Inilah yang diucap dengan lead. Bila leadnya tidak menarik hingga tidak sering orang yang hendak membaca hingga berakhir.

 

Buat menghasilkan lead yang menarik hingga Kamu dapat memakai sebagian metode. Kamu dapat membuktikan empati, mengawali dengan membagikan informasi ataupun kenyataan, membagikan pemecahan, membuat calon konsumen penasaran, ataupun yang lain.

 

 

5. Buat Isi Copywriting yang Berkualitas

 

Sehabis bagian headline serta lead Kamu buat menarik hingga bagian berikutnya yang butuh Kamu perhatikan merupakan isi secara totalitas. Bagian ini merupakan inti dari copywriting. Kamu butuh membuat masing- masing bagian senantiasa menarik buat membuat pembaca senantiasa tertarik hingga akhir.

 

Buat menghasilkan isi yang mutu dapat Kamu jalani dengan menulis secara simpel serta tidak bertele– tele. Kamu pula dapat menuliskan khasiat yang konsumen miliki bila memakai produk tersebut.

 

 

6. Tutup dengan Kalimat Persuasif

 

Seluruh copywriting hendak bertujuan buat pemasaran. Hingga sehabis seluruh isi Kamu buat tutup tulisan tersebut dengan kalimat yang persuasif. Kamu dapat mengajak ataupun menganjurkan para pembaca buat jadi konsumen. Ini ialah inti dari tugas copywriting.

 

 

Baca Juga : Aplikasi Toko Online Untuk Bisnis UMKM Terbaik

 

 

Perbandingan Copywriting serta Content Writing

 

 

Pada prakteknya, dalam dunia kepenulisan ini Kamu hendak memahami 2 tipe pekerjaan. Yang satu merupakan copywriter. Serta yang satunya lagi merupakan content writer. Walaupun sama– sama menulis, tetapi kenyataannya kedua pekerjaan ini mempunyai perbandingan. Berikut merupakan sebagian perbandingan antara copywriting serta content writing.

 

 

1. Tujuan

 

Perbandingan yang sangat jelas dari kedua pekerjaan tersebut terdapat pada tujuan. Tujuan utama dari content writing merupakan membuat pembaca betah berlama– lama. Engagement jadi salah satu poin berarti dari pekerjaan ini. Serta tanggung jawab utama dari seseorang content writer merupakan membuat wisatawan web bertambah.

 

Sedangkan untuk seseorang copywriter tujuan utamanya merupakan pemasaran. Yang mereka harapkan merupakan aksi langsung dari pembaca. Entah dengan membeli, berlangganan, menjajaki campaign, ataupun yang yang lain. Secara gampang, tanggung jawab utama dari seseorang copywriter merupakan membuat suatu promosi.

 

 

2. Style Tulisan

 

Perihal lain yang pula membedakan antara copywriter serta content writer merupakan pada style menulis. Seseorang content writer hendak membuat tulisan yang informatif, edukatif, serta menarik. Sedangkan untuk seseorang copywriter mereka hendak memakai style tulisan yang persuasif.

 

Karakteristik lain dari seseorang content writer merupakan tulisannya yang panjang serta perinci. Mereka pula biasa memakai rumus 5W+1H kala membuat tulisan. Perihal ini sebab tujuan utamanya merupakan membagikan data serta pula membuat pembaca tertarik.

 

Sedangkan seseorang copywriter ialah sebaliknya. Umumnya mereka membuat tulisan pendek semacam slogan, tagline, ataupun headline. Dalam penulisannya juga umumnya seseorang copywriter tidak menulis dengan jelas tetapi membagikan rasa penasaran. Tujuannya merupakan supaya pembaca tertarik buat melaksanakan aksi langsung yang di idamkan.

 

 

3. Keahlian Dasar

 

Dari segi keahlian dasar, hingga seseorang content writer hendak membuat tulisan dengan studi serta pencarian informasi. Mereka pula hendak membuat tulisan dengan tema yang lagi banyak orang cari Terus menjadi banyak yang membaca hingga tujuan mereka telah terlaksana.

 

Seseorang content writer pula umumnya mempunyai keahlian SEO serta editing tulisan. Keahlian SEO hendak bermanfaat buat menghasilkan tulisan yang gampang dicari oleh pembaca. Sedangkan keahlian editing bermanfaat buat membuat tulisan jadi lebih gampang buat dibaca serta dimengerti.

 

Sedangkan untuk seseorang copywriter keahlian dasar yang mereka butuhkan merupakan bermain dengan kata– kata. Gimana menghasilkan kata– kata pendek tetapi menarik serta banyak orang yang ingat. Inilah yang mereka pakai buat menghasilkan suatu slogan maupun headline. Terus menjadi gampang diingat serta terus menjadi banyak yang mengingat hingga tujuan mereka telah tercapai.

 

 

4. Media yang Digunakan

 

Seseorang content writer biasa mempublish tulisannya pada media semacam web maupun web. Perihal ini sebab media tersebut dapat dibaca pada waktu yang santai maupun dapat dibaca kapan saja. Sedangkan seseorang copywriter hendak mempublikasikan hasilnya melalui media semacam billboard, poster, iklan, serta yang yang lain. Pada media ini, pembaca cuma mempunyai sedikit waktu buat membaca. Sehingga tulisan hendak terbuat sesingkat serta sejelas bisa jadi.

 

 

Baca Juga : CTA : Pengertian, Manfaat, dan Cara Mengoptimalkannya

 

 

 

Beberapa Contoh Headline Copywriting 

 

 

1. Contoh Headline Copywriting Beauty atau Kecantikan

 

    • Bagaimana facewash dapat memperbaiki kulit wajah menjadi minyak berkurang, wajah lebih cerah hanya dalam seminggu. Temukan jawabannya disini!

 

    • Dengan formula terbaru, facewash ini akan membuat kulit wajah minyak berkurang, wajah lebih cerah dalam sekejap

 

    • Banyak orang membicarakan betapa hebatnya facewash baru ini, kapan giliran anda?

 

    • Mau hits dan cetar seperti para beauty influencer? Pakai facewash ini dan rasakan kulit wajah lebih lembut, wajah lebih cerah hanya dalam seminggu

 

    • Bayangkan! Anda bisa dapatkan kulit wajah lebih lembut, wajah lebih cerah seketika hanya dengan facewash ini

 

 

2. Contoh Headline Copywriting Ads Title

 

Dengan menggunakan teknik scarcity. Scarcity merupakan teknik untuk menekan psikologi seseorang agar segera mengambil tindakan dengan apa yang dibacanya pada saat itu, berikut contohnya

 

    • Harga naik malam ini

 

    • Senin harga naik

 

    • Harga segera naik

 

    • Jangan tunda

 

    • Pesan sebelum terlambat

 

 

 

Siap Membuat Copywriting yang Sanggup Menjual?

 

 

Seperti itu sebagian perihal tentang copywriting yang butuh Kamu tahu. Sebab khasiatnya yang sangat banyak paling utama dalam dunia digital marketing hingga tidak aneh bila keahlian copywriting ini pula jadi salah satu keahlian yang banyak dicari dikala ini. seperti itu kenapa belajar copywriting dapat jadi salah satu opsi untuk Kamu yang tertarik dengan dunia digital marketing.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×

Belajar Accurate Cuma 25 Ribu

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate hanya 25 Ribu Rupiah.

Ambil Kelas