Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Contoh Prototype : Penjelasan Prototype dan Contohnya

1 min read

contoh prototype

Contoh prototype, Kenapa harus prototype?

Dan mengapa prototype harus ada?

Kenapa tidak langsung dibuat saja seperti yang kita inginkan?

Semua pertanyaan diatas akan kita bahas satu per satu dalam artikel ini. Baca sampai tuntas, Anda akan masuk ke dalam dunia prototype.

Prototype umumnya adalah hal yang mungkin belum diketahui oleh beberapa kalangan masyarakat. Lalu apa arti prototype?

Apabila Kamu ingin melakukan proses prototype yang memiliki banyak versi dalam pembahasannya sehingga pengertian prototype menjadi perbincangan.

Jadi, Anda ingin mengetahuinya lebih lanjut? Nah, lalu apa saja arti prototype tersebut? Simak penjelasannya dalam artikel dibawah ini.

Pengertian Prototype Adalah Sebagai Berikut

Perlu Kita ketahui bersama bahwa pengertian prototype adalah proses perancangan sistem dengan membentuk contoh dan standar ukuran yang akan Kamu kerjakan nantinya. Jika Kamu memakai metode prototype, para pengembang dan customer akan saling berinteraksi sampai hasil yang terbaik keluar.

Perlu diketahui kunci dari prototype adalah prosesnya secara lancar atau alur yang sesuai kebutuhan dengan sebagian ada nya perangkat lunak yang direkayasa bersama kualitasnya. Selain itu, ada langkah membuat prototype meliputi permintaan, ini didasari oleh customer.

Bisa membangun sistem prototype untuk kebutuhan awal, memberikan kebebasan dalam penggunaan prototype, melakukan implementasi perubahan yang disarankan, membiarkan customer mencoba lalu menerapkan perubahan sampai puas.

Customer pun dapat melakukan perancangan sistem akhir, dimana pengembang dan customer sudah setuju dengan prototype tersebut. Ada beberapa alasan mengapa Kamu perlu melakukan pembuatan prototype dan memperluas pemikiran dalam perancangan.

Diantaranya, anggota tim bisa berkomunikasi dengan lebih baik, mempunyai dukungan dari pengembang dan stakeholder dalam memilih sebuah rencana, Jika Kamu mempunyai ide baru maka terapkan, & coba melakukan evaluasi dalam perancangan prototype.

contoh prototype

Keuntungan Menggunakan Prototype

Lantas apa saja keuntungan dari menggunakan prototype, bisa dilihat dibawah ini :

  • Bisa mengetahui apa yang sebenarnya diinginkan oleh customer
  • Mempunyai penentuan kebutuhan yang mudah
  • Mempersingkat waktu dalam tahap development
  • Bisa mengurangi biaya operasional, karena tidak membuat produk dengan jumlah banyak terlebih dahulu,
  • Dan ada banyak lagi keuntungan dari menggunakan prototype

Baca Juga : Mau Buat Website Gratis Buat UMKM Anda? Yuk Merapat

Contoh Prototype

Ada banyak contoh dari prototype seperti prototype website, prototype produk handphone, dan hal lainnya.

Berikut adalah contoh prototype sebagai dasar untuk Kamu memahaminya.

  • Contoh Prototype Paper

Umumnya menggunakan paper prototype adalah untuk mengutarakan ide dan gagasan bisnis kepada para customer, mengenai segala kepentingan dan mengenai tim pengembang di awal pembentukan proses prototype tersebut.

  • Contoh Low Fidelity Prototype

Contoh prototype yang kedua ada Low Fidelity Prototype. Dengan menggunakan low fidelity prototype, seorang calon customer dapat berinteraksi dengan produk yang akan dibuat, ini adalah gambaran kasar dari sebuah produk aslinya.

Namun dalam low fidelity prototype, kurangnya visual menjadi hal yang perlu dipertimbangkan ketika ingin mempresentasikan kepada customer atau kepada calon investor.

  • High Fidelity Prototype

Dari 2 contoh prototype sebelumnya, yang paling bagus untuk saat ini adalah High Fidelity Prototype.

Dengan menggunakan High Fidelity prototype, Hal ini sudahlah sangat bagus karena prototype dibuat sedemikian rupa dengan website aslinya.

Mulai dari visual, warna, dan interaksi – interaksi yang dibuat. Jika dalam website sebuah prototype umumnya dibuat dengan tools – tools seperti, Figma, Marvel, Ataupun bisa juga Adobe XD.

Seperti itulah, kiranya penjelasan dari prototype.

Baca Juga : Local Host Adalah: Pengertian, Fungsi, dan Contoh

Kesimpulan

Kiranya ada baiknya dalam membuat sebuah produk, biasakan untuk menggunakan yang namanya prototype, agar kedepan nantinya akan sangat memudahkan.

Apalagi jika produk yang dibangun adalah produk digital.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
×

Belajar Accurate Cuma 25 Ribu

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate hanya 25 Ribu Rupiah.

Ambil Kelas