Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Client Adalah : Perbedaan Customer, Consumer, dan Client

1 min read

client adalah

Apa itu client ?

Apa itu customer ?

Dan Apa itu consumer ? ..

Mungkin dari kalian yang sudah berada dalam dunia bisnis sudah paham dengan Apa itu client, customer, dan consumer?

Namun untuk kamu yang baru memulai dalam dunia bisnis pastilah bingung, atau sudah ada yang pernah mendengar namun masih belum mengerti pengertian dari masing – masing hal tersebut.

Karena penting bagi kalian yang ingin terjun ke dalam dunia bisnis untuk mengetahui hal ini, pastikan jika kalian adalah seorang owner, kalian memiliki pengetahuan yang luas untuk mengambil segala keputusan.

Kami akan membahas ketiganya untuk kamu, jadi baca artikel ini perlahan – lahan, nikmati dan resapi tiap kata yang tersaji pada kalimat kalimatnya.

Perbedaan Client, Consumer, dan Client

Customer Adalah

Customer atau pelanggan atau pembeli adalah orang yang melakukan sebuah transaksi pembelian atas produk kamu. Entah itu sebuah produk fisik, produk digital. Dalam hal ini bisa saja customer ini menggunakan produknya untuk diri sendiri atau untuk orang lain.

Consumer (Konsumen)

Consumer atau konsumen dalah orang yang menggunakan atau mengkonsumsi produk yang kamu tawarkan selaku pemilik bisnis. Dalam kenyataanya seorang consumer atau konsumen menjadi orang yang melaukan transaksi atas pembelian produk kamu.

Jika ada orang yang melakukan transaksi atas produk kamu, dan ia tidak menggunakannya untuk diri sendiri melainkan untuk dijual kembali, maka ia disebut sebagai konsumen sementara.

Sedangkan orang yang melakukan pembayaran dan menggunakan untuk dirinya sendiri disebut sebagai customer atau pelanggan.

bagaimana sampai sini sudah paham dari penjelasan dua diatas ?

oke lanjut …

Client

Sebenarnya antara client dengan konsumen adalah sebuah hal yang sama, client atau klien adalah orang yang menggunakan produk yang ditawarkan penjual.

Perbedaan yang terletak antara klien dan konsumen adalah dari jenis produk itu sendiri. Produk untuk klien adalah kebanyakan produk jasa.

seperti jasa pembuatan website, jasa campaign digital, jasa laporan keuangan, dan masih banyak lagi jasa jasa yang ada.

Jika kamu sering mendapati seseorang yang mewarkan jasanya kepada kita, kita sebagai seseorang yang ditawari dan melakukan sebuah kesepakatan, maka kita disebut juga sebagai klien.

 

Paham Dengan Perbedaan Customer, Consumer, dan Client ?

Dengan adanya ketiga perbedaan diatas, semoga dapat membantu kamu dalam istilah – istilah yang sebagaimana jika ingin menjadi seorang pebisnis, maka kita wajib tau.

Dalam kenyataannya hal ketiga diatas digunakan untuk memilah model pemasaran mana yang akan dituju oleh pemilik bisnis.

Mari kita pelajari dalam contoh berikut ..

  • Seorang pengusaha mainan anak, jika mereka tidak mengetahui definisi dari ketiga diatas maka mereka akan menganggap orang tua sebagai konsumen mereka, karena yang membeli mainan orang tua.

Padahal dalam kenyataanya, pengusaha mainan tersebut harusnya sadar bahwa anak adalah konsumennya, karena anaklah yang menggunakan produk tersebut.

Jika kita tarik untuk menentukan model pemasaran, maka sasaran dari pengusaha mainan adalah seorang anak harusnya bukan orang tua.

Karena apa ?

Karena menurut penelitian sebesar 75% anak dapat mempengaruhi orang tua.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

×

Belajar Accurate Cuma 25 Ribu

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate hanya 25 Ribu Rupiah.

Ambil Kelas