Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

CFR Adalah : Pengertian dan Penjelasan Lengkap

1 min read

cfr adalah

CFR adalah – Teman – teman disini apakah sudah familiar dengan suatu istilah yaitu CFR? CFR merupakan singkatan dari Cost and Freight adalah salah satu istilah populer yang harus Anda ketahui dalam perdagangan internasional sebelum melakukan ekspansi bisnis ekspor.

Jika Anda memilih CFR sebagai metode pembayaran antara Anda dan customer, maka otomatis Anda lah yang berperan sebagai penjual harus menanggung biaya dan ongkos kirim produk ke pelabuhan tujuan pembeli.

Selain CFR, ada beberapa metode pembayaran lainnya yakni CIF (Cost, Insurance, and Freight). Mungkin sebagian orang akan bingung dan tertukar tentang kedua istilah ini.

Karena itu, mari simak artikel ini supaya Anda tidak bingung lagi.

Pengertian CFR

Menurut Sumber CFR – Incoterm 2020 Cost and Freight adalah suatu istilah metode pembayaran yang digunakan untuk pengiriman barang atau apapun melalui laut. Dalam CFR, biaya pengiriman barang, biaya jasa forwarder, biaya loading barang, dan biaya formalitas ekspor (export clearance) merupakan tanggung jawab penjual.

cfr adalah
cfr adalah

Nah, setelah paham dengan pengertian dari CFR, maka ada yang namanya kewajiban antara seorang penjual dengan pembeli, kira – kira apa saja kewajiban antara penjual dan pembeli dengan metode bayar CFR, berikut jawabannya :

Biasanya pihak eksportir yang kompeten akan menawarkan ke anda sebagai pembeli atas syarat perdagangan CFR. Dengan menawarkan metode CFR maka biaya perjalanan barang di atas kapal sampai ke pelabuhan terdekat dengan importir ditanggung oleh eksportir.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan jika menggunakan metode CFR :

  • Menyiapkan barang sebelum atau tepat pada waktu pengapalan yang disebutkan dalam kontrak dagang ekspor.
  • Mengontrak perusahaan pelayaran untuk menyediakan ruang kapal tepat pada waktu pengapalan yang dijanjikan serta untuk pelabuhan tujuan yang dimaksud dalam kontrak dagang ekspor, serta membayar ongkos angkut (freight) dari pelabuhan muat sampai ke pelabuhan tujuan yang diinginkan pembeli.
  • Penyerahan barang di atas kapal yang dikontak sendiri oleh anda sebagai eksportir.

Syarat perdagangan CFR ini dapat ditawarkan oleh eksportir kepada pembeli bila perusahaan pelayaran cukup kompetitif.

Baca Juga : Apa Itu Resesi 2023 : Pengertian dan Dampak Serta Solusinya!

Kesimpulan

Kesimpulan yang kita dapat adalah sebagai berikut :

CFR atau Cost and Freight adalah metode pembayaran yang termasuk dalam incoterm (International Commercial Terms) atau istilahnya adalah perdagangan internasional, dimana penjual menanggung seluruh biaya pengiriman barang ke pelabuhan tujuan penerima.

Beban biaya yang termasuk adalah biaya asuransi (jika pembeli meminta), biaya loading barang, biaya forwarder, dan biaya dokumentasi ekspor. Perpindahan resiko barang terjadi diatas kapal, sehingga jika terjadi resiko maka adalah tanggung jawab pembeli.

Jika menggunakan CFR sebagai metode pembayaran, Anda wajib untuk menyiapkan barang sampai di atas kapal tepat pada waktu yang telah disebutkan dalam kontrak dagang ekspor Anda dan juga bertanggung jawab terhadap perusahaan pelayaran atau forwarder.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas