Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Bisnis Startup : Pengertian, Tantangan, dan Contoh

1 min read

bisnis startup

Sekarang ini kebanyakan perusahaan di Indonesia basisnya adalah startup. Layanan yang sering Anda gunakan sebagai layanan transportasi model bisnisnya juga startup. Tapi tahukah Anda tentang apa itu sebenarnya bisnis startup?

Secara sederhana, bisnis startup dikenal juga sebagai bisnis rintisan. Biasanya, bisnis rintisan ini identik dengan perusahaan yang menjalankan usahanya berbasis teknologi dan digital.

Badan usaha yang dikenal dengan startup ini adalah jenis perusahaan yang tengah berkembang dan banyak dilirik peminat bisnis berbasis teknologi dan digital di Indonesia.

Data menurut Kemenristek sendiri lewat skema Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) dan Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CPBT), jumlah perusahaan ini selalu meningkat setiap tahunnya di Indonesia.

Dari yang tadinya berjumlah 52 di tahun 2015. Jumlah itu kemudian menigkat secara drastis pada tahun 2018 menjadi 956.

Penasaran lebih lanjut terkait dengan startup itu apa? baca terus artikel ini ya.

Pengertian Bisnis Startup

Kita mulai dari yang ringan – ringan dulu, apa itu bisnis startup dari pengertiannya.

Startup adalah perusahaan atau usaha yang berfokus pada satu produk atau layanan yang ingin dibawa oleh para pendiri ke pasar. Perusahaan-perusahaan ini biasanya tidak memiliki model bisnis yang sepenuhnya berkembang dan, yang lebih penting lagi, tidak memiliki modal yang cukup untuk melanjutkan ke tahap bisnis berikutnya. Sebagian besar perusahaan ini pada awalnya didanai oleh para pendirinya.

Tantangan Bisnis Startup di Indonesia

Untuk sekarang ini bisnis startup di Indonesia tumbuh dengan begitu pesat, selain banyaknya persaingan dalam pasar. Hal ini juga dibarengi dengan modal yang masih sedikit dari startup – startup di Indonesia.

Nah yang menjadi tantangan bagi startup tumbuh di Indonesia adalah modal. Mengingat startup sendiri adalah usaha yang memerlukan modal. Contohnya adalah raksasa hijau Tokopedia yang pendanaan modalnya sangatlah besar.

Ada banyak tantangan lainnya seperti tim yang solid dan membangun hubungan dengan pelanggan. Tapi sejauh ini yang menjadi tantangan terbesar bagi startup adalah modal.

Baca Juga : Tentang Bisnis Microsoft : Cara Mereka Bangkit Dari Stagnanasi

Contoh Bisnis Startup

Startup terus berkembang ke berbagai bidang. Saat ini banyak startup yang mungkin sudah kamu ketahui. Berikut 3 contoh startup di Indonesia.

1. Tokopedia

Siapa yang tidak tahu bisnis startup ini? Tokopedia menjadi salah satu e-commerce yang tumbuh sejak awal berkembangnya perusahaan rintisan di Indonesia.

Dikutip dari Tokopedia, hingga saat ini sudah ada 64 juta UMKM di Indonesia yang tergabung dalam Bukalapak.

2. Shopee

Urusan cari makan dan cari perbelanjaan, Shopee juga menjadi rajanya. Apalagi jika kamu mager dan tidak mau cari ribet shopee food bisa jadi solusi.

Kamu bisa mencari kos yang cocok dengan menggunakan filter mulai dari fasilitas hingga budget yang sesuai.

3. Jala

Tidak banyak orang mengenal startup yang satu ini. Jala adalah startup dibidang Technology khususnya budidaya udang.

Jala, bisa menjadi salah satu solusi untuk budidaya tambak udang.

 

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas