Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Administrasi Perkantoran Adalah : Simak Penjelasan Lengkapnya

1 min read

administrasi perkantoran adalah

Administrasi perkantoran adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan urusan administrasi kantor tersebut. Pengertian administrasi perkantoran adalah serangkaian aktivitas rutin di dalam suatu organisasi yang berhubungan dengan pengolahan data dan informasi untuk mencapai tujuan organisasi tersebut secara sistematik.

Dalam etimologi kata Administrasi berasal dari bahasa Latin, yaitu Ad yang berarti intensif dan ministrare atau dalam bahasa Indonesia berarti membantu, melayani, atau memenuhi.

Definisi administrasi perkantoran dalam arti sempit adalah semua kegiatan teknis dan punya peranan pokok dalam pelaksanaan kegiatan operatif, menyajikan laporan pada direksi, serta berperan dalam menciptakan organisasi perusahaan yang lebih efektif.

Sedangkan dalam arti luas, administrasi perkantoran dapat diartikan sebagai aktivitas perencanaan atau planning, organisasi dari perkantoran, mengarahkan, melaksanakan, juga mengawasi berbagai pekerjaan yang berhubungan dengan ruang lingkup di kantor dan tata usaha yang tertib.

Baca Juga : Pembukuan Adalah : Langkah – Langkah Membuat Pembukuan

Tujuan Administrasi Perkantoran Adalah

Seperti yang sudah dijelaskan, pada pengertian administrasi perkantoran. Secara umum tujuan dari proses manajemen perkantoran ini adalah agar tujuan perusahaan dapat tercapai secara efektif dan efisien juga memenuhi syarat dari beberapa teknis, ekonomi, dan psikologis.

  • Teknis: memiliki manfaat dan daya guna pada masing – masing personal.
  • Ekonomis: harganya pantas atau sesuai dengan yang seharusnya.
  • Psikologis: memberikan kepuasan.

Berikut ini adalah tujuan administrasi perkantoran secara lengkap:

  1. Memberikan dan menyediakan data serta informasi secara lengkap kepada pihak-pihak yang membutuhkan untuk pelaksanaan tugas organisasi secara efektif dan efisien.
  2. Melakukan pengawasan pekerjaan kantor dan administrasi agar dapat memastikan terlaksananya standar kualitas, tenggat waktu, serta prosedur yang tepat.
  3. Menerapkan kebijakan perusahaan atau departemen dan memberikan standar pelayanan dalam kaitannya dengan manajemen.
  4. Berdiskusi dengan karyawan mengenai prestasi kerja untuk mengidentifikasi masalah dan penyebabnya, serta berupaya untuk menyelesaikan masalah tersebut.
  5. Memberikan pelatihan atau perintah kerja kepada pegawai.
  6. Melakukan verifikasi, pemantauan, serta evaluasi kerja dengan membuat laporan terkait kegiatan produksi, pengiriman, dan penggajian.
  7. Melakukan proses perekrutan karyawan, mulai dari wawancara hingga memilih pegawai.
  8. Menafsirkan dan mengomunikasikan semua prosedur kerja dan kebijakan perusahaan kepada para pegawai.

Baca Juga : Pengertian Akuntansi Biaya : Pengertian dan Penerapan Dalam Bisnis

Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran

Seorang administrator bertanggungjawab dalam perencanaan kerja bagi pegawai, pengawasan pegawai, serta meminta pengadaan sarana dan prasarana yang diperlukan atau perbaikan peralatan kantor yang sudah ada.

Berikut ini adalah Ruang Lingkup Administrasi Perkantoran selengkapnya:

1. Aktivitas Kantor

Beberapa aktivitas kantor yang termasuk dalam ruang lingkup administrasi perkantoran diantaranya:

  • Perencanaan Perkantoran (office planning)
  • Pengorganisasian Perkantoran (office organizing)
  • Pengarahan Perkantoran (office actuating)
  • Pengawasan Perkantoran (office controlling) 

2. Sarana/ Fasilitas Kerja Perkantoran

Fasilitas administrasi dalam sebuah pekerjaan adalah sebagai berikut:

  • Lokasi kantor
  • Gedung
  • Peralatan
  • Interior
  • Mesin-Mesin Kantor

Fungsi Administrasi Perkantoran

Secara umum ada lima fungsi administrasi perkantoran dalam kaitanya dengan operasional suatu organisasi. Berikut ini adalah uraian fungsi administrasi perkantoran tersebut:

  1. Fungsi Rutin, yaitu fungsi administrasi yang memerlukan pemikiran minimal mencakup pengarsipan dan penggandaan.
  2. Fungsi Teknis, yaitu fungsi administrasi yang memerlukan pendapat, keputusan, serta keterampilan perkantoran yang mumpuni.
  3. Fungsi Analis, yaitu fungsi administrasi yang memerlukan cara berpikir kritis dan kreatif serta kemampuan memutuskan sesuatu dengan cepat dan tepat.
  4. Fungsi Interpersonal, yaitu fungsi administrasi yang memerlukan analisis dan penilaian sebagai dasar dalam memutuskan sesuatu serta keterampilan dalam berkomunikasi dengan orang lain.
  5. Fungsi Manajerial, yaitu fungsi administrasi yang memerlukan perencanaan, pengorganisasian, pengukuran, memberikan motivasi.

Demikianlah penjelasan ringkas mengenai pengertian administrasi perkantoran, tujuan, ruang lingkup, dan fungsi administrasi perkantoran. Semoga bermanfaat.

Jasa Laporan Keuangan

Szeto Consultants memberikan kemudahan dalam melakukan pembukuan laporan keuangan perusahaan. info selengkapnya bisa di cek disini.

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas