Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

Admin Quality Control Adalah : Pengertian dan Penjelasan Lengkap

1 min read

admin quality control adalah

Admin quality control adalah orang yang bertugas untuk memastikan kualitas produk dan konsisten produk.

Pengertian Admin Quality Control

Admin Quality Control (QC) adalah posisi yang bertanggung jawab untuk memastikan kualitas dan konsistensi produk yang dibuat oleh sebuah perusahaan. Ini bisa berupa produk fisik atau jasa yang diterima pelanggan. Admin QC mengawasi proses produksi dan memastikan bahwa semua produk memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.

Admin QC harus memiliki pemahaman mendalam tentang proses produksi dan produk. Mereka harus mengikuti standar kualitas yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Admin QC juga harus berurusan dengan masalah kualitas, menganalisis data kualitas, dan menghasilkan laporan yang membuat para pembuat keputusan dapat mengambil tindakan yang tepat.

Untuk memastikan produk memenuhi standar kualitas, Admin QC melakukan berbagai pengujian, termasuk pengujian visual, pengujian dokumentasi, pengujian kuantitatif, dan pengujian kualitas. Mereka juga harus memastikan bahwa semua produk telah dibuat dengan benar menggunakan prosedur produksi yang tepat.

Ketika produk tidak sesuai dengan standar kualitas, Admin QC harus menyelidiki masalah dan mencari tahu penyebabnya. Kemudian, mereka harus melakukan perbaikan untuk memastikan bahwa masalah tidak terulang pada produk yang akan datang.

Seorang Admin QC juga harus mengawasi proses produksi untuk memastikan bahwa semua prosedur yang telah ditetapkan diikuti. Mereka juga harus memastikan bahwa semua produk yang dikirim ke pelanggan telah memenuhi standar kualitas yang ditetapkan.

Admin QC bertanggung jawab untuk memastikan bahwa produk memenuhi standar kualitas. Mereka harus memiliki pemahaman mendalam tentang proses produksi dan produk. Admin QC juga harus berurusan dengan masalah kualitas dan menghasilkan laporan untuk membantu para pembuat keputusan. Dengan demikian, Admin QC memainkan peran penting dalam memastikan kualitas dan konsistensi produk.

Baca Juga : Admin Support Adalah : Pengertian dan Penjelasan

Tugas dan Tanggung Jawab Admin Quality Control

Adapun beberapa tugas dan tanggung jawab menjadi seorang Admin QC adalah sebagai berikut:.

  • Mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk mengontrol dan menguji produk baik dari segi pengujian kualitas dan kuantitas selama proses produksi, mulai dari pemilihan bahan baku, pengelolaan bahan baku menjadi barang setengah jadi, hingga barang selesai dibuat untuk bisa memperoleh standar kualitas yang diperlukan.
  • Melakukan kontrol dan pengujian terhadap pengembangan produk yang ada,
  • Melakukan verifikasi kualitas produk yang telah selesai dibuat.
  • Melakukan monitoring setiap proses produksi berlangsung.
  • Selalu memastikan bahwa kualitas barang yang diproduksi sesuai dengan standar yang ditentukan oleh perusahaan.
  • Melakukan rekomendasi pengolahan ulang produk yang memiliki kualitas rendah.
  • Mendokumentasikan inspeksi dan tes yang dilakukan pada kegiatan produksi.
  • Membuat analisis catatan sejarah perangkat dan dokumentasi produk sebelumnya untuk bisa dijadikan sebagai referensi di masa mendatang.
  • Membuat pembukuan dokumentasi personal QC / QCA.

Gaji Yang Didapat

Untuk gaji sendiri biasanya seorang quality control pada jenjang karier QA/QC pada level awal atau yang baru memulai yaitu 3,500,000-8,000,000, untuk level menengah 8,000,000-15,000,000 dan <15,000,000 untuk level manajer. Tentunya besaran ini dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti level, besar perusahaan, lokasi perusahaan, pengalaman kerja, latar belakang pendidikan, dan keterampilan.

Jadi pastikan kalian benar – benar mempunyai skill yang mumpuni ya,

Untuk informasi seputar pekerjaan atau melamar pekerjaan, silahkan langsung aja daftar ke platform kami, Szeto Academy

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas