Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia

PABX Adalah : Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja

1 min read

pabx adalah

PABX adalah? Sebagian dari kita mungkin masih awam dengan istilah PABX, jarang banyak diketahui oleh seseorang tentang apa itu PABX, PABX itu sendiri ada pada penggunaan telepon.

Sedangkan di zaman sekarang ini, telepon sudah jarang digunakan karena banyak orang yang lebih memilih menggunakan handphone ataupun juga smartphone.

Pada dasarnya PABX adalah teknologi yang memungkikankan kita dapat berhubungan atau komunikasi langsung tanpa melalui operator. Biasanya PABX banyak digunakan untuk kantor, gedung, rumah tinggal, hotel dan rumah sakit.

Untuk penjelasan lebih lengkap tentang apa itu PABX, kalian semua bisa membaca artikel dibawah ini secara menyeluruh ya.

Baca Juga : Daftar Teknologi Layanan Jaringan Yang Mengubah Kehidupan

Barantum | Bedanya IP PBX dengan PABX

Pengertian PABX Adalah

Secara bahasa PABX atau Private Automatic Branch Exchange adalah istilah lama dari Private Branch Exchange (PBX).

Secara sederhanaya PABX adalah sistem komunikasi menggunakan hubungan telepon yang mana dalam pengoperasiannya tanpa melalui operator.

PABX adalah sebuah pusat kontrol kecil yang digunakan di dalam suatu lingkungan terbatas, yang merupakan pusat dari suatu jaringan peripheral peralatan komunikasi. Dengan kata lain jumlah sambungan (extension) yang dapat dikelola tergantung dari kapasitas PABX itu sendiri.

Dengan adanya sistem ini, penelepon dapat melakukan panggilan telepon langsung terhadap nomor telepon yang dituju yaitu dengan cara menekan nomor khusus untuk memperoleh saluran keluar, kemudian menekan nomor telepon yang dituju.

Maka dengan adanya alat bantuan PABX ini, maka sangat memungkinkan untuk kita dapat berkomunikasi langsung tanpa perlu harus menggunakan operator. Penelepon dapat berhubungan langsung keluar dengan cara memutar nomor khusus.

Penelpon dapat berhungan langsung keluar dengan cara memutar nomor khusus untuk memperoleh saluran keluar. kemudian penelpon baru dapat memutar nomor telepon yang diinginkan.

Fungsi PABX

Dalam hal ini, pada dasarnya semua fungsi PABX digital mempunyai grup fungsional yang sama tapi fungsi-fungsi tersebut diterapkan dan diatur dalam jalan yang berbeda dalam sistem yang bervariasi. Selain itu fungsi PABX juga sebagai sistem penyambungan telepon untuk mengatur proses penyambungan komunikasi pada telepon.

Baca Juga : Pengertian dan Fungsi Call Center dalam Perusahaan

Cara Kerja PABX

Sistem PABX mempunyai beberapa sambungan kabel yang diarahkan pada sebuah switchboard sebagai control station. Alat PABX merupakan teknologi yang canggih karena dapat digunakan sebagai telepon, modem dan mesin fax, serta bisa digunakan sebagai alat komunikasi internal karyawan di perusahaan.

Cara kerja umum pada  sebuah PABX yaitu setiap ada telepon baru yang masuk, maka telepon masuk tersebut akan di-routing (diarahkan) melalui control station ini. Karena di dalam sistem PABX tersebut telah dimasukan kode extension tertentu, maka telepon masuk tersebut dapat diarahkan ke tujuan yang tepat dengan menggunakan kode extension tersebut.

 

Vimalla Semoga istiqomah selalu dalam kebaikan.. Jakarta, Indonesia
promo sdc ×

Mau Belajar Accurate?

Promo Belajar Accurate. Nikmati belajar accurate dan dapatkan sertifikatnya hanya kurang dari 200 ribu rupiah.

Ambil Kelas